iluhnuna

Membangun Personal Branding, Kenalkan Diri Pada Dunia

6 komentar
membangun personal branding

Kalimat personal branding sering kita dengar. Tapi sebenarnya apa sih personal branding itu? Aku yang bukan apa-apa ini tidak pernah membayangkan untuk membangun personal branding. 

Personal branding yang aku tau itu hanya dimiliki oleh pebisnis sementara aku bukan pebisnis atau orang yang mempunyai barang untuk dijual.

Itu adalah pandanganku dulu ketika masih belum mengenal blog. Awal membangun blog aku ingin dikenal sebagai blogger tapi masih minder menyebut diri ini blogger. 

Apalagi saat itu fokus pembahasanku adalah drama Korea. Aku menganggap semua orang bisa menuliskan apa yang kutulis. Apalagi blogger yang membahas drama Korea kan bukan cuma aku. Jadi apa yang spesial??? 

Memang sih membangun personal branding itu tidak bisa instan. Ada proses panjang yang harus dijalani agar personal branding kita tepat sasaran. Jadi bagaimana sih caranya membangun personal branding di dunia yang sedang aku geluti yaitu sebagai blogger.

Personal Branding Sebagai Blogger Pentingkah?

Mengutip dari materi yang diberikan oleh Kang Sugianto di kelas Blogspedia, personal branding adalah persepsi yang kamu bentuk terhadap dirimu dan apa yang bisa kamu tawarkan secara profesional saat ini serta di masa depan. 

personal branding blogger

Seseorang yang membangun personal branding berproses dalam mengembangkan dan memaksimalkan kemampuan diri (skill), perilaku (behaviour), memahami nilai unggul (value) yang ingin dilakukan dan ingin dicapai dalam dirinya. Gampangnya personal branding adalah mempromosikan citra diri kita. 

Kita yang sedang bergelut di dunia blogger perlukah menciptakan personal branding? Jawabannya adalah perlu dan penting. 

Salah dua blogger yang kukenal sudah menciptakan branding dirinya adalah mbak ewafebri dan mbak Lendy. 

Ewafebri membranding dirinya sebagai bullet jurnalist Indonesia. Jadi dalam blognya dia konsisten membahas tentang jurnaling. Mulai dari bullet jurnal, mengenal bermacam-macam cara menjurnal, tips jurnaling dan masih banyak lagi yang bisa ditemukan di blognya. 

Kalau mbak Lendy dikenal sebagai Korea content creator. Blognya dikenal aktif membahas tentang drama Korea, film dan kpop. Beliau ini adalah blogger panutanku tapi aku belum mampu untuk mengejar kemampuannya. 

Tentunya masih banyak blogger lainnya yang juga telah berhasil membangun personal brandingnya. Membangun personal branding sebagai blogger tentu mendapat banyak manfaat bukan? 

Manfaat yang bisa dirasakan yaitu orang lain mudah mengingat siapa kita, mempertajam dan mengenalkan citra diri, fokus pada apa yang ingin dicapai dan memudahkan dalam menentukan pilihan. 

Contohnya saat ingin mencari informasi tentang jurnaling otomatis teringat dengan blog Ewafebri. Jika kita telah membangun personal branding maka kita punya kewajiban untuk merealisasikannya dengan update blog secara konsisten.

Ingin Dikenal Sebagai Apa??

Semakin lama aku ingin menyebut diriku sebagai blogger. Tapi blogger yang seperti apa??

Aku mengingat kembali alasan menulis di blog. Pemicu awal aku terjun di dunia blogging. Saat itu aku tidak pernah terpikirkan untuk membranding diriku. Pokoknya aku ingin menulis hal yang aku sukai. karena mengerjakan apa yang kita cintai itu meski lelah dan jatuh bangun kita tetap suka.

Cintai apa yang kau kerjakan. Meski lelah kita tetap cinta.

Itu adalah motivasi awal setelah aku resign kerja karena terpaksa. 

Kini aku membangun personal branding diriku sebagai Korean Drama Specialist dan Lifestyle Blogger

id card
kartu nama halaman depan

contoh kartu nama
kartu nama halaman belakang

Ada alasan mendasar tentunya kenapa aku ingin dikenal seperti itu yaitu dari segi niche blog yang aku kelola. Aku mengelola dua blog yang bahasannya berbeda. 

1. iluhwangbi

Blog ini mempunyai topik spesifik khusus membahas drama Korea, film dan bahasa Korea yang pernah aku pelajari. Blog ini juga sedang aku kuatkan brandingnya dengan warna tampilan soft purple. Hampir semua yang ada dalam blog ini berpenampilan ungu sebagai ciri khas.

Di blog inilah aku ingin dikenal sebagai Korean Drama Specialist. Karena memang postingan terbanyak saat ini adalah membahas drama Korea. Aku terus berusaha menciptakan agar tulisanku mempunyai nilai unik yang membedakannya dengan yang lain. 

2. iluhnuna

Terus membahas drama Korea rasanya ada hal penting lain yang layak aku bagikan jadi luput dan hilang begitu saja. Padahal jika dituliskan lumayan untuk mengikat ilmu, sebagai catatan abadi dan pastinya menarik trafik pengunjung.

