iluhnuna

Manfaat SEO On Page, Blogger Pemula Wajib Tahu

9 komentar
apa itu seo

Sebelum mengenal apa itu SEO, kalau menulis di blog itu ya udah nulis aja terus posting. Ngga mikirin hal lain diluar itu. 

Padahal untuk bisa berkontribusi sebagai penulis di mesin google, mengenal SEO itu sangatlah penting. Seperti awal aku menulis di blog sebagai blogger pemula. Sudah menulis dengan perkiraan "ini bakal dicari orang" tapi ternyata setelah tulisan di publish kok ngga ada yang liat ya. PV nya masih nol. 

Jadi berfikir salahnya dimana ya? ternyata sekedar menulis saja lalu berharap ada yang baca itu hal yang mustahil. Sampai akhirnya mengenal kalau ada yang namanya SEO yang harus diterapkan.

Lha apa itu SEO?? baiklah sebelum membahas manfaat SEO On Page mari kita kenalan lebih dekat dengan SEO.

Apa Itu SEO?

SEO adalah kependekan dari Search Engine Optimization. Dengan menerapkan teknik SEO ini tujuannya agar tulisan dan blog kita mudah ditemukan mesin pencari google.

Pada akhirnya tulisan di blog kita bisa mendapat jangkauan pengunjung yang lebih luas. Dengan begitu tulisan kita bisa mendapatkan traffic yang tinggi. Tulisan dengan traffic tinggi siapa sih yang ngga mau.

Kata coach Marita SEO merupakan cara untuk mendapatkan traffic jangka panjang tapi butuh waktu yang tidak sebentar. Karena SEO itu bukanlah ilmu pasti, dia adalah ilmu yang selalu berkembang mengikuti algoritma si google.  

Jenis- Jenis SEO

Optimasi SEO ada 2 jenis yang familiar kita dengar yaitu SEO On Page dan SEO Off Page. Tentu saja cara optimasinya juga berbeda. Yuk kenali satu persatu

jenis-jenis SEO

1. SEO On Page

SEO On Page adalah teknik optimasi dengan mengoptimalkan konten pada blog. Bisa juga diibaratkan inner beauty dari blog kita. Menerapkan SEO On Page bisa membuat tulisan kita nangkring di halaman pertama google loh. Apalagi kalau tulisan kita bisa menjawab pertanyaan dari pengunjung blog. 

Pasti pada pengen kan tulisannya ada di halaman pertama google?? Aku juga pengen pastinya.

Karena berkaitan langsung dengan blog maka ada parameter yang harus dioptimalkan yaitu :

1.1 Judul

Dalam judul harus memuat kata kunci yang ditargetkan. Ingat maksimal judul adalah 55 karakter.

1.2 Permalink

Keyword juga harus ada di permalink. Panjang permalink sebaiknya 75 karakter dihitung dr "h" di https sampai "l" pada html. Gunakan huruf kecil semua. Jika ingin menggunakan custom permalink ingat untuk menambahkan tanda (-). 

1.3 Meta Deskripsi

Keyword ini elemen utama jadi memang harus muncul dimana-mana. Di meta deskripsi juga harus ada keyword. Bagusnya ada dua kali penyebutan keyword secara natural. Lebih baik lagi jika ditambahkan CTA (call to action).

1.4 Penulisan Keyword

Keyword tidak lagi ditulis dengan ditebalkan, dimiringkan atau digarisbawahi. Cukup disebar secara natural dalam artikel.

1.5 Jumlah Kata

Ada yang bilang jumlah kata harus 1000- 2000 kata tapi tidak ada jumlah pasti dalam panjang pendek menulis artikel. 

Yang perlu diperhatikan adalah artikel kita harus lebih lengkap daripada kompetitor kita. Konon google justru lebih suka artikel yang panjang tapi berbobot, bukan hanya mengulang-ulang kata.

1.6 Mengoptimalkan Paragraf

Pada 150 karakter pertama di paragraf 1 keyword harus sudah muncul. Selain di paragraf pembuka keyword juga harus ada di paragraf akhir bisa sebagai kesimpulan atau penutup.

Selain itu paragraf juga tidak perlu panjang. Bisa 1-2 kalimat lalu pindah paragraf. Ingat pembaca blog pada sekarang ini didominasi oleh pengguna smartphone.

Pada 150 karakter pertama di paragraf 1 keyword harus sudah muncul. Selain di paragraf pembuka keyword juga harus ada di paragraf akhir bisa sebagai kesimpulan atau penutup.

Selain itu paragraf juga tidak perlu panjang. Bisa 1-2 kalimat lalu pindah paragraf. Ingat pembaca blog pada sekarang ini didominasi oleh pengguna smartphone.

1.7 Heading

Penggunaan heading dalam artikel harus urut dari H1, H2, H3, H4. Pada blogspot H1 adalah judul postingan. H2 adalah Judul, H3 adalah Sub Judul dan H4 adalah Judul Kecil.

Jadi untuk menulis artikel di blog dimulai dari H2. Point-point dari H2 menjadi H3. Jika ada point yang ingin dijabarkan dari H3 maka dia menjadi H4. 

Oh iya jangan lupakan keyword. Dia juga harus muncul di salah satu heading. Tidak harus di semua heading.

1.8 Optimasi Gambar

Gambar harus diberi Alt Image dan Title. Kedua hal ini harus diisi dengan kalimat yang beda. Kita bisa menyematkan kata kunci disini. Dalam penulisannya tidak usah diberi tanda (-). Tulis biasa saja dengan menggunakan huruf kecil. 

