iluhnuna

Kue Legendaris Khas Bali Banget

Posting Komentar

Saat kalian berkunjung ke Bali, selain menikmati keindahan alamnya dan membeli oleh-oleh khasnya yang terkenal yaitu Pie Susu, Kalian juga wajib mencoba jajanan tradisional yang ada di pulau ini. Bali punya jajan khas yang cukup terkenal dan gampang dijumpai. 

Jajanan berikut memang mirip dengan jajanan pasar pada umumnya di daerah lain. Tapi cita rasa khasnya tidak akan kalian dapatkan selain di Bali. 

Oke mari kita cek daftar jajanan khas Bali yang wajib kamu coba. Ngga usah takut mencoba karena jajanan ini dijamin ngga bikin kantong jebol.

Jajanan Legendaris Khas Bali Banget

1. Jaje Laklak

laklak-bali
sumber gambar : tripzilla.id 

Jaje disini berarti jajan. Jajan ini sekilas mirip surabi. Tapi tekstur dan rasanya tidaklah sama. Jaje laklak terbuat dari tepung beras yang diberi pewarna alami yaitu daun suji, sehingga jajan ini umumnya berwarna hijau. Tapi ada juga laklak original tanpa pewarna, jadi berwarna putih. 

Jajan laklak berukuran lebih kecil jika dibandingkan dengan surabi. Jajan ini disajikan bersama parutan kelapa dan tetesan gula merah yang sudah dicairkan. Jaje laklak yang dimasak menggunakan kayu bakar memiliki cita rasa yang lebih gurih dan aroma yang lebih sedap.

2. Jaje Klepon 

klepon-khas-bali
sumber gambar : idntimes

Saya rasa klepon adalah jajanan nusantara yang bisa ditemukan di daerah masing-masing. Eits tapi jaje klepon Bali dan klepon dari Jawa (biasanya banyak di Jawa) sangat berbeda terutama dari segi rasa dan bentuknya pun beda.

Jika kalian perhatikan klepon Jawa dibuat bulat dan kulitnya tebal sehingga gula merah didalamnya tidak langsung meleleh di mulut. Bahkan ada yang hanya sekedar isi gula merah.

Klepon Bali memiliki bentuk yang lebih oval dan mempunyai ujung yang runcing. Teksturnya lebih kenyal dengan kulit yang tipis. Ketika dikunyah gula merah didalamnya langsung meleleh di mulut. Penyajian jajan klepon wajib bersama parutan kelapa yang bercita rasa gurih. Sehingga tercipta kestabilan rasa ketika memakannya.

3. Sumping

sumping-jajan-bali
sumber gambar : tripzilla.id

Sumping adalah jajanan yang terbuat dari tepung beras yang bisa diisi berbagai macam isian. Sumping yang bisa ditemui adalah sumping pisang. Tapi ada juga sumping yang berisi kacang merah dan labu.

Sumping dengan isian labu dikenal dengan sumping waluh. Waluh berarti labu. Bagi saya pribadi sumping waluh adalah sumping yang paling enak. Cita rasanya gurih, manis dan lembut. 

Sumping ini terbuat dari tepung beras yang sudah diadon mengental lalu dibungkus dengan daun pisang kemudian di kukus. Untuk sumping pisang (bahasa Balinya biu) sebelum dikukus pisang yang sudah dipotong ditaruh didalam adonan yang dibungkus daun pisang baru kemudian dikukus.

Jaje sumping ini bisa kita temukan di pasar-pasar tradisional dengan harga yang terjangkau mulai dari harga 1.000 rupiah

4. Kaliadrem

jajan-kaliadrem-khas-bali
sumber gambar : fooddetik.com

Jajanan selanjutnya bernama kaliadrem. Jajanan ini biasanya dijadikan sajian upacara hari raya Galungan maupun upacara keagamaan lain. 

Kaliadrem ini juga bisa ditemukan dipasar tradisional dan bisa dikonsumsi sehari-hari. Kaliadrem terbuat dari tepung beras, gula merah, kelapa, garam dan air. semua bahan dicampur dan diuleni sampai halus dan lembut kemudian dibentuk segitiga atau bulat. Diberi lubang di tengah kemudian digoreng. 

Cita rasa kue ini rasanya manis dan gurih. Cocok juga disajikan sebagai teman minum kopi. 


Rekomendasi jajanan khasnya tidaklah banyak-banyak. Ketika berkesempatan berkunjung ke Bali jangan lupa berkunjung pula ke pasar tradisionalnya untuk mencicipi berbagai jajanan khas lainnya. Tentunya masih banyak lagi variasi dan jenis jajanan yang ada. 

Semoga artikel ini membantu kalian yang ingin jajan yang benar-benar khas Bali banget. 

De Eka
프라나와 엄마. KDrama Lovers. Jung Yong Hwa fans.

Related Posts

Posting Komentar