iluhnuna

The Vintage Cafe: Cafe Di Cilacap Bernuansa Jadul

16 komentar
cafe di cilacap

Halo teman semua....

Akhirnya ya bisa menulis tentang cafe di Cilacap yang mengusung konsep jadul. Dari lama udah pengen ngulas tempat makan ini tapi ya begitulah. Kalau tidak ada tuntutan hanya akan berakhir jadi draft di pikiran lalu lupa.

Padahal niat itu ada cuma mengeksekusinya itu kebanyakan alasan. Terlebih lagi data pelengkapnya juga sudah ada seperti foto makanan dan lokasi... Aku ini termasuk orang yang ngga suka foto-foto makanan, kecuali tampilannya cuantik pake banget. Kalau biasa-biasa aja ya sudah langsung santap.

Dan entah kenapa dilokasi ini bisa tiba-tiba pengen foto makanan dan tempatnya juga. Meski ya fotonya asal aja. Tidak ada estetiknya. 

Oke deh tanpa berpanjang lagi mari kita masuk dan jelajahi The Vintage Cafe

The Vintage Cafe di Cilacap

the vintage cafe

Dibanding dengan jalan-jalan aku itu lebih suka makan. wkwk. Dan kalaupun jalan-jalan gitu yang dicari ya ujung-ujungnya makan. Ngga harus tempat yang mewah yang penting sih makanannya enak dan ramah dikantong. Nilai plus juga jika nuansa tempat makannya bagus dan bikin nyaman. 

Di Cilacap ini yang paling mudah ditemui itu angkringan. Mulai dari angkringan pinggir jalan pakai gerobak sampai angkringan berkonsep cafe gitu yang terletak di halaman rumah yang punya. Pembedanya adalah rasa minuman yang disajikan dan bumbu bakarannya. Karena kalo dari segi makanan menurutku sama saja.  

Sampai suatu ketika aku itu rindu sama churros. Aku emang suka banget sama donat asal Spanyol yang renyah diluar dan lembut di dalam. Terlebih lagi aku tidak pernah menemukan jajanan ini dijual di pinggir jalan gitu. 

Andalanku saat bingung adalah mencarinya di aplikasi pesan antar makanan berwarna ijo. Bertemulah aku dengan The Vintage Cafe. Aku langsung mengagendakan mengunjungi lokasi.

Sampai dilokasi aku langsung suka sama suasana cafenya. Cafe ini menampilkan suasana jadul ala rumah jaman dulu. Aku suka. Tempat memesan dan kasir juga didekorasi dengan peralatan jadul.

Cafe ini memiliki dua tempat makan yang berbeda. Untuk sisi depan tepat di sebelah pintu masuk dan depan kasir suasana jadul sangat berasa karena memang didesain seperti itu. 

Untuk area depan juga memiliki tempat yang lebih luas dan lega. Buat yang dateng rombongan emang area depan ini paling tepat.  

Ada juga area samping yang lebih privat sih menurutku. Tapi suasana jadulnya kurang berasa. Nah area samping ini lebih cocok untuk makan berdua bersama ayang. Karena berasa lebih intimate gitu. 

Di cafe ini kita bisa reservasi untuk mengadakan acara. Saat itu aku pernah reservasi untuk acara arisan. Pelayanannya bagus. Tidak ribet bahkan bisa reservasi melalui chat whatsapp dan tanpa menyerahkan dp (uang muka). 

Buat yang ngajak anak dan anaknya seneng banget ngelihat kereta api seperti anakku, maka tempat ini pas untuk nunggu kereta api lewat sembari mengisi perut. Tenang saja tempatnya tidak bersebelahan langsung dengan rel kereta kok.  

Lokasi

Cafe ini terletak di pusat kota yang tidak jauh dari alun-alun Cilacap. Pasar Gede kota Cilacap dan dekat dengan Stasiun Kereta Api.

Tepatnya beralamat di Jalan Kapt. Tendean No.52, Kandang Macan, Tegalreja, Kec. Cilacap Selatan, Kab. Cilacap, Jawa Tengah.

Cafe ini buka setiap hari mulai dari jam 10.30 pagi sampai jam 10 malam.  

Menu & Harga Makanan

Seperti kataku di atas kalau aku bertemu cafe ini karena churros. Jadi makanan pertama yang kucari adalah churros. Tapi cafe ini tidak hanya menyediakan jajanan seprti churros. Ada makanan berat dan makanan ringan juga.

harga makanan the vintage cafe

Makanan berat mulai dari aneka chiken rice, aneka mie dan tersedia menu paket. Aneka makan ringan, aneka minuman baik kopi maupun non kopi.

