iluhnuna

Persona Dan Empathy Blog iluhnuna

14 komentar

Kalau boleh jujur aslinya aku bingung banget sama materi satu ini. Ini benar- benar hal yang baru. Sampe tidak enak tidur dibuatnya (alah ngedrama). Ini adalah kesimpulanku, jadi persona adalah semacam biodata atau resume pembaca setia blog. Sedangkan empathy map adalah penjabaran karakter dari sosok di persona kita.

Meski bingung dan harus memeras otak lebih keras (ngedrama lagi) aku akan menjabarkan sosok pembaca setia blog iluhnuna. Sejatinya blog ini sudah ada sebelum aku mengikuti kelas blogspedia coaching tapi tidak dioptimalkan, sehingga tidak ada pembaca yang mampir kecuali dari kegiatan blogwalking.

Jadi bisa kutebak bahwa pengunjung paling banyak adalah teman-teman kelas blogspedia coaching, Terimakasih ya teman-teman sudah blogwalking ke sini. Neomu saranghae ❤

Persona dan empathy ini sekaligus jadi target pembaca blog aku kedepannya, Yuk kita jabarkan..

persona blog

Sosok Pembaca Setia 

Sosok pembaca setia blog ini aku beri nama Nesih. Tanpa embel-embel mbak karena aku menganggap kita teman sebaya. Alasan aku memanggilnya seperti itu agak personal ya. Jadi Nesih ini adalah gabungan dua kata nama tengah dan akhir dari orang yang aku sayang dan penyesalanku. 

Orang ini sudah tiada dan yang membuat aku masih mengingat dan menyesal sampai saat ini adalah dihari akhirnya aku memilih untuk tidak menemui dia dikamar rumah sakit. Padahal hari itu aku datang dan lebih memilih untuk menunggu di luar dan akan menemuinya setelah selesai operasi.

Kupikir akan ada hari esok atau nanti tapi takdir berkata lain. Pada akhirnya aku hanya bisa menemui tubuh dinginnya. Sampai saat ini aku masih menyesali hari itu.

Oke daripada jadi sedih dan nangis mari say hi to Nesih. Dia adalah nama yang mewakili pembaca setiaku.

Deskripsi Nesih

Nesih ini adalah perempuan yang aku gambarkan berasal dari Surabaya. Tidak berkerudung karena suka menata rambut meski tipikal rambutnya lurus bergelombang. Lebih suka menggunakan celana panjang ketimbang rok. 

Rentang usia antara 20-34 tahun. Untuk usia pastinya aku memilih usia 26 tahun. Kesehariannya dia suka berselancar di internet menggunakan hp android dengan browser Chrome. 

Penggambaran lainnya aku breakdown menjadi poin agar mudah dibaca :

  • Hobi : Bercerita, Menulis
  • Pekerjaan : Pegawai kantoran
  • Pendapatan : 2.700.000
  • Ketertarikan : Suka jalan-jalan, hiburan, kisah inspiratif
  • Kebutuhan Informasi : Sesuatu yang menghibur, pengalaman, penilaian suatu produk, pekerjaan
  • Status : Lajang
  • Kepribadian : Humoris, suka ketenangan, khawatir berlebihan 
  • Prinsip Hidup : Apa adanya, pekerjaan terencana

Tujuan Hidup Nesih 

Kehidupan sebagai pegawai yang biasa-biasa saja dia hanya ingin tetap bisa berguna bagi tempat dia bekerja. Diluar kehidupan kantorannya dia ingin menjadi orang yang bermanfaat. Bisa menghasilkan uang tambahan sembari tetap bekerja. 

Nesih juga ingin mencoba hal diluar kesehariannya seperti mencoba menulis cerpen, berjualan online dan mengasah kemampuan bahasa asingnya.

Sekelumit Pertanyaan Dalam Benak Nesih

Karena memiliki rasa khawatir berlebih Nesih suka bertanya-tanya pada dirinya. Sekelumit pertanyaan itu diantaranya

Bagimana aku bisa menyelesaikan tugas dari atasan hari ini?

Bagaimana menyusun presentasi dengan baik?

Bisakah aku membawakan presentasi hari ini?

Lagi penat ada hiburan apakah hari ini?

Kira-kira jualan apa yang lebih menguntungkan?

Gimana sih caranya menulis cerpen agar disukai orang?

Itu adalah sekelumit pertanyaan random yang ada di benak Nesih sehari-hari.


Empathy Pada Sosok Nesih

Setelah menjabarkan persona Nesih mari kita membuat pemetaan karakter dan hal-hal yang dia rasakan, dengarkan, pikirkan dan lain-lainnya

contoh empathy map

Perasaan Dan Pola Pikir Nesih

Nesih mempunyai impian bisa jalan-jalan keliling Indonesia atau bahkan bisa sekali saja ke luar negeri. Dalam pekerjaannya dia selalu berambisi menyelesaikan pekerjaan dengan baik bahkan sempurna karena Nesih suka mendapat pujian.

Tapi Nesih termasuk orang yang susah berkomunikasi dengan orang yang baru dikenalnya. Sebab itu dia merasa khawatir jika tidak mempunyai teman di lingkungan kerjanya. 

Nesih akan banyak bercerita jika sudah dekat dengan teman akrabnya bahkan dia merasa lebih baik. Tidak harus banyak teman tapi cukup ada satu orang saja yang menemaninya agar tidak merasa sendiri.

Sangat ingin merubah kepribadiannya itu. Dia ingin menjadi sosok yang lebih berani bahkan cukup untuk memulai percakapan dengan orang baru. Lebih berani tampil dihadapan banyak orang.

