iluhnuna

Blogspedia Coaching Kelas Ngeblog Gratis Berkualitas

4 komentar
blogspedia coaching

Teman nuna adakah yang pernah ikut kelas ngeblog?? Kelas yang beneran kelas ala anak sekolah gitu. Belajar menggunakan susunan materi yang jelas semacam kurikulum. Berapa biaya yang teman nuna keluarkan untuk mengikuti kelas seperti itu???

Setelah kuingat lagi ternyata aku pernah loh belajar ngeblog berbayar saat awal-awal kenal blog. Kelasnya berbayar tapi ya materinya begitu aja...sekedar pengenalan ini loh namanya blog. Sekedar materi tanpa praktek. 

Aku pernah baca salah satu artikel teman blogger yang bilang kalau ada lo kelas ngeblog gratis untuk blogger pemula. Semakin aku mencari tahu akhirnya aku berkenalan dengan yang namanya blogspedia coaching. 

Blogspedia coaching itu seperti apa sih? emang kelasnya worth it banget??? Penasaran? Yuk kita kenalan. Karena tak kenal maka tak sayang.

Tentang Blogspedia

Ada yang sudah tau atau sudah pernah berkunjung ke blog bernama blogspedia?? Blogspedia itu blog yang gimana sih?? Buat yang belum tahu ayo lanjut baca artikel ini sampai habis karena teman nuna sekalian akan mendapat informasi yang sangat bermanfaat

Jasa blogspedia

1.Apa Itu Blogspedia?

Blogspedia merupakan blog yang dikelola oleh momblogger cupu kita yaitu mba Marita Ningtyas. Blog yang dikelola mba Marita bukan hanya blogspedia. Ada blog utama beliau yaitu Marita Palace dan blog Rumah-kita, serta entertainesia.

Blogspedia ini adalah blog tentang tutorial blogging, SEO, tips menulis dan informasi tentang blogspot. Blog ini ada bagi blogger pemula yang suka bingung mencari tutorial blogging yang ada banyak dan bahasannya suka mirip bahkan kadang ada yang sama persis. 

Adanya blog ini tentu memudahkan blogger pemula pengguna blogspot seperti aku ini. Tidak usah bingung mencari tutorial karena sudah ada tempatnya tersendiri. 

Mba Marita mengerti bahwa blogger pemula itu suka cari tutorial kemana-mana tapi berakhir bingung. Karena tutorial ngeblog kan banyak bahasa yang susah dimengerti kalau kita bukan basic anak IT. 

Karena mencintai dunia blogging maka beliau memilih untuk membahas tentang blogging. Semua hal tentang dunia tulis menulis di blog atau cara menjadi blogger pemula yang baik dibahas di blog ini. Blog ini juga sebagai catatan belajar beliau sekalian berbagi ilmu.

Mba Marita suka mencoba sesuatu yang dia tahu atau pas lagi dapet materi tentang blogging. Baiknya beliau tidak ingin menyimpan itu semua sendiri dan ingin membagikannya kepada teman-teman blogger. Jadi segala tutorial yang ada di blogspedia insyaallah bisa dipraktekkan langsung.

Karena kecintaannya tersebut mba Marita mulai melebarkan sayap blogspedia. Saat ini tersedia yang namanya jasa blogspedia dan belajar ngeblog bersama lewat kelas ngeblog gratis. 

2.Jasa Blogspedia

Selain ada tutorial blogging blogspedia meyediakan layanan berupa jasa. Jasa blogspedia yang tersedia berupa jasa penulisan artikel SEO dalam bentuk paket, jasa instal template untuk personal blog serta jasa pembuatan toko online. 

Buat temen-temen yang punya banyak blog dan merasa keteteran ngisi artikel silahkan bisa pesan artikel disini. Ada pilihan paket hemat ada pula paket free order. 

Selain order artikel blogspedia juga melayani pembuatan toko online menggunakan blogspot. Dijamin sudah SEO freindly dan mudah digunakan. 

Buat yang ingin memasang template blog terima jadi ada juga di sini. Jadi ngga usah ribet mikirin bahasa koding. Rincian lengkap semua jasa tersebut sudah ada di blog blogspedia label jasa. 

Selain jasa blogspedia ada pula layanan belajar ngeblog secara percuma alias kelas ngeblog gratis. Beneran gratis tanpa dipungut biaya apapun. Kelasnya gratis ini bernama blogspedia coaching.

3.Blogspedia Coaching

Blogspedia Coaching ini merupakan salah satu layanan yang ada di blogspedia. Kelas coaching ini diadakan hanya setahun sekali dan diajarkan langsung oleh mba Marita. Karena itulah kelas ini terasa istimewa.