Pilihan chiken rice ada chiken rice sambal matah, chiken rice mentai dan chiken rice salted egg. Semua varian menu chiken rice sudah include telur mata sapi. 

Aneka mie ada mi kuah, mi goreng sampai spagheti.

Aneka jajan dan minuman yang banyak banget pokoknya.

Harga makanan juga ramah dikantong pastinya. Mulai dari belasan ribu sampai puluhan ribu yang pasti dibawah 50.000 untuk satu porsi makanan.

Saat aku mengadakan acara untuk arisan bersama sembilan orang dan hanya membayar sekitar 300 ribuan. Itu sudah makan dan minum. Jadi menurutku sih emang harganya ramah dikantong.

Jika kalian berkunjung ke Cilacap boleh nih mampir di tempat ini untuk mencicipi berbagai makanan yang tersedia dan menikmati suasana jadulnya. 

Rekomendasi Makanan

Setiap orang pasti punya seleranya sendiri-sendiri. Jadi aku mau merekomendasikan makanan di cafe ini menurut lidahku ya... Bisa jadi berbeda dengan lidah teman-teman.

Saat aku mengunjungi cafe ini aku pernah mencoba spagheti hot tuna, chiken rice sambal matah, chiken rice salted egg, chiken rice mentai, mie goreng dan tentunya jajanan churros dan kentang goreng. Btw ini bukan sekali pesan ya. Ini hasil icip-icip selama tiga kali kunjungan bersama anak dan suami. 

Untuk minumnya mulai dari es milo, es cokelat, es jeruk atau es teh. Yang berkesan sih blue summer.

chiken rice sambal matah
sumber : ciprit.com

Jadi jika kalian berkunjung ke cafe ini rekomendasiku yang teman-teman wajib coba yaitu chiken rice sambal matah karena rasanya enak banget. Perpaduan ayam goreng crispy dengan sambal matahnya itu pas dan cocok banget. 

Untuk minumnya relatif ya tapi bagiku es choco hazelnut terbaik sih.

Jadi ini adalah ceritaku mengunjungi cafe di Cilacap yang berhasil menarik perhatianku karena suasana dan tentunya makanannya. Aku rasa menu diatas juga pasti ada di beberapa tempat makan dilokasi teman-teman. Yuk kita bercerita. Kalau kalian suka makanan apa nih???


De Eka
프라나와 엄마. KDrama Lovers. Jung Yong Hwa fans.

Related Posts

16 komentar

  1. Wah bagus juga kalau buat foto2 ya mba. Meja² nya juga kaya meja SD ya ga sih mbak? 😅 Ada sepedanya juga semakin menambah kesan klasik

    BalasHapus
    Balasan
    1. eh iya ya mba... aku malah ngga ngeh loh... iya itu bagus untuk spot foto

      Hapus
  2. Cakep ya, buat stok pepotoan cucok kalau laper tinggal pesen

    BalasHapus
  3. Wah wajib dicoba nih ayam krispinya

    BalasHapus
  4. Di bandung aja juga nih yang vintage seperti ini tapi kursi2 nya keras..kalau difoto nuansanya coklat semua ..tapi vintage cafe yang ini cakep banget ya

    BalasHapus
  5. Bagus banget konsep cafenya, auto betah berlama-lama di sana. Chicken Rice Sambal Matahnya memang bikin ngiler.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wajib coba chiken rice sambal matah. enak pake banget

      Hapus
  6. Asli deh itu churrosnya menggoda bgt. Semoga kapan2 bisa nyobain kesana...

    BalasHapus
  7. Aku tergoda sm churrosnya mba...tempatny bagus dn sptny nyaman unt berlama2 tuh, keren.

    BalasHapus
  8. Duh, aku suka gagal fokus kalo ada yang vintage2 gini. Apalagi kalo makanannya enak.. Uaaaaa jadi pngen juga mbak :"

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sini mba main nanti ku temenin nongkrong sambil bahas drakor kita...

      Hapus
  9. Dünyada churros juga mbak...Enak itu

    BalasHapus
  10. Fokuanya ke vintahenyaaa.. Maasyaallahn nk ini tempat sptnya rekomended bangeeet

    BalasHapus

Posting Komentar