iluhnuna

Mudahnya Memasang Top Level Domain Niagahoster

10 komentar
memasang top level domain

Serius menggeluti dunia blogging perlahan tapi pasti kita dihadapkan pada pilihan untuk memasang top level domain pilihan kita. Top level domain adalah bagian akhir dari alamat website. Contohnya google.com. Google merupakan alamat websitenya (domain) sementara dot com adalah ekstensi dari domain atau top level domain.

Untuk memasang top level domain tentunya kita harus membelinya di jasa penyedia layanan hosting dan domain. Di Indonesia sendiri sudah banyak tersedia jasa penyedia tersebut seperti Rumahweb, Dewaweb, Niagahoster, idCloudhost dan masih banyak lagi. Keempat layanan tersebut sepertinya sudah familier ditelinga para blogger.

Dalam artikel ini aku ingin bercerita tentang pengalamanku membeli dan memasang domain dari Niagahoster. Buat yang galau memilih TLD atau jasa penyedianya cus lanjut bacanya.

Alasan Memasang TLD

Sebelum memilih menaikkan drajat blog ini, alamat blog ini adalah matasemutkecil.blogspot.com. Untuk waktu yang lumayan lama aku belum memutuskan untuk membeli custom domain. Alasannya seperti yang pernah aku ceritakan di postingan sebelumnya.

Sampai akhirnya aku memutuskan untuk ikut kelas blogspedia dimana salah satu materinya adalah menTLDkan blog milik kita. Tentunya memutuskan untuk mengikuti kelas asuhan mba Marita ini penuh pertimbangan. Salah satunya merasa siap untuk mengasuh satu blog lagi.

Selain alasan tersebut tentunya memilih custom domain karena alamat blog jadi lebih pendek, mudah diingat, terlihat profesional, meningkatkan performa SEO blog. Dan blog ini masih baru, jumlah postingannya juga masih sedikit.

Karena jika sudah banyak artikel bahkan ada yang menembus page one google dan DA/PA blog sudah tinggi, konon katanya saat mengubahnya menjadi custom domain maka seperti kita membeli bensin. Mulai dari nol ya... Kan sayang.

Untuk menghindari kondisi seperti itu akhirnya aku memutuskan membeli custom domain untuk blog ini. Akhirnya lahirlah alamat blog seperti yang kalian lihat saat ini... yeayy semoga bisa lancar mengasuhnya nih.

Berbagai Contoh Ekstensi Domain

Sebelum memutuskan memilih ekstensi domain tentu ada hal-hal yang menjadi pertimbangan. Diantaranya adalah menentukan nama domain dan juga memilih ekstensi domain yang sesuai dengan blog kita. Terlebih lagi sesuai dengan isi kantong.

Hal-hal yang harus diperhatikan dalam memilih nama domain

  • Jangan terlalu panjang
  • Hindari penggunaan angka dan tanda strip (-)
  • Pilih nama yang unik tapi juga mudah diingat dan mudah dituliskan
  • Hindari menggunakan kata alay

Berikut adalah beberapa contoh ekstensi domain yang digunakan yaitu

contoh ekstensi domain

1. Generik TLD

Adalah ekstensi yang paling umum dan banyak digunakan serta memiliki perannya masing-masing. Contohnya adalah :

.com - banyak dipakai untuk website komersil. Namun bisa dipakai oleh website apapun seperti toko online, forum dll

.org - untuk organisasi atau lembaga non profit

.net - untuk jaringan (network), IT, layanan internet lainnya

.biz - untuk bisnis

.info - untuk web bersifat informatif atau blog personal 

.gov - hanya untuk organisasi pemerintah 

dll..

2. ccTLD ( domain kode negara)

ccTLD adalah Country Code Top Level Domain yaitu domain yang berdasarkan kode negara yang mereka pakai. Contohnya :

.co - untuk Kolombia  

.uk - untuk Inggris Raya

.id - untuk Indonesia


Memilih Custom Domain Blogspot Niagahoster

Sebelumnya aku pernah membeli domain di rumah web. Cara memasang TLD di rumah web juga tidaklah rumit hanya saja jalannya lebih panjang.

Tentunya aku sempat galau untuk membeli domain antara Dewaweb atau Niagahoster. Karena sudah pernah beli di Rumahweb pengen nyobain yang lain tentunya.

Sebelum memutuskan membeli domain di Niagahoster aku mempertimbangkan banyak hal. Beberapa pertimbangan tersebut diantaranya

  • Jangan tergiur harga murah tapi susah dihubungi. Jangan seperti ayang yang bilang sayang lalu menghilang.
  • Niagahoster bisa dihubungi dari berbagai penjuru. Telepon, chat email, dan paling penting whatsapp. Bahkan ada telegramnya
  • Bisa mengumpulkan poin yang dapat ditukarkan dengan kupon diskon, token listrik dll. 
  • Fast respon jika mengalami kendala

Aku juga mendapat kisi-kisi kalau membeli domain di Niagahoster cukup mudah. Apalagi untuk blogspot sudah disettingin otomatis. Jadi langsung kompas jalur tinggal masukin cname dan destination. 