Belajar ngeblog secara otodidak itu rasanya nano nano. Ada bangganya ya tapi banyak bingungnya. Nah itulah sebabnya cara menjadi blogger pemula pintar itu perlu yang namanya mentor. Minimal kalau bingung ada yang memberi pencerahan yang benar. 

Blogspedia Coaching Tongkrongan Blogger Cupu

Ini adalah tagline dari kelas ngeblog gratis berkualitas rasa premium. Kenapa sih kok tongkrongan blogger cupu? Karena di kelas blogspedia coaching nantinya para blogger pemula akan berkumpul untuk belajar bersama dan saling mengenal satu sama lain.

kelas ngeblog gratis

Aku lupa kapan tepatnya aku tahu ada kelas coaching ini. Kadang asal cari-cari di Instagram atau di google gitu. Aku ingat saat itu ada tantangan 13 days blogspedia challenge. Kalau berhasil menyelesaikan tantangan menulis selama 13 hari maka akan dapet golden tiket untuk ikut kelas.

Saat itu aku tidak begitu antusias karena tema tulisannya jauh dari niche blog aku. Tapi ingin ikut challenge untuk menantang diri. Mau nulis juga ragu-ragu. Karena alasan ngeblogku saat itu masih kaku. Tanpa aku duga ternyata aku berhasil dapat golden ticket yang saat itu aku hibahkan kepada teman.

Akhir 2021 aku jadi kepikiran dengan kelas ini dan menjadikannya sebuah target untuk tahun 2022 yang kutulis di yearly plan yang harus tercapai. Jadi aku menunggu ada blogspedia challenge untuk mendapatkan golden ticket dengan rajin memantau Instagram blogspedia. Karena hanya cara ini yang aku tahu kalau ingin gabung kelas blogspedia coaching. 

Kelas Blogspedia Coaching Batch 3

Mungkin memang yang namanya jodoh itu ngga kemana. Menolak masuk kelas batch 2 malah ngebet banget masuk batch 3. Ketika ada pengumuman siapa saja yang terpilih masuk kelas coaching aku langsung deg-degan. Dan ada namaku disana.

kelas belajar ngeblog

Teman nuna tahu ngga kalau awal konfirmasi keikutan aku sempet ditolak oleh coach Marita. Begitulah kami memanggil guru belajar ngeblog kami. Hiks sedih dong aku ditolak. Alasannya karena blogku sudah berdomain saat itu. 

FYI syarat untuk bergabung dengan kelas coaching binaan mba Marita ini adalah 

1.Newbie

2. Ngeblog menggunakan platform blogspot. Untuk wordpress belum tersedia. 

3. Pastinya hobi menulis

4. Semangat belajar, tidak mudah mengeluh dan siap tempur

Aku ngga mau pasrah dengan menerima penolakan mba Marita. Pokoknya mau ikut batch 3. Alhamdulilahnya aku diterima bergabung jadi peserta didik di kelas blogspedia coaching batch 3.

Pengalaman Ikut Kelas Coaching 

Cara menjadi blogger pemula lewat kelas coaching adalah pengalaman pertama yang berharga bagiku. Aku tidak pernah ikut kelas belajar ngeblog yang benar-benar dibina dan diperhatikan. 

belajar ngeblog

Di kelas coaching ini materi sudah tersusun secara runut dan berkesinambungan. Ada yang namanya kontrak belajar yang harus kita setujui dan patuhi diawal. 

Coaching ini dikenal killer. Ya ngga jahat-jahat banget juga sih. Intinya kita harus siap menyelesaikan tugas yang diberikan tepat waktu. Kalau lewat tanpa pemberitahuan ya ditendang dari kelas dan grup WA.

Bahkan kalau perlu ya sampai mengorbankan waktu tidur. Karena sebagai ibu dan istri tentu ada prioritas utama yang harus diselesaikan terlebih dahulu. Pengalaman mengikuti kelas ini pernah membuatku tidur hanya 3 jam dan tetap harus beraktifitas normal sebagai ibu dan istri. 

Sebenarnya kita bisa minta ijin telat setor karena alasan yang mendesak atau penting. Tapi alhamdulilah aku tidak pernah memakai kesempatan ini. 

Bagusnya lagi materi belajar sudah dispill duluan. Selama 3 bulan akan diberi materi apa saja. Jadi seperti pancingan kalau mau dapat materi yang level up ya harus lolos level dasar dulu. 

Jujur tentu ada saat dimana aku merasa lelah dan jenuh sampai ingin menyerah saja tapi aku juga masih ingin dapet materi selanjutnya. Materi yang bikin aku penasaran dan aku butuhkan pastinya. Jadi aku bertahan melewati segala rasa yang mendera.

