iluhnuna

Self Reward: Terimakasih Telah Berkembang Sejauh Ini

Posting Komentar
self reward

Kita sudah menjalani puasa kurang lebih dua minggu. Selama dua minggu ini bagi emak seperti aku rasanya sudah panjang sekali. 

Entah kenapa rasanya sudah mulai melelahkan. Padahal aktifitas tidak banyak berubah. Apakah ibu juga merasakan hal yang sama?

Kalau sudah merasa lelah biasanya segalanya jadi tidak mood untuk dilakukan. Semua terasa menyebalkan. 

Ketika perasaan ini timbul aku biasanya mengambil jeda sejenak untuk melakukan hal yang aku suka. Istirahat dari aktifitas monoton yang menimbulkan rasa bosan.

Iya meski sebagai ibu rumah tangga yang merangkap sebutan blogger kita juga perlu memberi apresiasi atau self reward kepada diri sendiri.

Memberikan hadiah kepada diri sendiri membuat mood jadi lebih baik sehingga kita tetap bisa fokus mengerjakan tugas dan kewajiban.

Bentuk Self Reward Ala iluhnuna

Self reward adalah bentuk apresiasi pencapaian yang telah diraih oleh diri sendiri. Self reward ini termasuk bentuk dari self love.

Ada berbagai macam bentuk self reward yang bisa kita berikan kepada diri sendiri. Hadiah kepada diri sendiri ini bukan berarti hal yang harus buang-buang uang. Ini adalah bentuk self reward untuk diriku:

1. Beli Makanan Enak

Momen puasa begini lagi banyak-banyaknya orang berjualan takjil. Lelah berkutat di dapur maka pelarianku adalah membeli makanan dan takjil.

Menyiapkan menu berbuka sekaligus menu sahur itu bikin pusing. Pusing karena mencari ide masakan. Tiap hari selalu bertanya pada diri sendiri masak apa ya hari ini??

Jadi kalau sudah lelah dan pusing memasak, membeli makana enak di luar adalah solusi terbaik. Tidak harus makanan mewah dan mahal. Kita pasti punya makanan enak versi kita masing-masing.

2. Menonton Drama

Aku adalah drama lovers garis keras. Tapi jujur saja karena kesibukan akhir-akhir ini jadwal menonton drakorku jadi mulai berkurang.

Untungnya film korea yang lagi trending, Exhuma ada di bioskop daerahku. Jadi aku melipir sejenak untuk menonton film ke bisokop. 

Untuk merehatkan diri dari rasa stress dan kebosanan yang melanda menonton drakor adalah jalan ninjaku.

3. Ngebucinin My Idol

Ini sih aktifitas menghibur diri versi low budget. Bisa dilakukan di rumah sambil tetap menjaga anak. Aku adalah Army sekaligus Boice. 

my idol kpop

Biasku adalah Suga BTS dan Jung Yong Hwa CNBLUE. Ketika mereka bersanding dalam acara Suchwita milik Suga betapa ngereognya aku dibuatnya. Ketika duo biasku ada dalam satu frame dan mereka berteman. 

Ketika aku merasa sedih dan melelahkan, ngebucinin para biasku ini bisa membuatku salting dan tersenyum. Setidaknya rasa sedihku mulai meluntur.

Kalau suami lihat dia bilang aku gila. Dia ngga tau aja kalau aku begini agar tetap waras tanpa minta kemewahan lainnya.   

Selamat, Aku Telah Melangkah Sejauh Ini

Setelah berhenti kerja dan jadi ibu rumah tangga dengan terpaksa, aku selalu memikirkan hal apa yang bisa aku lakukan. 

Setidaknya aku tidak merasakan bosan dan gabut di rumah. Aku harus membuat otakku tetap bekerja dan berfikir positif tanpa overthinking.  

Meski terlihat hidup begini-begini saja tapi ternyata aku telah berhasil berjalan sejauh ini tanpa aku sadari. 

Menjadi Blogger

Sungguh aku merasa bersyukur sekali terjun ke dunia blogging. Banyak hal dan kesempatan yang bisa aku dapatkan dari sini.

Mulai dari bertemu dengan banyak teman dari seluruh Indonesia sampai akhirnya bisa menjadi teman curhat online. Teman ngebucin bareng. 

menjadi blogger

Gabung komunitas dan belajar skill baru yang menyenangkan sekaligus bikin mumet. Tapi aku suka. Karena otakku jadi terus berfikir diajak memecahkan suatu masalah. 

Belum lagi aku jadi terus belajar meningkatkan kemampuan menulis agar enak dibaca dan memberi manfaat kepada pembaca.

Menjadi blogger ternyata membuka kesempatan untuk mendapat penghasilan dari rumah. Bisa tawar menawar dengan brand dari luar negeri dan merasakan dibayar dollar. 

Suatu pengalaman yang tidak pernah aku bayangkan sebelumnya. 

Kuat Menjalani Puasa

Seperti yang pernah aku ceritakan sebelumnya. Mengawali puasa itu tidak mudah. Ada beragam rintangan dan godaan yang menerpa. Terlebih aku yang baru belajar puasa.

Sampai hari ini puasa di tahun 2024 alhamdulillah semuanya berjalan baik-baik saja. Aku bisa berpuasa dengan kuat tanpa takut ada godaan makan dan minum. 

Termasuk godaan lainnya yang masih terus aku usahakan untuk dihindari. Hanya saja aku masih punya PR yang masih susah untuk dipelajari. Semoga segera bertemu pencerahan.

Skill Masak Meningkat

Aku itu tidak bisa masak. Bukan ibu-ibu yang masakannya enak dan bisa masak segala hal. Aku adalah ibu yang suka coba-coba resep dari internet dan sering gagal dari segi rasa.

Malas memasak tapi juga tidak bisa beli makanan jadi di sini karena masalah selera. Jadilah mau tidak mau pengen sesuatu itu ya harus masak sendiri. Apalagi kalau kangen masakan rumahan di kampung.

Karena keterpaksaan itu akhirnya kemampuan memasakku menjadi lebih baik. Bahkan menyiapkan hidangan berbuka seperti puasa sekarang ini tanpa icip-icip rasanya sering kali tepat. Sungguh suatu kebahagiaan diri. 

Kesimpulan

Self reward adalah bentuk penghargaan terhadap usaha dan pencapaian diri sendiri. Memberi reward kepada diri sendiri bukanlah suatu bentuk keegoisan. 

Ada beragam reward yang bisa kita hadiahkan untuk diri sendiri. Aku mempunyai cara sendiri untuk mengapresiasi apa yang telah aku lalui sampai saat ini.

Tanpa disadari ternyata aku sudah jauh berproses dari diriku yang dulu. Terimakasih wahai diriku. Kamu hebat sampai bisa ada di titik ini. 


De Eka
프라나와 엄마. KDrama Lovers. Jung Yong Hwa fans. Bucinnya Suga & Jekey!

Related Posts

Posting Komentar