iluhnuna

Ide Sederhana Kegiatan Sosial Di Bulan Ramadan, Coba Yuk!

Posting Komentar
kegiatan sosial di bulan ramadan

Bulan Ramadan selain bulan untuk menjalankan ibadah puasa merupakan bulan yang baik bagi kita untuk melakukan kebaikan kepada sesama.

Di bulan puasa ini ada baiknya kita melakukan kegiatan sosial. Ada beberapa kegiatan sosial yang bisa kita lakukan di bulan ini. Tentu saja disesuaikan dengan kemampuan diri masing-masing. 

Melakukan kegiatan sosial di bulan Ramadan seperti kita sedang menabur benih kebaikan. Kelak benih tersebut insyaallah bisa kita panen.  

Melakukan kegiatan sosial dengan ikhlas akan memberikan kebahagiaan dan juga ketenangan bagi diri kita. Karena kita sedang berusaha memupuk rasa empati dan keinginan untuk menjaga silaturahmi. 

Ide Kegiatan Sosial Di Bulan Ramadan 

Ada beragam kegiatan sosial yang bisa kita lakukan di bulan penuh keberkahan ini. Tertarik untuk melakukan kegiatan sosial? Ayo coba lakukan kegiatan sederhana ini.

1. Mengirim Takjil Ke Masjid

Di bulan puasa ini pastinya di masjid akan selalu ada kegiatan taraweh atau di beberapa tempat ada yang saling berbagi takjil sederhana untuk membatalkan puasa.

Kalau di kampung biasanya ketika paman pergi ke masjid menjelang maghrib dia selalu membawa teh dalam teko mini dan beberapa buah kurma atau gorengan. Nantinya hidangan sederhana tersebut akan disantap bersama bapak-bapak yang ada di masjid.

Di tempatku ada kegiatan mengirim takjil ke masjid secara ikhlas. Siapa saja boleh mengirim. Takjil tersebut nantinya akan dibagikan kepada jamaah masjid yang usai melakukan sholat taraweh.  

2. Sedekah

Bukan suatu hal baru bahwa sedekah merupakan ibadah yang dianjurkan dalam Islam. Bersedekah bisa dilakukan kepada siapa saja yang membutuhkan.

Bahkan membantu melariskan dagangan teman atau tetangga merupakan salah satu bentuk sedekah. 

Jika masih kebingungan dan merasa tidak menemukan orang yang pantas untuk diberikan sedekah, kita bisa menyalurkannya kepada badan amal atau lembaga yang menaungi kegiatan ini.

3. Bukber Dengan Anak Yatim

Buka bersama merupakan kegiatan yang selalu dijadwalkan ketika bulan puasa tiba. Kegiatan bukber ini biasanya dilakukan dengan teman sesama komunitas, alumni sekolah hingga teman kantor.

Kita bikin sesuatu yang beda sesekali. Cobalah melakukan kegiatan buka bersama dengan anak yatim di panti asuhan. Ada suatu rasa kebahagiaan dan rasa syukur tersendiri saat kita melakukan kegiatan ini. 

4. Berbagi Takjil

Biasanya jalanan akan penuh dan ramai dengan penjual takjil. Takjil ini merupakan hidangan pembuka untuk berbuka atau bahkan jadi makanan pendamping untuk berbuka.

Berbuka tanpa adanya takjil rasanya seperti ada yang kurang. Tapi tidak semua orang beruntung bisa merasakan berbuka dengan takjil yang menyegarkan.

Takjil di Indonesia umumnya adalah kolak atau gorengan. Tidak lupa beserta es nya. Kita bisa melakukan kegiatan bagi-bagi takjil gratis kepada orang-orang yang membutuhkan.

5. Berbagi Ilmu

berbagi ilmu

Sebagai manusia kita pasti punya pengetahuan dan pengalaman yang berbeda. Pengetahuan dan pengalaman ini bisa kita jadikan kegiatan sharing ilmu atau berbagi pengalaman.

Kita bisa berbagi ilmu di media sosial, forum terbuka atau media blog. Sebagai blogger tentunya aku berbagi di blog pribadiku. Sharing ilmu dan pengalaman bisa jadi sangat bermanfaat kepada orang lain.

Kita bisa berbagi ide menu sahur praktis yang sehat atau bahkan berbagi resep menu berbuka yang disukai anak-anak. Kita bisa membuat orang menjadi terinspirasi dan mendapatkan ide. 

Kesimpulan

Bulan Ramadan merupakan bulan dimana orang-orang berlomba untuk melakukan kebaikan. Menabur benih yang kelak bisa kita panen. 

Melakukan kegiatan sosial di bulan Ramadan bisa kita lakukan dengan cara sederhana sesuai kemampuan diri masing-masing. 

Ada lima ide kegiatan sosial yang bisa teman coba. Adakah yang punya ide kegiatan lainnya? 

Sharing yuk!


De Eka
프라나와 엄마. KDrama Lovers. Jung Yong Hwa fans. Bucinnya Suga & Jekey!

Related Posts

Posting Komentar