Ingat sebelum upload gambar ke tulisan blog, pastikan file name gambar telah diubah. Sertakan tanda (-) sebagai spasinya. Contoh penamaannya (tips-kulit-glowing). Jangan lupa ukuran gambar usahakan dibawah 100kb.

1.9 Internal / Eksternal Link

Dalam menulis artikel usahakan diisi dengan internal link. Internal link harus lebih banyak daripada eksternal link. Perbandingannya adalah 3:1. Jadi dalam artikel jika ada 1 eksternal link maka kita harus memasukkan 3 internal link. 

1.10 LSI Keyword

LSI ini biasa kita kenal sebagai turunan keyword. Gunanya adalah agar tulisan kita terlihat lebih natural dan tidak mengulang kata yang sama terus menerus. 

1.11 Share Di Media Sosial

Perkembangan media sosial akhir-akhir ini semakin pesat. Jadi jangan lewatkan kesempatan untuk membagikan tulisan di media sosial yang kita punya.

1.12 Inspect URL

Agar tulisan cepat terindex google kita harus lakukan inspect url artikel kita. Dimana kita melakukan inspect url??? Tentu saja di Google Search Console.

Tidak serta merta setelah melakukan inspect lalu artikel kita muncul di halaman google. Google juga perlu waktu tapi ibaratnya kita sudah ngasi tau mbah google "mbah ini loh aku ada tulisan baru coba dilihat ya".  

2. SEO Off Page

SEO Off Page adalah penguatan SEO diluar blog. SEO Off Page bisa dibilang sebagai pencitraan. Gunanya yaitu untuk menaikkan rangking di hasil pencarian google. SEO Off Page hubungannya dengan menaikkan DA.

Komponen dari SEO Off Page diantaranya backlink, link building, brand mention dan pemasaran media sosial.  

Apa itu backlink?? Jadi backlink adalah tautan dari blog orang lain yang mengarah ke blog milik kita.

Perbedaan SEO On Page dan SEO Off Page

Perbedaan yang paling mendasar dari kedua teknik ini yaitu jika SEO On Page dapat dikontrol dari blog kita sendiri. Sedangkan SEO Off Page harus ada kerja sama dari pihak luar dan bisanya butuh modal. 

Manfaat SEO On Page

Setelah mengetahui apa itu SEO dan jenisnya mari kita bahas apa manfaat SEO On Page. Apa sih manfaat SEO On Page bagi blog?

manfaat seo on page

1. Blog Semakin Dikenal

Karena SEO On Page berfokus pada konten blog maka blog kita akan memunculkan ciri khasnya sendiri. Karena setiap artikel yang ditulis memiliki keunikannya sendiri sesuai karakter penulisnya. Dengan adanya keunikan tersebut pengunjung akan mudah mengingat dan mengenali blog kita. 

2. Menarik Lebih Banyak Pengunjung

Jika tulisan kita bisa berada di posisi atas hasil pencarian tentunya blog akan mendapat lebih banyak pengunjung. Karena banyak pengunjung maka tulisan kita mendapat traffic yang tinggi. 

3. Mempermudah Pembaca

Tampilan blog yang terstruktur rapi dan informatif sesuai kaidah SEO tentunya mempermudah pembaca. Pembaca bisa membaca dengan nyaman pada blog kita meski bacaannya panjang salah satunya karena didukung dengan gambar yang menarik dan paragraf yang sudah dioptimasi.

4. Mengurangi Bounce Rate

Dengan adanya internal link pada tulisan kita, pembaca menjadi betah untuk berada lama di halaman blog. Pengunjung bisa menemukan artikel lainnya yang terkait dengan artikel yang sedang dibaca. Hal ini tentunya berdampak baik karena mengurangi bounce rate atau rasio pantulan. 

Nah sekarang sudah tahu kan manfaat SEO On Page untuk artikel kita. Pastikan tulisan di blog kalian sudah menerapkan kaidah-kaidah SEO itu dan teroptimasi dengan baik. Semoga artikel ini memberi manfaat untuk kalian...



De Eka
프라나와 엄마. KDrama Lovers. Jung Yong Hwa fans.

Related Posts

9 komentar

  1. Setelah nulis pakai SEO jadi kaku aku mbak. Semoga nanti jdi terbiasa yaa 😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eh ini tulisanku kaku ngga ya. Baru pertama juga menulis dg kaidah²

      Hapus
  2. Sama mbak, toss! Dulu kalo nulis mah ya nulis aja. Tapi pas liat PV, aduh miris :"

    Sekarang jadi ngerti, kalo mau dibaca banyak orang ya ada triknya. Google harus ditaklukkan. Wkwk.

    Btw, ini rangkumannya udah lengkap banget loh. Singkat, padat, jelas, berisi, berbobot. Jjang!! ❤

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pengen bisa menaklukkan google. Wkwkwk

      Hapus
  3. hi kak ıluh, aku sudah baca artikelmu lengkap dan jelas. Penjabarannya juga mudah dimengerti.

    BalasHapus
  4. salfok dengan Davichi (eh kan bahas seo on page ya). SEO ini emang PR banget buat kita para newbie

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bikin pusing ya mbak krn belum terbiasa

      Hapus
  5. Suka banget baca tulisannya kak, tertata rapi :)

    BalasHapus

Posting Komentar