iluhnuna

Belajar Optimasi Blog Dengan Google Search Console

8 komentar
google search console untuk optimasi blog

Kalau sudah bahas tentang blogging itu bahasannya banyak banget ya. Ada banyak hal yang harus diperhatikan selain menulis. Meskipun tetap saja konten adalah raja tapi sebagai raja dia juga butuh pendamping dan dayang-dayangnya.

Pendampingnya adalah infografis. Apa jadinya bacaan tanpa dijeda gambar yang menarik. Apalagi kita tahu sendiri bahwasanya masyarakat Indonesia itu darurat membaca. Kita cenderung suka bertanya meskipun sudah ada penjelasan lewat tulisan. Mungkin karena kita sangat berpegang teguh pada pepatah "malu bertanya sesat di jalan".

Dayang-dayangnya ini banyak banget. Kita harus sedikit tahu tentang SEO, cara optimasi blog, mencari kata kunci untuk artikel, berkenalan dengan Google Search Console, dan Google Analytics. Agar blog kita bisa jadi rumah layak huni di mata google.

Analoginya masuk ngga sih??? Anggaplah begitu ya. Karena saat kita memutuskan terjun ke dunia blog pastinya kita punya alasan untuk memulainya bukan?? Jangan sampai hanya "anget-anget tai ayam" kata orang dulu mah. Panasnya hanya sebentar lalu hilang.   

Bloggerhub Komunitas Blogger 

Bergabung dalam komunitas blog merupakan sebuah amunisi bagi blogger. Dari komunitas kita bisa upgrade ilmu dan menambah teman pastinya. Ada banyak komunitas blogger saat ini. Semuanya mempunyai program dan kegiatan yang sangat bermanfaat.

Salah satu komunitas blogger yang aku ikuti adalah Bloggerhub. Dengan gabung di Bloggerhub aku jadi menambah asupan ilmu tentang blogging. Karena selalu ada kegiatan positif dari komunitas ini.

Bloggerhub merupakan komunitas yang menaungi blogger di seluruh Indonesia. Di sini kita bisa menulis untuk dimuat dalam websitenya dan berkolaborasi dengan blogger lain. 

BloggerHub juga memiliki beberapa aktivitas seperti webinar, event offline, dan kegiatan menarik lainnya yang bertujuan untuk menambah pengetahuan blogger serta menambah relasi antar anggota. Siapapun bisa gabung dalam komunitas ini. 

Kegiatan Bloggerhub

Komunitas ini memiliki beberapa program dan aktivitas untuk saling mengenal dan saling akrab dengan para membernya. Program dan aktivitas yang sudah aku rasakan sebagai membernya yaitu

* Bloggerstory menyajikan cerita dari blogger Indonesia

* Bloggerconnect adalah kerjasama blogger dengan pihak luar

* Bloggerupdate adalah menulis dari platform website bloggerhub

Bloggertalks adalah seminar online dari para ahli di bidangnya 

Jika kalian sudah bergabung menjadi member dan sudah masuk grup whatsapp kita bisa melakukan aktivitas :

a. Jejakin yaitu melakukan blogwalking dan instagramwalking. 

b. Promoin untuk kalian yang punya usaha bisa promo tentang usaha kalian di grup  

c. Tingkatin tentunya dengan adanya instagramwalking kita jadi saling follow sesama member kan. 

Acara Bloggertalks

bloggertalks by bloggerhub

Acara bloggertalks ini jadi acara yang paling ditunggu para member. Karena acara ini mengajak kita untuk upgrade ilmu secara gratis. Apalagi kita update ilmu tentang dunia blogging. Untuk blogger pemula seperti aku ya ini memang acara yang bermanfaat sekali.

Rundown Acara

Susunan acara bloggertalks ini sangat sederhana. Oh iya acara ini dilakukan secara online ya lewat aplikasi zoom meeting. 

Sesi pertama adalah perkenalan dari sang pemateri lalu lanjut ke acara pemaparan materi dan terakhir adalah sesi tanya jawab dan foto bersama. 

Bloggertalks Bersama Diki Atmodjo

fungsi google search console

Seminar online yang aku ikuti kali ini membahas tentang Google Search Console untuk optimasi blog. Acara ini aku ikuti sudah agak lama sih yaitu pada 3 Juni 2022. Untung masih punya catatannya dan beberapa screenshootnya. 