Sampai pada akhirnya aku bisa menuliskan cerita ini berarti aku berhasil sampai di tahap akhir kelas blogspedia coaching ini. Sungguh penuh perjuangan dan tak terasa bahwa kelas akan usai. 

Peserta dari kelas batch 3 ini sungguh penuh semangat dan berjiwa kompetitif. Jumlah peserta awal yang dinyatakan lolos seleksi mencapai 59 orang sampai pada kelas akhir kini yang tersisa hanya 39 orang. Ketiga puluh sembilan orang ini masih berjuang penuh semangat demi bisa lulus kelas dan dinyatakan sebagai cupuers. 

Materi Paling Berkesan 

Semua materi yang diberikan sangat berguna. Kalian harus tahu awal aku ingin ikut kelas ini adalah pengen punya tampilan blog yang menarik. Seperti yang kalian lihat pada blog ini sekarang. Seperti inilah yang aku mau. 

Awal blog ini ada aku galau memilih template seperti apa yang aku gunakan. Semua seolah tidak ada yang cocok. Memasang template blog itu mudah tapi menatanya bisa jadi sangat rumit. Kalau yang paham bahasa coding tentu mudah tapi kalau yang buta ya sangat susah. 

Kalau ditanya materi apa yang paling berkesan aku jawabnya permak tampilan blog, memasang domain dan mengenal personal branding. eh banyak ya. Karena materinya semua itu ngga kaleng-kaleng meski kelasnya gratis.

Berjasa banget ini mba Marita dalam perjalanan ngeblogku. Ada materi basic copy writing juga loh. Tahu ngga kalau diluar sana mau ikut kelas belajar basic copy writing itu harus bayar. Disini kalian diberi materinya juga secara percuma loh.

Apalagi materi tentang personal branding itu. Benar-benar pengalaman baru buatku. Karena akhirnya punya cv dan kartu nama. Ada sebutan baru juga seperti apa aku ingin dikenal di dunia blog ini.

Materi Paling Menantang

Di kelas ini aku juga merasakan ada materi yang cukup bikin nyut-nyutan kepala. Tiba-tiba ada materi persona dan emphaty map. Aku benar-benar baru denger dan baru tahu istilah ini. Meski sudah mendapat penjelasan tapi ketika eksekusi aku ya bingung.

Aku paham apa yang dimaksudkan dalam materi tersebut tapi aku juga bingung. Nah yang bikin aku bingung ini bingung juga jika aku tanyakan. Lha gimana coba.

Di materi ini aku rasanya pengen nyerah aja karena tidak tahu dan buntu ide pembahasan. Tapi memang kita harus berusaha melawan diri sendiri dan keluar dari zona nyaman.

Ikut kelas ini memang harus bisa keluar dari zona nyaman. Zona nyamanku itu ngeblog dengan santai sambil dengerin ost drama Korea. Kadang malah ngedrakor dulu mengumpulkan ide tulisan.  Di kelas ini teman nuna tidak akan bisa menjalankan itu. 

Manfaat Yang Aku Rasakan

Jika ditanya dapet apa dari kelas ini sampai dibela-belain begadang? Aku jawab banyak banget manfaat yang aku rasakan dan merubah pandanganku. 

manfaat kelas ngeblog gratis

Jadi manfaat yang aku rasakan selama mengikuti kelas 3 bulan ini diantaranya :

1. Menulis minimal 800 kata

Dibilang susah ya gampang tapi dibilang gampang ya susah. Aku termasuk orang yang tidak pernah menghitung jumlah kata ketika akan menulis artikel postingan. Belum pernah dapet job juga soalnya. Jadi ya kalau dirasa sudah panjang ya publish. 

Kayaknya pernah ada yang sampai 1000 kata tapi dengan catatan bahwa tema postingan itu aku kuasai. Kalau tidak menguasai ya 800 kata itu udah megap-megap. Maksain banget. Disinilah tantangannya. Suka tidak suka harus bisa menulis artikel yang panjang .

2. Menerapkan Kaidah SEO

Sebelum ikut kelas ini aku tidak pernah yang namanya menulis dengan kaidah SEO. Materi SEO itu pernah aku dapat dari sharing live IG dengan salah satu komunitas blog. Hanya saja ya tau teori SEO On Page dan Off Page itu seperti apa.

Prakteknya tidak terlaksana karena ada hal-hal yang tidak dimengerti dan aku lewatkan saja. Karena tidak ada tempat untuk bertanya. Nah dari blogspedia coaching ini aku jadi tahu menulis artikel yang SEO friendly itu seperti apa. 

3. Praktek Riset Keyword

Masih berkaitan dengan SEO. Dari belajar otodidak itu aku tahu salah satu tempat untuk melakukan riset keyword. Hanya saja setelah berulang kali pakai tidak free lagi. Aku mencoba menargetkan satu kata kunci tapi rasanya tidak pernah tepat.

