iluhnuna

Tempat Wisata Favorit Di Bali Kampung Halamanku

2 komentar
tempat wisata favorit di bali

Berbicara tentang tempat wisata favorit di kampung halaman aku jadi kangen rumah. Kebetulan kampung halamanku adalah Bali. Pulau dewata yang kental dengan adat dan budayanya. Serta mayoritas agama Hindu.

Bila kita ngomong tentang tempat wisata di Bali tentu saja ada banyak. Mulai dari pantai, gunung sampai pura. Dari yang terkenal sampai yang masih belum banyak diketahui orang.

Sebagai orang yang lahir dan besar di Bali tentu saja aku mudah untuk berwisata. Tapi biasanya sebagai warga lokal berkunjung ke tempat-tempat wisata favorit di Bali itu berkurang. Karena pemikirannya masih besok-besok saja. Sampai besok aja terus.

Salah satu tempat wisata yang paling gampang dikunjungi adalah pantai. Bali dipenuhi dengan banyak sekali pantai. Dari pantai berpasir hitam sampai berpasir putih. 

Pantai yang langsung berhadapan dengan Samudera Hindia dengan ombak yang ganas sampai pantai dengan arus tenang menghadap Laut Bali. 

Sebab itulah pantai ini menjadi tempat wisata favorit aku. Uniknya adalah dulu ketika kecil sampai SMP aku sangat takut dengan pantai. Mungkin karena ketika kecil pernah hampir tenggelam ketika mandi di pantai.

Untungnya aku punya teman-teman jail yang kerap menyeretku ke bibir pantai sampai akhirnya aku sangat menyukai pantai. 

Manfaat Liburan di Pantai

Liburan ke pantai itu bisa dibilang wisata murah meriah yang menyenangkan sekaligus memberikan manfaat. Apa saja manfaat berwisata ke pantai? Ini Jawabannya

1. Relaksasi & Menurunkan Stress

Memandang lautan biru tanpa batas cakrawala itu menenangkan. Meluaskan pandangan mata. Berasa mata ini beristirahat dari aktifitas yang melelahkan mata.

Bunyi deburan ombak, merasakan butiran pasir yang lembut serta buaian angin sepoi-sepoi dengan aroma khasnya dapat mengurangi beban pikiran dan membuat rileks tubuh.

 2. Meningkatkan Kualitas Tidur

Karena tubuh merasa rileks dan beban pikiran berkurang setelah mendengarkan nyayian laut tentu kualitas tidur jadi lebih baik. 

Udara segar yang didapat di pantai bisa meningkatkan kekebalan tubuh dan menyehatkan psikis. 

3. Menciptakan Kenangan

Ada berbagai kegiatan di pantai yang bisa dilakukan. Renang, bermain pasir atau aktifitas olahraga pantai. 

Kegiatan yang dilakukan bersama-sama dengan keluarga ataupun teman bahkan pasangan bisa menciptakan kenangan yang bertahan lama dan memberikan dukungan emosional.

Menikmati matahari terbenam bersama atau bahkan sekedar berbincang santai dapat juga mempererat hubungan.

Tempat Wisata Favoritku Di Bali

Bali memang terkenal memiliki banyak pantai. Bahkan pantai Kuta yang menjadi ikonik pantai di Bali. Kata orang belum ke Bali kalau tidak ke pantai Kuta.

Tapi aku tidak membahas pantai terkenal tersebut. Ada banyak pantai lokalan yang tidak terkenal bisa dinikmati oleh orang lokal seperti aku.

1. Pantai Sanur

pantai sanur bali

Ketika aku tinggal di Denpasar aku paling suka main ke pantai Sanur. Karena jaraknya yang tidak terlalu jauh menjadi faktor utamanya. 

Pantai Sanur merupakan pantai untuk menikmati sunrise. Selain itu kita juga bisa jogging atau bersepeda di area yang tersedia. Tempat penyewaan sepeda juga ada.

Kalau ke pantai Sanur yang paling aku cari adalah jajanan khas lumpia yang disiram dengan kuah kental khasnya. Itu yang membuatku hampir setiap hari libur akhir pekan selalu main ke pantai ini.

2. Pantai Dekat Rumah

pantai di tabanan bali

Pantai ini letaknya bukan di Denpasar tapi di dekat kampungku. Pantai tanpa nama terkenal hanya pantai yang disebut dengan nama desanya. Sebut saja pantai Menjangan, pantai Soan Galuh dll. 

Kalau pantai di Denpasar kebanyakan berpasir putih termasuk pantai Sanur diatas, kalau pantai dekat rumahku ini berpasir hitam dan langsung berhadapan ke Samudera Hindia. 

Sehingga ombaknya sangat ganas. Tidak cocok untuk mandi di pantai. Biasanya para turis suka memanfaatkan ombak besar ini untuk berselancar di pantai. 

3. Pantai Bali Utara

pantai bali utara

Jika ke Bali Utara ada pantai yang terkenal bernama pantai Lovina. Letaknya di kabupaten Buleleng. Di pantai ini kalian bisa menyewa perahu untuk melihat lumba-lumba. 

Pantai ini terkenal dengan pantai untuk melihat lumba-lumba. Sering juga disebut sebagai Dolphin Beach.

Kalau pulang kampung aku biasanya selalu mampir ke rumah paman suami di Buleleng ini. Dan lagi-lagi mainnya ke pantai dekat rumah saja. Bukan pantai yang jadi objek wisata terkenal.

Hanya saja pantai di Bali Utara ini ombaknya lebih tenang dan cocok buat mandi di pantai. Tidak ganas seperti pantai di sekitar rumahku. 

Kesimpulan

Pantai menjadi tempat wisata favorit di kampung halaman. Liburan ke pantai merupakan wisata murah meriah yang memberikan manfaat kesehatan dan tentu saja menyenangkan.

Jika ke Bali kemanapun pergi pasti ketemunya pantai. Mulai dari pantai terkenal sampai pantai yang menjadi tempat bermain warga lokal.   

Kampung halamanku ada di Pulau Dewata sehingga tempat wisata favorit di Bali versi aku adalah pantai.


De Eka
프라나와 엄마. KDrama Lovers. Jung Yong Hwa fans. Bucinnya Suga & Jekey!

Related Posts

2 komentar

  1. kalo rumah aku di Bali kayaknya hampir tiap weekend bisa explore pantai-pantai disana, apalagi ada yang jaraknya lumayan jauh.
    Dan beberapa pantai di Bali pun malah aku nggak tau namanya, soalnya banyak pantai yang tersembunyi dan nggak banyak informasi juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba kalau libur mainnya pasti ke pantai. Soalnya paling gampang dicari. biasanya pantai yang masih belum terkenal dan masih alami itu yang paling bagus. Belum tersentuh tangan investor jadi kealamiannya masih terjaga.

      Hapus

Posting Komentar