Apalagi kalau ikut acara blogwalking melihat berbagai macam tulisan teman rasanya kok pengen ya bisa bahas hal seperti itu juga. 

Karena blog ini bahasannya masih random atau acak aku membranding diri sebagai Lifestyle Blogger. Di blog ini sekaligus aku menantang diriku untuk membuat konten diluar bahasan drama Korea. 

Cara Membangun Personal Branding Sebagai Blogger

Setelah kita bahas manfaat dan pentingnya kita sebagai blogger menciptakan branding diri, mungkin ada yang masih bingung atau kesulitan menentukan branding dirinya.  

Untuk itu mari kita bahas cara membangun personal branding sebagai blogger. Kita ini ingin dikenal sebagai blogger yang seperti apa.

1. Gali Kemampuan

Setiap orang terlahir pasti punya bakat dan kemampuan. Ada yang sudah tampak ada pula yang perlu digali lagi. 

Untuk menggali potensi diri kita bisa pikirkan hal apa yang saat kita lakukan kita merasa nyaman dan tidak cepat bosan. Kalian juga bisa mencari role model seperti orang yang berhasil melakukan sesuatu yang berdampak dalam hidupnya melalui hobi misalnya.

You are not special but you are limited edition 

Setiap orang pasti punya sisi uniknya. Kita bisa mengeksplor lebih dalam sisi unik yang ada pada diri kita. 

Yang terpenting jangan pernah menyerah dan menerima masukan dari teman. Ambil baiknya dan buang buruknya. Sisi unik ini bisa kita jadikan identitas blog.

2. Konsisten 

Buat konten dengan konsisten. Jika kalian sudah menentukan tema blog buat bahasan sesuai tema tersebut. Konsisten juga update tulisan secara berkala. Kalau aku lebih menggunakan ritme. Misalkan aku posting artikel seminggu sekali atau seminggu dua kali. Konsisten seperti itu.

Blog bertema lifestyle juga pasti punya topik utama dalam bahasannya. Nah kalian bisa juga membranding diri dari topik utama tersebut.

3. Bagikan Konten

Jangan lupa bagikan konten yang telah selesai di publish. Bagikan ke media sosial milikmu. Atau bisa khusus buat instagram tentang blog kalian. Jangan malu untuk membagikan tulisan ke media sosial atau ke teman. 

Jangan membandingkan diri dengan orang lain. Bandingkanlah tulisan lama kita dengan tulisan sekarang - Zakia Wida

Sayang kan tulisan yang capek kita buat tapi tidak ada yang baca. Oh iya biasanya membagikan tulisan ke twitter lebih cepat ada yang baca. 

4. Gabung Komunitas

Membangun personal branding itu butuh waktu. Namanya personal branding tentunya citra yang kita buat perlu dikenal orang. 

Salah satu cara tercepat dikenal sebagai blogger yang kita bangun adalah gabung di komunitas. Saat ini sudah banyak komunitas blogger yang kece-kece dan penuh kegiatan bermanfaat. 

5. Aktif Dalam Komunitas

Tak cukup hanya sekedar gabung komunitas dan menjadi silent reader. Tentunya agar dikenal ya kita harus aktif. 

Aktif mengikuti diskusi grup, aktif membagikan konten atau aktif dalam kegiatan yang diadakan oleh komunitas tersebut. 

Agar menjadi berdampak maka kita harus tampak - Marita Ningtyas

6. Upgrade skill

Jangan pernah berpuas diri dengan apa yang kita ketahui. Teruslah belajar dan mengasah kemampuan diri. Kita bisa mengikuti kelas blogging. Salah satu kelas yang membawaku merasakan dunia yang berbeda adalah Blogspedia Coaching.

Mengikuti kelas blogging seperti ini memberikan banyak pengetahuan dan kemampuan baru. Kelasnya juga cukup ketat jadi ada motivasi untuk menantang diri sendiri untuk melawan rasa malas. Karena musuh terbesar dalam diri manusia itu adalah rasa malas. 

7. Evaluasi 

Saatnya kita melakukan evaluasi terhadap blog kita atau konten yang kita buat. Kita bisa menggunakan bantuan tools seperti GSC

Selain melakukan evaluasi konten kita juga harus tetap evaluasi diri. Sudahkan sesuai dengan target yang kita tetapkan 

Ini adalah ceritaku membangun personal branding sebagai blogger. Aku ingin dikenal sebagai Korean drama specialist dan lifestyle blogger. Langkah membangun citra diri ini tentunya perlu waktu dan usaha serta kemampuan untuk terus berproses. Jadi kalian ingin dikenal sebagai blogger yang bagaimana? Cerita yuk

De Eka
프라나와 엄마. KDrama Lovers. Jung Yong Hwa fans.

Related Posts

6 komentar

  1. Semoga semangat dan konsistensi bisa nular ke saya nunaaaa

    BalasHapus
  2. MasyaAllah udah kelola 2 blog.. mantap sekalii 😍 semoga makin berjaya yaa kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin mba. Semoga konsisten ngisinya ini

      Hapus
  3. kenapa ya saya susah banget milih personal branding

    BalasHapus

Posting Komentar