Sebelumnya juga pernah ada acara bloggertalks tentang optimasi blog yang disampaikan oleh mas Priyo Harjiyono. Cuma bahasannya lebih luas lagi. Jadi optimasi blog itu ada banyak cara. Nah di acara kali ini lebih ke optimasi blog melalui GSC. 

Materi kali ini dipaparkan oleh mas Diki Atmodjo. Seorang web designer dan SEO specialist yang berdomisili di Bali. Saat ini bekerja sebagai web dan SEO untuk salah satu manajemen vila di Bali yaitu Bali Management Villas. 

Google Search Console Untuk Optimasi Blog

google search console

Sebelum mengoptimasi blog hal pertama yang harus dilakukan tentunya kita harus menautkan blog kita dengan GSC. Caranya bagaimana???

1. Tinggal ketikkan saja di google "google search console" 

2. Login dengan akun google kita. 

3. Add property pilih domain atau URL prefix

Jika memilih domain maka kita akan mendapatkan kode verifikasi untuk dimasukkan pada setting DNS Management di member area saat membeli domain. Kelebihannya semua domain maupun sub domain akan otomatis terintegrasi.

Untuk URL prefix kita diberikan pilihan untuk copy kode verifikasi di edit html blog atau download kode verifikasi yang berupa file html untuk diupload ke DNS Management.  

Alasan Menggunakan Google Search Console

Mungkin kita bertanya-tanya Google Search Console itu untuk apa? 

Nah menurut mas Diki ada beberapa alasan kita harus menggunakan GSC untuk blog kita. Yang paling utama yaitu tools ini gratis dan disediakan oleh google langsung. Bisa untuk memantau performa blog kita. Bisa untuk lebih mengoptimalkan konten kita dengan melihat kata kunci yang ada di GSC.

Kita juga bisa melihat apakah artikel kita sudah terindeks google atau belum. Ada masalahkah pada blog kita. Dan yang paling penting adalah kita bisa optimasi konten lama dengan melihat queri atau kata kunci yang ada di GSC. Jangan lupa untuk submit sitemaps blog kita di bagian sitemaps. 

Apakah harus submit sitemaps?? Mas Diki menjelaskan tidak submit sitemaps juga tidak masalah hanya saja jika kita submit sitemaps blog kita maka googleboot akan lebih mudah membuat perbandingan URL yang resmi disubmit dengan yang tidak resmi. 

Mas Diki juga menambahkan bahwasanya jika kita tidak daftar GSC blog kita tetap akan terindeks hanya saja jika blog kita terdaftar GSC indexing nya akan lebih cepat dan kita bisa memantau apakah blog kita bermasalah atau tidak. 

Optimasi Konten Lama

optimasi konten

GSC tidak hanya untuk monitoring performa blog tapi bisa juga untuk optimasi konten lama demi menaikkan rangking artikel dan lebih banyak mendapat trafik organik. 

Seperti kataku sebelumnya kita bisa melihat kata kunci pada bagian queries (kata kunci)  untuk melihat jumlah klik dan tayangan dari artikel yang mengandung kata kunci tersebut.

Jadi kita bisa memperbarui konten kita menggunakan kata kunci yang ada di GSC itu. Lihatlah tayangan (impressions) yang tinggi tapi jumlah kliknya kecil. Biasanya hal itu terjadi karena dalam artikel kita kata kunci tersebut kurang optimal padahal URL kita terindeks berkali-kali dengan kata kunci tersebut. 


Jadi itulah materi tentang optimasi blog yang dibawakan oleh Mas Diki Atmodjo lewat acara bloggertalks bersama Bloggerhub. Mengikuti acara yang membahas tentang blog itu menyenangkan meski terasa memusingkan. Jangan patah semangat untuk terus belajar dan menambah ilmu. 


De Eka
프라나와 엄마. KDrama Lovers. Jung Yong Hwa fans.

Related Posts

8 komentar

  1. Wahhh pas banget mbak...blog q belum main google search console matur thank you mbak

    BalasHapus
  2. aku baru aja ikutan bloggerhub ini nih Mba

    BalasHapus
  3. asik, tambah ilmu lagi nih tentang google search console

    BalasHapus
  4. Saya juga sudah gabung ke grup WA BloggerHub, Mbak, tapi belum pernah mengikuti acara bloggertalk-nya. Next, semoga bisa ikutan juga, banyak ilmu yang bisa didapat.

    BalasHapus

Posting Komentar