iluhnuna

Kenangan Masa Kecil Yang Tak Terlupakan

Posting Komentar
kenangan masa kecil yang tak terlupakan

Bicara tentang kenangan masa kecil itu rasanya ngga ada habisnya. Apalagi bagi kami generasi yang lahir pada tahun 90 an. Ada begitu banyak kenangan yang kalau diingat bikin kangen bahkan lucu.

Kenangan masa kecil adalah ingatan tentang pengalaman, kejadian, atau peristiwa yang terjadi pada masa kecil. Kenangan ini sering dianggap sebagai hal yang paling berkesan dalam hidup seseorang karena terjadi pada fase perkembangan manusia yang paling sensitif dan penting.

Kenangan dapat melibatkan berbagai hal, seperti tempat tinggal, sekolah, teman, hobi, keluarga, dan acara atau perayaan tertentu. Setiap orang memiliki pengalaman yang unik dan berbeda-beda, sehingga kenangan masa kecil yang dianggap tidak terlupakan pun akan berbeda antara satu individu dengan yang lain.

Kenangan masa kecil biasanya dianggap penting karena dapat membentuk kepribadian dan pola pikir seseorang di masa dewasa. 

Pengalaman positif pada masa kecil, seperti mendapatkan perhatian dan kasih sayang dari keluarga, mengejar hobi atau minat yang disukai, dan memiliki teman yang baik, dapat membantu membentuk sifat positif dan percaya diri di masa dewasa. 

Sebaliknya, pengalaman negatif pada masa kecil, seperti pengabaian, pelecehan, atau kekerasan, dapat berdampak buruk pada kesehatan mental dan emosional seseorang di masa dewasa.

Kenangan pada masa kecil dapat memberikan rasa nostalgia dan melahirkan rasa syukur akan kehidupan yang telah diberikan. 

Maka dari itu, menjaga dan merawat kenangan masa kecil dapat menjadi cara yang baik untuk menghargai diri sendiri dan mengingat betapa berharganya masa kecil bagi kehidupan kita


Kenangan Semasa Kecil

Apa kenangan teman nuna yang paling membekas sampai saat ini? Ada yang ingat dengan jelas?? Kalau aku pribadi ada beberapa momen kenangan itu teringat begitu jelas mulai dari tempat kejadian sampai momen yang terjadi.

Aku masih ingat pernah tenggelam saat main air di pantai. Mungkin itu juga penyebab dulu saat aku SMP aku sama sekali tidak berani dengan pantai. Kalau main ke pantai pantang sekali mendekati air. Tapi untungnya sekarang sudah tidak takut lagi tapi tetap ada rasa was-was saat main air di pantai.

Kenangan dimana aku dikejar ibuku sampai aku sembunyi dibalik pohon. Tapi penyebab aku dikejar itu aku sendiri lupa. Apa karena aku tidak mau mandi atau karena nakal. 

Ada beberapa momen kenangan masa kecil yang pasti kalian rindukan juga. Yuk nostalgia :

1.Nonton Kartun Di Hari Minggu

Jaman dulu aku kecil itu hari Minggu jadi hari yang paling ditunggu-tunggu. Ada yang merasakan ini juga ngga??

Seingetku saat itu stasiun tv RCTI dan Indosiar suka berbarengan memainkan kartun yang susah dipilih. Ada serial Detective Conan, Shincan, Chibi Maruko Chan, Sailormoon, Inuyasha, Power Ranger, dan masih banyak lagi. Lupa sudah dengan judul-judulnya.

Hampir sampai siang kami dimanjakan dengan kartun favorit tersebut. Belum lagi nanti rebutan sama Bapak yang suka nonton acara tinju. 

2. Koleksi Kertas File Binder Lucu

Ada yang ingat momen ini ngga sih?? Jaman sekolah dulu ada kertas file binder yang dijual abang-abang mainan. Kertasnya lucu-lucu. Bahkan aku suka saling barter dengan teman. 

