iluhnuna

Kue Kering Khas Lebaran Banget

2 komentar
kue kering khas lebaran

Perayaan hari raya Idul Fitri merupakan hari raya yang paling ditunggu-tunggu oleh umat muslim. Minggu-minggu terakhir di bulan puasa biasanya tempat ibadah mulai terlihat berkurang jamaah tarawehnya. 

Berganti dengan toko baju dan toko kue yang dipenuhi-orang-orang. Perayaan Idul Fitri memang identik dengan menyiapkan kue khas lebaran banget. 

Bahkan ada yang sudah menyiapkan kue tersebut jauh hari ketika bulan puasa baru saja dimulai. Memang lebaran tanpa hadirnya kue kering itu rasanya tidak lengkap. 

Lucunya adalah aku tidak pernah ikutan berburu atau sibuk menyiapkan kue lebaran. Ya namanya juga anak rantau. Kalau lebaran insyaalah selalu pulang. 

Jaman pandemi pernah tidak pulang dan untungnya di kelompok arisan lingkungan itu ada yang namanya iuran parsel lebaran. Jadi segala kebutuhan ketika lebaran sudah dipersiapkan. 

Meski begitu aku mempunyai kue kering favorit yang hadirnya pas lebaran dan memang nikmat dikonsumsi ketika lebaran.

Kue Kering Khas Lebaran

Lebaran memang identik dengan aneka kue yang disajikan di atas meja. Aneka kue kering dan hidangan lainnya memang disiapkan untuk menyambut teman, tetangga atau saudara yang datang bersilaturahmi.

Kue kering ini biasanya juga kerap dijadikan satu paket sebagai parcel lebaran. Kue kering apa saja yang menjadi khas lebaran

Ini dia jajaran kue kering khas lebaran banget yang dijamin selalu ada di rumah kalian.

1. Kue Nastar

kue nastar
Sumber gambar: Shopee.co.id edited by iluhnuna

Ini merupakan kue favorit aku banget. Kalian pasti setuju kan kalau nastar ini adalah kue kering yang vibesnya lebaran banget.

Tekstur kue yang lembut ditambah manisnya selai nanas jadi perpaduan nikmat yang bikin makan satu mana cukup. 

Meski saat ini mulai banyak juga variasi selai isian nastar. Tapi yang masih jadi favorit tetap nastar selai nanas.

2. Kue Putri Salju

kue putri salju
Sumber gambar: indolaras.com edited by iluhnuna

Kue lebaran satu ini memiliki bentuk seperti bulan sabit yang dibanjiri gula halus yang berwarna putih seputih salju. Ukurannya juga pas untuk sekali hap!.

Tekstur kue ini padat dan gurih. Ditambah rasa manis dari balutan gula halus. Rasanya sangat meleleh ketika masuk ke mulut. 

3. Kue Kastangel

kue kastangel
Sumber gambar: telisik.id edited by iluhnuna

Kue ini merupakan kue yang berasal dari Belanda. Dalam bahasa Belanda Kaastengels berarti cheese fingers

Kue ini menggunakan terigu, telur, margarin dan parutan keju sebagai bahan utama. Rasa gurih asin yang dihasilkan tergantung pada pemilihan dan banyaknya keju yang digunakan. 

Karena berbahan dasar keju maka cita rasa kue ini cenderung asin gurih. Sehingga beberapa orang ada yang kurang suka dengan cita rasa kue ini.  

4. Kue Lidah Kucing

kue lidah kucing
Sumber gambar: cookpad.com edited by iluhnuna

Kue lidah kucing adalah kue kering yang berbentuk pipih, panjang dan tipis mirip seperti lidah kucing. 

Kue ini bertekstur renyah dan memiliki cita rasa manis khas susu. Kue ini juga mudah lumer di mulut. Bisanya tampilan kue ini polos saja tanpa ada toping apapun. Tapi ada juga yang menambahkan taburan keju di atasnya. 

5. Kue Kacang Tanah

kue kacang
Sumber gambar: Shopee.co.id edited by iluhnuna

Kue kacang tanah adalah kue yang berbahan dasar kacang tanah yang dicampur dengan tepung, gula dan telur. Kue ini memiliki bentuk yang bermacam-macam. Ada yang berbentuk hati, bulat dan bulan sabit.

Raa kue ini cenderung gurih dan manis serta ada rasa khas dari kacang tanah yang menambah kenikmatan ketika menggigitnya.

Kesimpulan

Lebaran atau hari raya Idul Fitri merupakan hari yang paling ditunggu. Ketika lebaran tiba rumah-rumah akan dipenuhi aneka kue khas lebaran banget. 

Biasanya ada beragam kue kering yang menjadi hidangan untuk menyambut datangnya tamu yang berkunjung ke rumah. 

Nastar tetap menjadi kue pilihan khas lebaran. Kalau kalian kue apa yang menjadi khas lebaran di rumah?

 


De Eka
프라나와 엄마. KDrama Lovers. Jung Yong Hwa fans. Bucinnya Suga & Jekey!

Related Posts

2 komentar

  1. kue putri salju kalau momen lebaran selalu ada dimana-mana, dan seringnya aku beli jadi, hampir ga pernah bikin kue lebaran sendiri.
    biasanya satu toples kecil bisa aku habiskan sendiri dirumah

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha sama mba aku pun mana pernah bikin sendiri. aku paling suka nastar sih. dan iya bikin lupa diri. satu mana cukup. cukupnya setoples hihihi

      Hapus

Posting Komentar