iluhnuna

Tips Menjadi Blogger Pemula Yang Terarah

Posting Komentar

Tips-menjadi-blogger-pemula

Bagaimana cara membuat blog??? Kalau kalian mengetik kata tersebut di internet maka akan mucul berbagai situs yang membahas cara membuat blog. Membuat blog itu tidaklah susah. 

Cukup siapkan email dan platform blognya. Kalian bisa memilih blogspot atau wordpress. Setidaknya 2 platform itu yang paling banyak dipakai di dunia blogging. Tinggal daftar dan ikuti instruksi maka kalian sudah punya blog yeay.....

Dulu ketika aku memutuskan membuat blog juga diawali dengan niatan yang konyol. Yaitu aku ingin menulis curhatanku tanpa dibaca orang dan tersimpan aman. Blogku pun terlahir dengan isi curhatan ababil bahkan ada umpatannya. Dan untungnya tidak ada yang baca. 

Tapi aku tidak akan menyuruh kalian membuat blog dengan pola pikir seperti itu. Karena niat awalnya sudah salah. Akhirnya ketika otakku kembali bekerja dengan hasil yang berguna aku mulai serius mengenal dunia blogging, belajar sana sini secara otodidak dan akhirnya bisa mempunyai blog dengan domain (dot) com. 

Ini adalah tips untuk kalian yang ingin membuat blog tapi tidak tau harus memulai darimana. Ini benar-benar tips untuk pemula.

Tips Menjadi Blogger Pemula Yang Terarah

1. Miliki Tujuan 

Setelah kalian mempunyai blog ataupun kalian yang belum memutuskan untuk membuat blog tapi ada niat ingin memiliki blog. Yang pertama kalian harus menentukan tujuan blog kalian dibuat. Dengan adanya tujuan kalian tidak akan kebingungan saat mengembangkan blog nantinya.

Sekedar saran dari saya jangan menetapkan mendapatkan uang dari ngeblog di awal. Mendapatkan uang dari blog bukanlah hal yang mudah. Tidak bisa dilakukan dalam waktu sebulan dua bulan. Jika kalian menetapkan uang sebagai tujuan awal kalian akan lelah pada akhirnya dan jenuh.

Apapun tujuannya pastikan kalian terus konsisten berjalan.

2. Menentukan Topik Blog 

Niche atau topik blog adalah bahasan yang akan ditulis dalam blog kalian. Karena topik ini akan ditulis terus menerus maka pilihlah topik yang kamu kuasai atau kamu sukai. Jadi kalian tidak akan kehabisan ide untuk menulis.

Kalian ingin palugada (pa lu mau gue ada) bisa saja sih. Tapi menurut yang sudah lama terjun di dunia blog dan berhasil (mastah) mereka selalu menyarankan untuk memilih niche. Ini juga membantu blog kalian lebih direkomendasikan oleh google nantinya.

Jika hobi nonton kalian bisa membahas film mulai dari rekomendasi sampai reviewnya. Yang suka jalan jalan bisa memilih niche traveling dan kuliner.

Ada banyak niche yang bisa dipilih. Tinggal kalian sesuaikan dengan kemampuan kalian. Menulislah hal yang kalian suka agar tidak merasa terbebani.  

3. Gabung Komunitas

Bersama-sama lebih baik dari pada sendiri. Dengan gabung komunitas kalian akan menemukan banyak pengalaman dan pelajaran baru. 

Dari komunitas juga kalian bisa saling sapa dan saling mengunjungi blog kawan (blogwalking). Dari kegiatan blogwalking ini kalian juga sekaligus memperkenalkan blog dan menyebarkan tulisan kalian. Sehingga ada peluang blog kalian lebih dikenal. Bahkan bisa mendapat pembaca setia loh...

Jadi jangan ragu untuk gabung komunitas. Tapi setelah gabung kalian juga harus aktif. Jangan hanya sekedar gabung dan jadi silent reader. 

 
Berkenalan Dengan Blogspedia

Blogspedia adalah blog yang ditulis oleh Marita Ningtyas. Blog ini dibuat dengan tujuan yang sungguh mulia. Blogspedia berisi tutorial blogging yang disusun dengan bahasa yang sederhana dan mudah dipahami oleh para pemula.

blogspedia

Yang namanya tutorial blog itu banyak banget ya. Ada blog tutorial yang mudah dipahami dan bisa dipraktekan alias ampuh, Tapi banyak juga blog yang tutorialnya copas dari blog lainnya. Ini sering banget saya jumpai. 

Ketika buka blog A lalu ketemu tutorial lainnya di blog B ternyata isinya sama. Dari tulisan A sampai Z nya sama semua. 

Di  Blogspedia kalian bisa menemukan tutorial khusus blogspot. Buat pengguna blogspot ini tuh membantu banget ya. Selain tutorial ada juga tips menulis sampai tutorial SEO dong. Lengkap banget ngga tuh. Ada di satu tempat jadi ngga harus buka banyak tab browser.

Hal Lain Dari Blogspedia

Jasa Blogspedia

Selain tutorial, Blogspedia juga menawarkan jasa penulisan artikel dan jasa pemasangan template blog. 

Buat yang ngga mau ribet memasang template atau udah pusing duluan bisa banget kontak jasa blogspedia nih. Silahkan kunjungi menu jasa. 

Blogspedia Coaching

Ini adalah salah satu layanan dari blogspedia yang paling ditunggu oleh blogger pemula. Blogspedia coaching hanya dilaksanakan sekali dalam setahun dan GRATIS. Tahun ini kelas blogspedia juga akan dilaksanakan. Silahkan ditunggu tanggal pendaftarannya.

Buat kalian yang pemula dalam dunia blogging harus banget ikut kelas ini. Kelas ini diadakan kurang lebih selama 3 bulan. Materi yang didapat banyak banget bahkan yang berhasil lulus sampai akhir bisa dapet bonus juga loh. 

Inilah tips yang bisa saya berikan kepada kalian yang ingin jadi blogger. Jadilah blogger pemula yang terarah. Agar ngeblog semakin menyenangkan dan tidak membuat kalian patah semangat.

Semoga artikel ini membantu kalian semua. 


De Eka
프라나와 엄마. KDrama Lovers. Jung Yong Hwa fans.

Related Posts

Posting Komentar