iluhnuna

Menu Sahur Praktis Andalan Susu Kurma Homemade

9 komentar
sahur dengan kurma

Saat puasa kita sebenarnya mengganti waktu sarapan kita menjadi lebih awal. Lebih familiar disebut dengan sahur. 

Mengutip buku Ensiklopedia Puasa oleh Ustad Irfan Supandi seperti yang dituliskan oleh detik.com sahur merupakan makan minum di malam hari mulai tengah malam hingga sebelum subuh. 

Dalam Buku Mukjizat Puasa Yusuf Qardhawi menyatakan sahur adalah hidangan yang dimakan pada waktu dini hari yaitu setelah pertengahan malam hingga fajar.

Meski sahur bukanlah kewajiban tapi sahur dianggap penting untuk menyediakan energi yang dibutuhkan tubuh untuk beraktifitas sepanjang hari. Maka penting untuk kita menyiapkan menu sahur praktis yang anti ribet.

Saat berpuasa tubuh tetap memerlukan energi untuk menjalankan aktifitas tanpa makan dan minum sampai waktu berbuka tiba. Karena tidak mungkin kita akan tidur seharian dengan alasan sedang berpuasa. 

Sahur Dengan Kurma Direndam Susu

Kurma merupakan buah yang munculnya ketika bulan Ramadan. Selama Ramadan kita tidak akan kesulitan mencari buah kurma. 

Sahur dengan kurma sangat baik bagi tubuh. Karena buah kurma mengandung gula alami, serat, vitamin B, kalium, magnesium dan kaya akan antioksidan.

Aku termasuk orang yang memerlukan cairan ekstra saat puasa. Lalu aku teringat minuman praktis yang juga enak dikonsumsi. Praktis karena membuatnya mudah sekali. Bukan praktis karena kemasan.

Aku membuat kurma direndam susu sebagai tambahan menu sahur selain nasi. Sebenarnya ada sih susu kurma dalam kemasan kaleng itu kan. Tapi entah kenapa aku tidak percaya dengan minuman-minuman seperti itu.

Aku pernah juga beli susu kurma dari orang yang mana kurmanya diblender. Terus ada rasa-rasanya juga. Aku kurang suka karena kurma yang di blender itu jadinya ampas kasar yang ngga enak kalau diminum. 

Akhirnya aku memutuskan membuat susu kurma homemade praktis dan rasanya juga enak.

Cara Membuat Susu Kurma Simpel & Enak

Karena tidak percaya dengan kandungan yang instan maka membuat sendiri menjadi alternatif yang baik. Lagipula cara membuat susu kurma juga tidaklah susah. 

  • Pertama kita siapkan buah kurma dan susu uht plain tanpa rasa. 
  • Belah buah kurma menjadi 2 dan buang bijinya. Banyaknya kurma sesuai selera. Kalau aku 3 biji saja udah bikin kenyang 
  • Siapkan susu uht plain dalam gelas. Masukkan buah kurma yang sudah dibelah tanpa biji ke dalam susu
  • Diamkan semalaman dalam kulkas dan siap diminum saat sahur.

cara membuat susu kurma

Biasanya aku membuat minuman ini selesai sholat taraweh dan menjelang tidur. Hasilnya buah kurma jadi empuk legit dan susunya pun manis alami tanpa perlu tambahan gula. 

Minum segelas susu kurma homemade ini bisa memberikan rasa kenyang lebih lama dan anti beser. Meskipun aku tetap banyak minum saat sahur agar terhindar dari dehidrasi akut.

Manfaat Susu Kurma 

Selain mengenyangkan dan rasanya yang enak, susu kurma ini ternyata memiliki berbagai manfaat loh. 

1. Asi Booster

Sebenarnya aku tahu susu kurma homemade ini ketika habis lahiran. ASI ku tidak keluar. Berbagai upaya sudah dilakukan sampai akhirnya keluar namun tidaklah deras seperti ibu lainnya.

Akhirnya putar otak dong apa yang harus aku lakukan agar produksi ASI meningkat. Bertemulah aku dengan resep susu kurma ini. 

Ternyata cukup ampuh untuk memproduksi ASI. Karena kandungan buah kurma diyakini bisa menghasilkan hormon serotonin yaitu hormon kebahagiaan.