Akhirnya sebelum kenal kelas ini aku menulis tidak pernah lagi riset keyword. Risetnya pake perasaan saja. Apalagi ternyata ada satu artikelku yang nyantol di page one google. Ya sudah makin menggunakan perasaan. Kalau kata mba Zakia ya menulis suka-suka. 

4. Mengenal Blog Content

Dari dulu aku ingin membuat content plan untuk jadwal posting. Tapi karena ritme ngeblogku yang santai jadinya semua itu ya diisi sesuai mood. Setelah kelas ini aku jadi ada pandangan baru dalam menyusun content plan agar makin produktif.

5. Membuat Personal Branding

Setelah 2 tahun ngeblog dengan membahas drama Korea aku ingin menyematkan kata blogger di profile medsosku. Tapi rasanya masih kurang percaya diri. Berbagai pikiran negatif kerap hinggap sampai mengurungkan niat.

Ketika mendapat materi yang kutunggu-tunggu ini aku mulai membentuk personal brandingku bukan sekedar kata blogger.     

6. Merasakan ODOP

Aku pernah dengar ada kelas ODOP atau komunitas ODOP gitu. Apa sih ODOP? Ternyata one day one post. Ah sudah pasti aku hindari. Aku tidak sanggup kalau harus menulis satu postingan setiap sehari. Bendera putih berkibar.

Ternyata aku dipaksa mencicipi ODOP selama 6 hari. Artikel ini adalah artikel terakhir dari tantangan ODOP. Whoa....Daebak! Aku bisa. Meski tertatih tatih aku berhasil menyelesaikannya. Salah satu bentuk menantang diri dari yang katanya tidak sanggup. 

7. Bertemu Teman Baru

Bersama selama 3 bulan dalam satu grup tentunya membuat kami saling mengenal satu sama lain. Dengan catatan jika aktif di grup. 

Dari kelas ini aku bertemu dengan mba Alfida partnerku ketika membuat tugas berpasangan. Cerita keseharian dia hampir sama denganku jadi kami bisa ngobrol nyambung karena banyak persamaan diantara kita membuat saling paham perasaan masing-masing.

Aku juga bertemu dengan mba Alfia. Eh namanya mirip ya. Mba Alfi ini teman sefrekuensiku. Kami jadi teman ngebucin bareng karena sama-sama suka dengan drama Korea. 

Sangat senang bisa bertemu teman baru dan berteman dengan kalian. 

Nantikan Blogspedia Coaching Batch 4!

Setelah teman baca ceritaku yakin ngga mau ikut kelas blogspedia coaching batch berikutnya??? Sangat sayang sekali jika teman sekalian melewatkan kesempatan emas ini. Blogspedia coaching hanya hadir setahun sekal dengan banyak manfaat yang bisa teman dapatkan. 

Mumpung batch berikutnya masih dibuka segeralah ikutan. Siapa tahu batch-batch selanjutnya justru tidak ada mengingat kesibukan coach Marita yang mulai bertambah. 

Karena cerita tentang blogspedia coaching sudah panjang mari kita akhiri saja cerita ini. Yuk saling sharing gimana menurut kalian kelas ngeblog gratis ini.       


Sumber:

https://www.blogspedia.my.id/tentang-blogspedia/

https://www.blogspedia.my.id/jasa/

https://www.maritaningtyas.com/2021/07/jasa-content-writing-semarang.html

De Eka
프라나와 엄마. KDrama Lovers. Jung Yong Hwa fans.

Related Posts

4 komentar

  1. Ihh mbak sayang bgt dikasihin temen wkwk tapi gapapa jadi ketemu aku disini ya hahaha. Dulu juga aku pas batch 2 itu ragu mau ikutan karena abis lahiran bgt dan belum banyak nulis juga. Jadi aku mau banyakin nulis aja. Ehh Qadarullah ada lagi batch 3. Dan untungnya aku masuk batch 3 sih ga di batch 2. Kebayang kayanya aku udah di kick kalau di batch 2 😂

    BalasHapus
  2. Aku juga diminta untuk menghibahkan si golden ticket, Mbak. Awalnya nurut, untung nggak nemu orang yang mau dikasihnya. Jadilah aku keukeuh minta diterima jadi murid di BC 3 ini.

    BalasHapus
  3. Kelas belajar ngeblog yg keren bgt ya mba smp pantang menyerah kudu bisa ikut...hehe

    BalasHapus
  4. Bener banget sih, ikut kelas blogspedia banyak banget manfaatnya... Lengkap banget materinya ya mba...

    BalasHapus

Posting Komentar