Dulu punya koleksi kertas lucu ini rasanya sudah wah sekali. Jadi ajang pamer di sekolah ini. Terus nanti kita minta temen buat ngisi biodata diri deh yang isinya kalo diinget bikin ketawa. 

Mulai dari nama sampai warna favorit, binatang favorit dll. Betapa menyenangkannya bukan. Kalau anak jaman sekarang kayaknya udah tukeran nomor hp ya.

3. Panggil Nama Temen Pakai Nama Orangtua

Dulu nama orang tua itu adalah sebuah rahasia besar. Kalau sampai ketahuan bisa berabe. Temen yang suka ledek-ledekan biasanya manggil nama kita pake nama orang tua. 

Sampai-sampai dalam hati suka ketar-ketir jangan sampai nama orang tuaku ketahuan. Apalagi nama orang tua jaman dulu kan singkat padat dan lucu dimata anak-anak. 

Untung nama orangtuaku masih aman. Nama yang disematkan oleh kakek nenekku masih tergolong wajar dan netral. Ngga aneh-aneh. 

Kalau sekarang masih ada ngga ya ledek-ledekan nama orang tua gini??

4. Eksplorasi Bareng Teman

Jaman aku sekolah dulu kalau pulang biasanya jalan kaki kalau ngga naik sepeda. Ngga pernah namanya diantar jemput. 

Ketika SD kelas 1 atau 2 kalau pulang suka lewat kebun orang. Atau mampir dulu kerumah temen buat main. Udah rada gedean baru mulai bener. 

Main jaman dulu itu suka eksplorasi berbagai hal. Yang main masak-masakan. Terus makan 1 bungkus mi instan yang dibagi bareng teman. Ada hal seru yang bisa dilakukan bersama. Apalagi jaman dulu kan belum ada namanya smartphone.


Kenapa Kenangan Masa Kecil Sulit Dilupakan?

Ada beberapa alasan kenangan masa kecil itu bisa membekas jelas diingatan kita. Karena pada dasarnya kenangan itu adalah pengalaman hidup. Pengalaman yang membantu kita dan membentuk diri kita di masa depan.

Selain itu otak pada saat kita masih kecil sedang berkembang pesat dan memori yang terbentuk dalam otak dapat menjadi sangat kuat dan tahan lama. 

Pengalaman-pengalaman pada masa kecil biasanya sangat berkesan bagi kita sehingga menjadi sulit untuk dilupakan.

Ada juga beberapa faktor psikologis yang dapat membuat kenangan masa kecil sulit dilupakan. Pada masa kecil, kita masih dalam fase perkembangan yang rentan dan kejadian-kejadian yang dialami memiliki dampak yang kuat pada emosi dan perilaku di masa dewasa.

Banyak kenangan masa kecil yang dianggap berharga karena melibatkan hubungan interpersonal yang dekat dengan keluarga atau teman-teman. 

Pengalaman-pengalaman seperti bermain bersama, merayakan hari raya, atau pergi berlibur bersama keluarga dapat menjadi kenangan yang berharga dan sulit dilupakan karena melibatkan rasa kebersamaan dan kedekatan yang kuat.

Kenangan masa kecil dianggap tidak terlupakan karena memiliki makna dan nilai personal yang penting. Misalnya, pengalaman yang membentuk keyakinan atau cita-cita masa depan, atau kenangan tentang orang-orang yang telah meninggalkan kesan mendalam pada hidup kita.

Secara keseluruhan, kenangan masa kecil sulit dilupakan karena melibatkan faktor neurologis, psikologis, dan nilai personal yang berbeda bagi setiap individu. 

Oleh karena itu, kenangan masa kecil yang tak terlupakan tersebut tetap membekas dalam ingatan dan dapat memengaruhi kehidupan di masa dewasa.

De Eka
프라나와 엄마. KDrama Lovers. Jung Yong Hwa fans. Bucinnya Suga & Jekey!

Related Posts

Posting Komentar