Sebagaimana yang kita tahu kalau rasa bahagia ibu menyusui itu mempengaruhi produksi ASI. 

2. Memberikan Rasa Kenyang Lebih Lama

Selama puasa ini aku rutin sahur ditemani susu kurma ini. Manfaat yang aku rasakan langsung adalah rasa kenyang yang lebih lama. 

Rasa lapar itu tetap ada apalagi masuk jam makan siang pada biasanya. Tapi rasa lapar yang aku rasakan tidaklah terlalu keroncongan banget. Aku merasa perutku aman

Puasa tahun lalu ketika aku belum konsumsi susu kurma ini rasanya cepet banget kelaparan. Menjelang siang laparnya itu kebangetan sampai berasa perut itu melilit kelaparan. Mana bolak balik bunyi juga. haha.   

3. Menjaga Cairan Dalam Tubuh

Selama puasa cairan tubuh ini menjadi perhatian yang lebih buatku. Jadi aku selalu banyak minum ketika sahur. 

Tapi banyak minum banyak juga yang keluar. Jadi dari subuh itu aku sudah bolak balik ke belakang buang air. Menjelang siang apalagi menjelang berbuka itu aku sudah kehilangan banyak cairan. 

Semenjak sahur dengan susu kurma aku merasa durasi bolak balik ke belakang itu jadi berkurang. Sehingga cairan dalam tubuh lebih terjaga sampai waktu berbuka. 

Kesimpulan 

Susu kurma menjadi menu sahur praktis andalanku. Bukan susu kurma kemasan tapi susu kurma homemade yang dijamin sehat dan lezat.

Cara membuat susu kurma juga tidaklah susah. Sangat simpel dan praktis. Tidak membutuhkan waktu lama. Susu kurma juga memiliki berbagai manfaat yang aku rasakan secara langsung. 

Ayo coba juga sahur dengan kurma yang direndam susu dan rasakan manfaatnya. 




Referensi 

https://www.detik.com/hikmah/khazanah/d-7242715/sahur-adalah-pengertian-hukum-dan-waktunya

De Eka
프라나와 엄마. KDrama Lovers. Jung Yong Hwa fans. Bucinnya Suga & Jekey!

Related Posts

9 komentar

  1. Saya jadi teringat dengan resep overnight oatmeal. Oatmealnya direndam semalam dalam susu sebelum dijadikan sarapan pagi. Kalau ini saya yakin lebih sehat karena bahannya kurma. Patut dicoba. Terima kasih resepnya, Kak.

    BalasHapus
  2. Pernah nyoba susu kurma kemasan dan saya kurang suka rasanya. Jadi penasaran kalau home made gini bakalan gimana, ya, rasanya. Harus

    BalasHapus
  3. Terima kasih sharingnya kak. Wajib dicoba membuat minuman ini, agar puasa tidak lemas dan tetap terhidrasi.

    BalasHapus
  4. minuman para busui yang berusaha tetap berpuasa ditengah perjuangannya menyusui. Enak juga diminum sebagai pembuka menu sahur. Sehat dan manisnya alami

    BalasHapus
  5. Aku selalu bikin susu kurma buat buka mbak. Tapi yang ku blender mirip orang jualan gitu. Nah kalau yang resep direndam uht gini aku belum nyoba. nanti aku coba deh pakai resep dari mbak.

    BalasHapus
  6. Aku pernah coba susu kurma ini sebagai asi booster dan memang ampuh kok, selain itu badan ga lemas, tapi sekarang ga pernah buat lagi setelah tidak menyusui

    BalasHapus
  7. Pernah beberapa kali minum susu kurma dan memang rasa manisnya berlebih, sepertinya saya perlu bikin sendiri nih

    BalasHapus
  8. Saya pernah beberapa kali sahur dengan kurma dan susu. Rasanya itu nikmat sekali. Pastinya kebutuhan nutrisi juga tetap terpenuhi

    BalasHapus
  9. Saya belum pernah buat susu kurma homemade, biasanya beli kalengan. Ternyata bikin sendiri di rumah ga terlalu ribet sepertinya. layak dicoba nih

    BalasHapus

Posting Komentar