iluhnuna

Rekomendasi Takjil Ramadan Sehat Untuk Berbuka

Posting Komentar
rekomendasi takjil sehat

Ramadan kali ini rasanya sedikit berbeda. Ada keramaian di media sosial khususnya tiktok. Ada yang ngikutin juga ngga sih keramaian ini?

Takjil war begitulah mereka menyebutnya. Iya tradisi berburu takjil menjelang buka puasa. Hanya saja saat ini saingannya bukan hanya sesama yang sedang berpuasa tapi juga saudara tidak seiman kita. 

Fenomena takjil war ini hanyalah konten seru-seruan untuk meramaikan puasa tahun ini. Tanpa ada maksud lainnya. Netizen juga menanggapinya dengan senang dan guyon. 

Karena nyatanya bulan ramadan ini merupakan kesempatan orang untuk mengais rejeki. Pedagang dadakan akan bermunculan di pinggir jalan. Mulai dari jualan lauk sampai jajanan berupa kue, kolak dll.

Pedagang takjil ini biasanya ramai diserbu pembeli ketika mendekati waktu berbuka. Tak jarang jalanan menjadi krodit dan macet karena membludaknya pembeli.

Mereka juga usaha untuk mendapatkan rejeki. Sementara dengan membeli dagangan orang lain itu termasuk cara kita bersedekah dengan baik.

Takjil ini merupakan pelengkap untuk berbuka. Meski tidak ada keharusan tapi rasanya tanpa takjil berbuka itu sepertinya ada yang kurang.

Dijaman yang serba dimudahkan ini kita bisa memilih untuk pergi ke penjual takjil atau bikin sendiri di rumah meski memang merepotkan. 

Tentu saja jika dilihat dari segi kesehatan akan lebih baik jika kita bikin sendiri meskipun agak repot.

Rekomendasi Takjil Sehat Untuk Berbuka

Jika berbicara tentang sehat rasanya apa yang kita buat sendiri itu lebih sehat karena terjamin bahan-bahan dan cara memasaknya. 

Tapi bukan berarti kita tidak boleh membeli. Jika ingin membeli, hal yang perlu diperhatikan tetap kebersihan dan lokasi berjualannya. 

Aku ada sedikit rekomendasi takjil sehat untuk berbuka puasa yang bisa kalian buat sendiri ataupun beli di penjual. 

takjil ramadan

1. Kurma

Sudah menjadi hal wajib kayaknya ya kalau memasuki bulan ramadan pasti di rumah ada stok kurma. Iya berbuka dengan kurma memang disunnahkan. Selain itu memang ternyata memberi kesehatannya juga bagi tubuh.

Kurma juga bisa dijadikan menu pendamping sahur. Seperti susu kurma homemade yang mengenyangkan dan juga enak. Membuatnya juga tidaklah susah. 

2. Jus Buah

Selain berbuka dengan minum air putih, kita juga butuh sesuatu yang segar-segar. Daripada es kekinian yang banyak mengandung gula alangkah baiknya kita mengonsumsi jus buah.

Jus buah memiliki berbagai manfaat yang baik untuk tubuh. Tinggal disesuaikan dengan keinginan menikmati jus buah. Hampir semua buah bisa dijadikan jus.  

3. Buah Segar

Buah segar juga bisa menjadi takjil sehat untuk menemai berbuka puasa. Pilih buah yang kaya akan kandungan air. Selain menyegarkan juga baik untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh.

Kita bisa menyiapkan potongan buah lalu disimpan di kulkas ataupun mengolahnya menjadi sajian es buah. 

4. Bubur Kacang Hijau Tanpa Santan

Kalau membeli bubur kacang hijau tanpa santan rasanya tidak ada ya. Aku sendiri belum pernah menemukan sih. 

Bubur kacang hijau itu enak dan mengenyangkan. Tapi aku pribadi memang kurang suka jika ada santannya. Agak lain memang aku ini.

Karena rasanya mustahil ada yang jual maka membuat sendiri tentu jadi solusi. Membuat bubur kacang hijau tidaklah susah. Apalagi tidak perlu menambahkan santan. 

Rasa bubur kacang hijau tanpa santan itu lebih light dan aku merasa lebih enak. 

5. Kolak Tanpa Santan

Ini juga hal yang mustahil ada yang jual. Kalau urusan perkolakan aku memang agak mager membuatnya. Jadi aku memilih untuk membeli saja. Karena yang suka kolak cuma aku doang.

Aku memang tidak menghindari santan hanya saja kurang suka tapi masih bisa makan. Toh mengonsumsi kolak juga tidak setiap hari. Jadi sesekali makan makanan yang bersantan tidak masalah. 

6. Air Kelapa Murni

Menjaga agar tubuh tidak dehidrasi sangat penting di bulan puasa. Apalagi air kelapa itu terkenal dengan khasiatnya. Salah satunya untuk memenuhi kebutuhan elektrolit tubuh.

Jadi lebih baik selain air putih kita bisa berbuka ditemani air kelapa murni. Kalau aku memang suka yang murni tanpa tambahan gula. 

Kesimpulan

Takjil merupakan hidangan pelengkap dikala berbuka. Meski bukan keharusan tapi tanpa takjil rasanya berbuka kurang lengkap. 

Saat ini ada banyak penjual takjil dadakan ketika bulan ramadan. Tentu saja ini sangat memudahkan pembeli. Selain membeli beberapa takjil juga bisa kita buat sendiri di rumah. 

Membuat takjil sendiri pastinya lebih sehat dan sesuai dengan selera kita. Tapi bukan berarti kita tidak boleh membeli. Ketika membeli hal wajib yang harus diperhatikan adalah kebersihan dan lokasi berjualannya. 


De Eka
프라나와 엄마. KDrama Lovers. Jung Yong Hwa fans. Bucinnya Suga & Jekey!

Related Posts

Posting Komentar