iluhnuna

Persiapan Menyambut Ramadan 2024, Jackpot Dong!

Posting Komentar
persiapan menyambut ramadan

Tahun 2024 akhirnya masih bisa dipertemukan lagi dengan bulan ramadan. Ternyata tidak semua orang bisa bertemu lagi dengan bulan penuh keberkahan ini. 

Agak sedih memang mengingat teman yang telah duluan pergi tapi begitulah yang dinamakan takdir. Jadi ini sudah tahun ke berapa bertemu bulan puasa?

Banyak hal dan cerita yang terkumpul selama satu bulan kita menjalankan ibadah puasa. Mungkin karena aku adalah newbie jadi setiap momen puasa yang pernah dilalui masih aku ingat ceritanya. 

Karena setiap bulan puasa yang sudah lewat aku selalu sakit entah dipertengahan atau menjelang akhir. Itulah mengapa setiap bulan puasa tiba aku selalu khawatir dengan diri sendiri. Duh kira-kira kejutan apalagi nih yang terjadi di puasa tahun ini.

Kayaknya selalu ada kejutan dari dalam diri setiap bulan ini tiba. Atau memang karena momen berharga jadi apa yang terjadi seolah spesial saja. 

Ini ceritaku ketika ramadan tiba. Apa cerita kalian?

Persiapan Menyambut Ramadan

Menjelang bulan ramadan banyak yang sibuk melakukan persiapan menyambut ramadan. Tentunya yang harus dipersiapkan adalah fisik agar selalu sehat ketika bulan puasa tiba. 

Selain fisik mental juga ternyata penting dipersiapkan loh. Agar kita tidak mudah terpancing amarah. Agar tidak mudah untuk ikut ajakan bergibah. 

Beberapa hal ini yang perlu kita persiapkan menjelang Ramadan tiba.

keistimewaan bulan ramadan

Menjaga Kesehatan Tubuh

Ini adalah hal penting yang harus dipersiapkan. Jika tubuh sehat insyaallah puasa kita akan aman dan lancar sampai akhir. 

Selain itu kita juga bisa fokus beribadah selama bulan puasa. Bisa ikut sholat taraweh dengan sehat tanpa halangan. 

Konsumsi vitamin dan perbanyak minum air putih adalah persiapan awal sebelum akhirnya bulan Ramadan menyapa.

Mengganti Hutang Puasa

Bagi kaum emak biasanya ada saja halangan yang harus membuat kita tidak bisa ikut berpuasa. Makanya suatu berkah tersendiri jika kita bisa puasa full selama 30 hari.

Sebelum bertemu kembali dengan bulan Ramadan ada baiknya kita harus mengganti hutang puasa sebelumnya.

Meninggalkan Hal Yang Buruk

Sebenarnya meninggalkan hal-hal buruk itu bukan hanya menjelang bulan puasa saja. Tapi memang sudah seharusnya kita mulai perlahan meninggalkan hal-hal buruk yang merugikan diri sendiri.

Tidak mudah memang itulah sebabnya kita memulai dari sesuatu yang kecil. Kita pasti sudah mengetahui keburukan yang akan merugikan diri sendiri. 

Mempersiapkan Kebutuhan Selama Puasa

Biasanya menjelang Ramadan banyak orang mulai menyiapkan berbagai kebutuhan dapur dan kebutuhan selama berpuasa. 

Kita juga perlu mempersiapkan kebutuhan pokok dan kebutuhan selama berpuasa seperti buah kurma, sirup, es batu dll. 

Selain itu kita juga harus tetap memikirkan menu sahur praktis dan menu berbuka yang sehat dan bergizi. Agar kita tetap bisa beraktifitas tanpa lemas. 

Ketika Tubuh Tidak Support

Sudah melakukan persiapan menyambut ramadan dengan harapan puasa aman dan lancar selama 30 hari kedepan. Namun kondisi tubuh memang tidak bisa kita upayakan.

Mencegah sakit tentunya bisa kita upayakan. Apalagi aku memang punya gejala dehidrasi parah jika kekurangan cairan. Hal itu sudah aku persiapkan dari awal agar tidak mengalami dehidrasi akut lagi.

Eh siapa sangka baru satu minggu puasa malah kedatangan tamu (haid). Tidak boleh marah lah cuma kesel saja boleh lah ya.

Selama ini aku tidak pernah yang namanya haid karena memang rutin KB. Karena ada yang pengen nambah anak dengan berat hati aku tidak lanjut KB lagi. 

Kata orang kalau suntik KB bulanan itu bikin haid namun hal itu tidak berlaku di aku. Jadi aku memang sudah sekian lama tidak haid. Meskipun haid paling hanya dikit.

Lha kok pas banget ketika bulan puasa malah kedatangan tamu. Ya mau bagaimana lagi ini namanya kondisi tubuh yang tidak bisa kita prediksikan. 

Hasilnya adalah seminggu puasa aku mendapat jatah libur beberapa hari untuk menuntaskan tamu ini dulu. 

Meskipun tidak ikut puasa dan sahur tapi emak-emak mah tetep ikutan bangun sahur ya buat menyiapkan sahur pak suami. Jadi rasanya pengen mbatin "kenapa harus datang sekarang sih". 


De Eka
프라나와 엄마. KDrama Lovers. Jung Yong Hwa fans. Bucinnya Suga & Jekey!

Related Posts

Posting Komentar