Masalah yang sering datang adalah dia suka merasa tidak enak hati dan perasaan tidak disukai. Sehingga dia cenderung selalu mengiyakan apapun permintaan orang. Meski permintaan tersebut justru merepotkan dirinya.

Hal yang membuat kecewa adalah ketika pekerjaan belum selesai bahkan sudah mendekati deadline. Bahkan dia harus rela lembur demi menyelesaikan pekerjaan tersebut. 

Ketika dia ingin main ketempat temannya karena merasa lelah justru temannya tidak bisa meluangkan waktu, padahal selama ini dia selalu berusaha ada untuk temannya.

Dia tetap bisa berfikiran positif dan mencari kegiatan lain untuk menghilangkan rasa kecewa. Belajar kemampuan baru mengalihkan perhatiannya 

Akhir-akhir ini Nesih mulai tertarik pada teknologi dan suka mencoba hal yang baru. Dia merasa puas dan bangga jika berhasil mengerjakan pekerjaan yang rumit baginya. 

Kacamata Nesih

Nesih bekerja dilingkungan yang kompetitif. Like and dislike selalu menghantui kesehariannya. Karena yang terlihat baik didepan sangat menyakitkan dibelakang. Dia terkadang menghindari bergaul dengan orang yang seperti itu. 

Disela-sela kesibukannya Nesih suka berselancar mengamati instagram, tiktok dan yang tak kalah penting tentunya WA Grup. Dia juga suka mencari desain gambar atau informasi menarik dari pinterest. Pelariannya dari rasa penat adalah menonton drama atau film yang menghibur.

Keseharian Nesih

Nesih suka membaca, suka penasaran dengan suatu hal dan berusaha mencari tahu. Dia juga pantang menyerah menyelesaikan masalah apapun yang dihadapi. Dia adalah pribadi tangguh. 

Sehari-hari dia bekerja dari jam 8 pagi sampai jam 4 sore. Saat jam istirahat dia biasanya mengobrol dengan teman satu ruangan atau berkumpul di ruang makan tempatnya bekerja. Suka kongkow tapi ditempat yang ramah kantong.

Dalam pandangan teman-temannya Nesih adalah rekan kerja yang bisa diandalkan, mampu bekerja dengan baik, hanya saja bagi yang belum kenal dengannya dia sering dibilang pribadi yang judes dan cuek. 

Penampilannya sederhana saja. Suka coba-coba mengaplikasikan makeup, paling suka menggunakan lipstik berwarna merah menyala. Tapi sesekali jika moodnya sedang senang dia juga tampil modis dan bergaya. 

Pendengaran Nesih

Bukan tentang pendengarannya bermasalah tapi ini lebih ke apa yang dia dengar tentang dirinya.

Nesih bisa bekerja dengan siapa saja. Dia bisa membuat senang orang lain. Dia adalah lulusan S1 Biologi. 

Dia suka bekerja sambil mendengarkan musik. Tapi dia paling menghindari jika harus menjadi leader. 

Dia sangat menghargai jika ada orang yang mengucapkan terimakasih atas bantuannya. Apalagi jika ada yang membantu dirinya pas susah.

Permasalahan Nesih

Dalam meraih keinginannya Nesih harus menghadapi rasa takut berargumentasi, betapa dia kurang cekatan dalam beberapa hal. Merasa kecewa karena tak berguna dan tidak mendapatkan apresiasi atas usaha kerasnya.

Pencapaian Nesih

Dia sangat bersyukur bisa bertemu dengan banyak teman, mendengarkan cerita dari berbagai persepektif. Memiliki perasaan berguna dan dibutuhkan membuatnya ingin terus berkarya dengan baik 

Quote Ala Nesih

"Aku akan bertahan. Hari ini pasti berlalu yang tertinggal hanyalah kenangan dan hikmah"

Nah itu dia persona dan gambaran empathy dari pembaca setia blog iluhnuna yang bernama Nesih. Semoga tidak pernah bosan berkunjung ke blog yang sedang berkembang ini. 

De Eka
프라나와 엄마. KDrama Lovers. Jung Yong Hwa fans.

Related Posts

14 komentar

  1. Meskipun karakter saya jauh dari Nesih, tapi akan selalu menantikan tulisan-tulisanmu selanjutnya. Tetap semangat🥰

    BalasHapus
  2. mirip nih aku sama nesih, kalau belum kenal deket sering dibilang pribadi yang judes dan cuek :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rasanya gmna gtu ya kalo dinilai begitu.

      Hapus
  3. Haha, agak mirip ya sama aku, semangat ngontennya mba :)

    BalasHapus
  4. Bingung tapi ulasan nya lengkap begini ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi tidak tau benar sprti ini atau tidak

      Hapus
  5. Mbak Eka, aku juga null prutul ini tentang user persona, masih asing. Hiks hiks.. Tapi tulisan ini lengkap banget lho mbaak. Kok bisa sih? 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwk...asli mbak pas buat oret²an nya aja bikin kepala nyut²an. Cuma ya ngga tau apakah ini yg dimaksud

      Hapus
  6. saya masih bingung juga mencari user persona mbak

    BalasHapus
  7. Hihi...sebenarnya sama mba, cuma ngikit panduan yg dikasih coach aja...sambil ngeraba2. Semoga nesih2 nya makin bertambah, yaa...

    BalasHapus
  8. Wah, ketemu Kdrama lovers lagi. Toooss 😁
    Detail sekali ini si Nesih ya mba. Kereen.

    BalasHapus
  9. Karakter Nesih yang sering khawatir aku juga kadang ngalamin nih, moga bisa jadi pembaca setia blog ini hehe

    BalasHapus

Posting Komentar