iluhnuna

Menu Buka Puasa Rumahan Favorit Si Kecil

1 komentar
menu buka puasa rumahan

"Ibu hari ini masak apa?"

Begitulah pertanyaan si kecil setiap mau makan. Kalau masakanku sesuai seleranya bisa auto makan banyak dan berkali-kali. Tapi kalau tidak sesuai selera disuruh makan itu susah sekali.

Pas banget kan momennya sekalian mengajarkan anak puasa. Menahan makan nasi itu mungkin dia bisa karena tidak selera tapi godaan terberatnya adalah ngemil alias jajanan.

Kalau tidak ada camilan itu dia bingung sendiri. Bolak balik buka kulkas padahal itu kulkas isinya stok sayuran dan perlaukan. 

Kasian juga kan lihat anak tidak selera makan. Apalagi dia ikutan puasa meski hanya sampai setengah hari atau bahkan kurang dari itu. Meskipun tidak setiap hari ikutan puasa. 

Favorit anakku itu adalah ayam. Digoreng crispy dan dimasak suwir itu favorit dia banget. Cuma emaknya ini kan bosen ya menunya itu-itu saja. 

Jadi akhir-akhir ini aku lebih sering membuat olahan crispy sebagai menu buka puasa rumahan buat sekeluarga. Selain awet karena bisa dijadikan santapan sahur juga tentunya si kecil jadi lahap makan. 

Olahan Crispy Jadi Menu Favorit Berbuka

menu favorit anak berbuka puasa

Selain ayam anakku itu susah banget makan lauk lainnya seperti ikan atau seafood. Sementara ibunya udah kehabisan ide untuk masak ayam agar tidak melulu ayam goreng. Sebisa mungkin setiap hari menu lauknya itu berubah-ubah. 

Kebetulan beberapa hari lalu ada penjual cumi datang ke rumah. Pas pengen juga ya sudah aku olah jadi cumi crispy. Dan bener saja dong si kecil lahap sekali makannya. 

Padahal kalau cumi oseng-oseng itu dia kurang suka bahkan ngga mau makan. 

Dari dulu itu aku pengen sekali masak ikan dori asam manis ala resto-resto itu. Tapi aku belum pernah ketemu ikan dori fillet. 

Tiba-tiba aku lihat temenku pasang status jualan ikan dori ini. Tanpa pikir panjang aku langsung pesan dan langsung diantar siang itu juga. 

Jadilah dalam beberapa hari itu menu kami berbuka adalah olahan cumi crispy, ayam crispy dan dori crispy. Menyesuaikan selera anak jatuhnya ini. 

Serunya Memasak Berdasarkan Feeling

Semakin kesini ternyata kita itu tidak bisa lepas dari role model saat memasak. Pasti ada yang mengajari kita memasak minimal kita pernah terinspirasi masakannya. 

Bibi suami aku itu kalau masak enak banget. Meskipun bulan puasa rasa masakannya masih enak dan pas tanpa perlu icip-icip. Aku memang lebih dekat dengan bibinya suami. 

Setiap mudik dan mampir rumahnya aku selalu bantuin masak. Karena sering di dapur bareng banyak masakanku terinspirasi dari beliau.  

Bagiku ada keseruan tersendiri ketika memasak hidangan untuk berbuka. Karena kita memasak berdasarkan feeling yaitu memasak tanpa mencicipi.

Kalau masakan yang full berbumbu komplit itu aku menyerah. Aku adalah emak-emak pengguna bumbu praktis. 

Jadi kalau disuruh masak masakan indonesia yang bumbunya itu medok dan harus ngulek manual aku angkat tangan. Karena rasa bumbunya sering ngga tepat. 

Akhirnya aku jadi suka masakan simpel yang menggunakan persausan. Karena sudah lama pengen masak dori crispy saus asam manis aku pun membuatnya jadi menu buka puasa rumahan versi aku.

Ini adalah pertama kalinya aku membuat saus asam manis dan ternyata berhasil dong. Pertama kali buat dengan feeling pula.

Resep Dori Crispy Saus Asam Manis

Ini aku pakai dori filletnya 2 slice saja. Karena buat anak jadi aku tidak memasukkan cabai sama sekali.

resep dori crispy saus asam manis

Bahan: 

Ikan dori fillet

Tepung bumbu serbaguna

Bahan Saus

3 siung bawang putih, cincang (sesuai selera)

1/2 buah bawang bombai potong kotak

1/2 buah nanas

2 sdm saus tiram

3 sdm saus tomat

 saus cabe (aku skip krn ngga mau pedes)

Secukupnya air

Secukupnya minyak untuk menumis

Cara Memasak

1. Potong ikan dori sesuai selera. Boleh kotak atau memanjang.

2. Balur ikan dengan tepung bumbu serbaguna

3. Goreng dengan api sedang hingga berwarna kuning kecoklatan lalu sisihkan.

4. Tumis bawang putih cincang dan bawang bombay hingga harum. 

5. Masukkan potongan buah nanas hingga agak layu lalu masukan bahan saus yang sudah disiapkan tadi. Beri secukupnya air lalu masak sampai saus sedikit mengental.


Masakan ini sekaligus untuk menu sahur jadi aku menyajikan sausnya terpisah. Karena akunya juga tidak punya paprika jadi aku tidak memakai bahan ini. Kalau ada paprika kan jadi cantik tampilannya. 

Menu buka puasa rumahan ala ibu ini sekaligus sebagai cara agar makanan anak lebih variatif tidak melulu olahan ayam. Meskipun ayam itu memang sumber protein yang bisa diolah jadi masakan apa saja.


De Eka
프라나와 엄마. KDrama Lovers. Jung Yong Hwa fans. Bucinnya Suga & Jekey!

Related Posts

1 komentar

  1. Dori fillet digoreng gini juga fav anakku mbaa 😍😍. Aku jarang bikin sih, tp beli. Pernah coba bikin tp kok ya ga bisa crispy kayak yg dibeli. Skill masakku juga masih payah bngtt 🤣.

    Makanya pas puasa ini udh bilang ke suami ga bakal masak sebulan. Dan lbh suka nyetok frozen kayak rendang, amal gepuk, tekwan dll. Atau gofood. Soalnya aku ga jago masak pake feeling. Yg ada kacau rasanya 😅

    BalasHapus

Posting Komentar