Akhirnya mantep lah mencoba membeli custom domain di Niagahoster. Dan terbukti prosesnya cepat dan instan kalo kataku. Tidak harus setting DNS memasukkan ip google yang sampe 4 kali tersebut. Cukup memasukkan setting DNS yang cname dan destination yang kusebut kompas jalur diatas. 

Pengalaman Memasang Top Level Domain Niagahoster

Memasang domain untuk blog ini memang bukan pengalaman pertama. Tapi tetep aja ada rasa dag dig dug serrr. Harus fokus dan tidak boleh diganggu. Karena ini adalah pengalaman kedua jadi tidak begitu ada kebingungan. Kebingungannya justru datang dari hal lain. 

Cara Membeli Domain 

Aku ras amembeli domain di jasa layanan manapun hal pertama yang dibutuhkan adalah akun. Jadi hal pertama yang harus dilakukan adalah membuat akun. Baiklah ini adalah caraku membeli domain di Niagahoster :

1. Cek ketersediaan domain dan lihat harga yang ditawarkan

cek nama domain niagahoster

2. Jika cocok langsung membuat akun. Bisa login dengan google langsung atau facebook atau pilih daftar disini

login niagahoster

3. Setelah berhasil kalian akan masuk di halaman home member area. Saatnya melengkapi profil di pengaturan profile agar bisa melakukan pembelian

3. Pada bagian sidebar sebelah kiri pilih Niagahoster store. Dan pilih kebutuhan kalian. Karena saya cuma butuh domain saya pilih bagian domain 

member area niagahoster


4. Lanjut beli domain impian dan ikuti langkah-langkahnya. 

Untuk memasang custom domain pada blogspot jangan bingung karena Niagahoster memberikan panduan lengkap cara custom domainnya. Cukup ikuti petunjuknya dengan teliti pasti berhasil. 

Setelah berhasil memasang custom domain pada blog jangan lupa pada pengaturan blogspot bagian mempublikasikan aktifkan alihkan domain. Tujuannya agar blog bisa diakses menggunakan www atau tanpa www. 

dashboard blogspot


Aktifkan juga bagian HTTPS. Tunggu sampai ketersediaan HTTPS berubah status menjadi tersedia baru aktifkan pengalihan HTTPS. Hal ini bertujuan agar blog kita menjadi secure / aman dimata google.

Hambatan & Tantangan

Sebenarnya tidak ada begitu hambatan dalam memasang dan membeli domain. Mungkin lebih tepatnya hanbatan dan tantangan itu ada pada diri sendiri. Memutuskan untuk memilih ekstensi domain berakhiran dot com atau my.id.

Dari awal aku memang mengincar dot com. Makanya nama domain untuk blog ini sudah kupikirkan dari jauh-jauh hari sebelum kelas dimulai malahan. Aku mencari nama domain yang masih tersedia dot com sampai bertemu pada nama iluhnuna

Setelahnya aku mulai ragu bisakah aku membiayai dua ekstensi dot com???  Aku mulai memikirkan my.id dan ingin menerima pake my id aja.

Tapi ketika eksekusi membeli domain ah ngga sreg aja. Pengennya tetep dot com. Dengan banyak pertimbangan lagi, ya sudahlah kupinang dot com dengan bismillah. 

Harapanku Dengan Domain Baru

Aku tidak menyangka bahwa akhirnya blog iseng-iseng ini akan memiliki domain sendiri. Tentu saja ada perasaan senang karena akhiran domainnya sesuai impian dan nantinya bisa membahas segala hal di blog ini.

Harapanku sih semoga saja blog ini bisa terus berkembang dengan banyak artikel yang bermanfaat dan nantinya bisa menghasilkan cuan. 

Bagaimana dengan kalian yang sudah mencoba memasang top level domain sendiri? Pastinya ada perasaan bangga bukan? Ini adalah pengalamanku memasang domain di Niagahoster semoga bisa memberi manfaat. 

De Eka
프라나와 엄마. KDrama Lovers. Jung Yong Hwa fans.

Related Posts

10 komentar

  1. Resmi juga akhirnya kita semua punya TLD ya mbak Alhamdulillah

    BalasHapus
  2. wahhh makasih mbak, penjelasannya sangat mudah dipraktekkan

    BalasHapus
  3. Aamiin..semoga menghasilkan cuan yaa mbak hehe

    BalasHapus
  4. Ngakak mulai dari nol yaa, wkwkwk 😂😂 akhirnya resmi deh iluhnuna adeknya iluhwangbi hihi. Chukkae nuna! Eh eonni 🤭

    BalasHapus
  5. selamat atas TLDnya, semoga harapan setelah pencapaian domain baru tercapai aamiin

    BalasHapus
  6. Wiiih selamat ya mbak akhirnya udah ber TLD

    BalasHapus

Posting Komentar