iluhnuna

Ide Kegiatan Ngabuburit Ramadan Bagi Mom Blogger

Posting Komentar
ngabuburit ramadan

Ketika bulan puasa tiba ada satu istilah yang pasti selalu kita dengar yaitu ngabuburit. Dulu jaman aku kerja aku selalu mendengar istilah ini. 

"eh ngabuburit kemana nanti?"

"Kamu mah ngga pernah ngabuburit, tidur melulu"

Begitulah guyonan yang kerap aku dengar. Sebagai orang awam yang nonis saat itu aku tidak mengerti mereka itu bahas apa sih. 

Ngabuburit apa itu?? 

Ternyata lama-lama aku tahu kalau ngabuburit itu adalah aktifitas berburu takjil di sore hari atau kegiatan jalan-jalan sambil menunggu waktu berbuka.

Berbagai kalangan tentu saja melakukan aktifitas ngabuburit ini. Beda kalangan umur berbeda pula aktifitas ngabuburitnya. 

Usia remaja ngabuburitnya sih jalan-jalan. Keliling naik motor tentunya sambil berburu takjil. Kadang juga nongkrong bersama teman-teman.

Kalau sudah memasuki usia pekerja rasanya cukup dengan keluar berburu takjil saja. Semakin sore semakin sengit itu perburuan takjil. Belum antre dan berdesak-desakannya.

Memasuki usia ibu rumah tangga tentu saja aktifitasnya jadi jauh berbeda. Kayaknya lebih sering mantengin status orang yang berjualan ya buk. Tinggal chat pesan bisa langsung di antar ke rumah. 

Kalau sebagai mom blogger kayaknya berbeda lagi nih kegiatannya. Apalagi bulan ramadan gini ada challenge seru dari komunitas blogger. 

Nah ini dia aku ada inspirasi kegiatan ngabuburit bagi mom blogger. 

Ide Kegiatan Ngabuburit Ramadan Mom Blogger

Mom Blogger adalah sebutan kami para ibu-ibu yang menggeluti dunia blog dan aktif menulis di blog pribadi. Menjadi mom blogger itu kayaknya belum familiar dikenal masyarakat. Taunya ya cuma ibu rumah tangga dan ibu pekerja. 

Menjadi mom blogger itu adalah bekerja di balik layar. Tampaknya kami adalah ibu rumah tangga yang memiliki banyak waktu luang. Belum lagi disalahpahami tetangga tidak mau bergaul karena kerjaannya di dalam rumah melulu. 

Oke daripada curhat kepanjangan ini dia kegiatan ngabuburit baik sebagai ibu maupun mom blogger:

multitasking mom

1. Menyiapkan Hidangan Berbuka

Namanya juga mom blogger tugas utama kita tetaplah sebagai ibu dan istri. Rasanya setelah menjadi ibu apa-apa itu lebih enak masak sendiri. Ada yang sama tidak?

Apalagi aku ini merantau kejauhan dan cita rasa masakannya sangat berbeda dengan kampungku. Alhasil aku kurang suka cita rasa masakan orang sini. 

Mau tidak mau aku harus lebih banyak memasak ketimbang beli. Apalagi jaman sekarang mencari resep masakan sangat mudah. Kita bisa berkreasi masakan apa saja di rumah. 

Ngabuburit pun biasanya sudah habis waktunya dengan menyiapkan berbagai hidangan untuk berbuka.  

2. Mendengarkan Ceramah

Bulan puasa ini bulan penuh berkah jadi perbanyak melakukan kebaikan dan kegiatan yang bermanfaat. Mendengarkan ceramah bisa juga dilakukan sembari memasak. 

Sudah banyak saluran youtube atau podcast islami yang berdakwah dengan cara penyampaian asik dan mudah dimengerti.  

3. Menulis Artikel

Ada kalanya kita selesai memasak lebih cepat dan masih punya waktu untuk bersantai. Ada juga ibu yang lelah di dapur dan memilih untuk membeli lauk untuk berbuka. 

Masak setiap hari itu melelahkan kan bu? Lebih melelahkan karena bingung memikirkan menu untuk berbuka. Akhirnya jadi buntu dan mending beli saja.

Ada cukup waktu untuk ibu menulis draft artikel. Bisa saja dapat beberapa kalimat pembukaan. Kalau suasana mendukung bisa jadi setengah artikel. Bisa juga menyusun kerangka tulisan dulu untuk dilanjutkan esok setelah sholat subuh.

4. Mempelajari Skill Baru

Masak sudah, menulis artikel buntu. Boleh lah mengisi waktu sebentar itu dengan mempelajari skill baru. Ada website my skill untuk menambah kemampuan baru kita. Kita bisa kembali mengasah kemampuan bahasa inggris atau malah belajar bahasa baru. 

5. Menyiram Tanaman

Mom bisa meluangkan waktu sejenak untuk menyiram tanaman di halaman atau teras rumah. Cuaca yang sangat terik ini menjadi musuh tanaman hias yang tidak tahan panas.

Penting diperhatikan kelembapan tanah agar tanaman kesayangan tidak mati karena kita keburu lemas untuk menyiramnya. 

6. Berburu Takjil

Bosan di rumah saja saatnya keluar mencari angin segar sambil berburu takjil. Berbuka puasa tanpa hidangan takjil rasanya kurang ramai. Ada berbagai takjil sehat yang bisa mom beli. 

Kesimpulan 

Ngabuburit ramadan bisa dilakukan untuk menunggu waktu berbuka. Ada beragam kegiatan yang bisa dilakukan saat ngabuburit. Paling umum sih berburu takjil. 

Beda kategori usia beda juga kegiatan ngabuburitnya. Sebagai mom blogger tugas utama kita tetaplah menyiapkan hidangan berbuka bagi keluarga. 

Namun kita bisa juga menggunakan waktu yang sedikit itu untuk membuat draft artikel ataupun mempelajari skill baru sambil menunggu waktu berbuka.


De Eka
프라나와 엄마. KDrama Lovers. Jung Yong Hwa fans. Bucinnya Suga & Jekey!

Related Posts

Posting Komentar