iluhnuna

Manfaat Memiliki Hobi yang Harus Kamu Renungkan

Posting Komentar

 Judul:manfaat memiliki hobi



Pilih dan temukan sumber kebahagianmu sendiri, kemudian jalani dengan rutin. Dengan menemukan sumber kebahagiaan sejati, kita selalu bisa melarikan diri kepadanya setiap kali terasa sesak

-Diyan Yulianto dalam buku Stop Mempersulit Diri-

Bahagia itu kita sendiri yang menentukan. Begitulah kata orang pada umumnya. Memang kita tidak bisa bergantung kebahagiaan kepada orang lain. 

Setiap orang tentu memiliki cara bahagianya tersendiri. Salah satu caranya adalah dengan memiliki hobi. Seperti yang kita tahu hobi merupakan suatu kesukaan. Dimana saat kita melakukannya beban terasa hempas. 

Tentu saja macam-macam hobi itu ada banyak sekali. Tak jarang hobi yang membuat kita bahagia itu kerap kali dipandang sebelah mata. 

Seperti aku yang hobinya adalah menonton drama Korea. Bagi sebagian orang yang tidak paham mereka menganggap kegiatan itu unfaedah, buang-buang waktu, tidak produktif dan semacamnya. 

Padahal kalau kita selami lebih dalam apapun hobi kita tentu saja membawa manfaat. Dari menonton drama Korea aku jadi bisa bahasa Korea. Meski tidak fasih. Manfaat yang sangat terasa adalah aku merasa bahagia tanpa merugikan orang lain. 

Bentuk bahagia dari apa yang kita lakukan itu termasuk me time. Seperti yang kita ketahui sekarang ini me time  sangat dibutuhkan agar kita tetap menjadi manusia yang waras dan bersemangat dalam menjalani kehidupan yang tidak bisa dibilang mudah ini.

Selain sebagai me time apa saja manfaat dari kita memiliki hobi? Ayo kita cari tahu bersama. Baca sampai habis ya.

Apa Sih Manfaat Dari Memiliki Hobi?

Tahukah teman nuna sekalian kalau dengan memiliki hobi kita bisa merasakan berbagai manfaat yang baik untuk diri sendiri. Daripada kita usil dengan kehidupan orang dan akhirnya stress berkepanjangan. Inilah dia manfaat dari memiliki hobi.

1. Memberi Jeda 

Sebagai ibu rumah tangga yang hidupnya adalah 24 jam sebagai satpam rumah tentu saja tidak melulu kita disibukkan dengan kegiatan domestik. Meskipun ketika kerjaan domestik itu datang melanda kita jadi merasa tidak punya waktu luang.

Tapi kerjaan itu ada pasang surutnya bukan. Ketika surut ada baiknya kita mengisi waktu dengan hobi yang menyenangkan, bermanfaat, membuat bahagia dan dapat mengisi ulang energi kita kembali.

Karena memaksa diri menyelesaikan pekerjaan yang tiada habisnya hanya akan membuat lelah sendiri dan akhirnya kita jadi uring-uringan.

2. Menjauhkan Diri Dari Kegiatan Unfaedah

Menekuni suatu hobi juga bisa menghindarkan diri kegiatan yang kurang bermanfaat dan merugikan. Sssst... sebagai emak-emak tentu kita sangat akrab sekali dengan gosip alias gibahan.

Kalo ngegosipin artis ya gak apa-apa sih. Apalagi kita ngegosipin si artis dari berita yang beredar di akun lambe-lambe itu. 

Tapi kan berbeda ya kalau yang digosipin tetangga sendiri. Agak ngga etis ya. Apalagi yang diomongin kebetulan lewat eh bisa basa basi senyum seolah tidak terjadi omongan apa-apa.

3. Sumber Kebahagiaan

Seperti kutipan di atas. Dengan menemukan sumber kebahagiaan kita bisa beralih sejenak dari keruwetan yang menghampiri. 

Memiliki hobi tentu kita sangat dekat dengan sumber kebahagiaan tersebut. Apapun hobi yang membuat bahagia lakukan saja dan jangan peduli apa kata orang. Selama kita tidak merugikan siapapun. 

4. Menambah Teman Sefrekuensi

Ini adalah sekian manfaat dari memiliki hobi yaitu kita jadi bertemu dengan orang baru yang sefrekuensi dengan kita. Bertemu dengan teman baru yang sefrekuensi membuat kita merasa lebih bahagia dan tidak merasa sendiri.

Terlebih orang itu akan lebih memahami dirimu meskipun kita baru bertemu. Bahkan terkadang kita belum pernah bertemu saja rasanya sudah seperti saudara. Inilah yang aku rasakan saat ini.  

5. Wujud Self Love

Mencintai diri sendiri itu lebih susah daripada memberi cinta kepada orang. Terkadang kita sangat keras kepada diri sendiri bahkan kerap kali memaki diri sendiri ketika gagal melakukan sesuatu.

Sebaiknya kita lebih banyak memprioritaskan diri sendiri dengan membebaskan diri melakukan apa yang dicintai. Dengan memberi ruang untuk diri kita sendiri kita akan jadi lebih tegar dalam menghadapi permasalahan hidup.   

6. Menghasilkan Cuan

Pekerjaan terbaik adalah hobi yang dibayar. Seneng banget ya dengernya.

Siapa yang bilang hobi tidak bisa menghasilkan uang. Jika detekuni dan bersungguh-sungguh melakukannya kita bisa menambah pundi-pundi cuan dari melakukan hobi. 

Coba dilihat lagi kegiatan apa yang teman nuna sukai dan kita bisa mengambil peluang dari kegiatan tersebut. 

7. Menyehatkan Badan

Beberapa hobi ada yang memiliki manfaat menyehatkan badan seperti hobi olahraga, mendaki atau berenang. Kita tahu bahwa melakukan aktifitas fisik tersebut sangat baik untuk menjaga kebugaran tubuh. Sehingga kita menjadi lebih sehat dan prima.

8. Mengasah Keterampilan

Hobi yang biasa dilakukan tanpa kita sadari ternyata turut serta mengasah keterampilan dan berdampak positif pada pengembangan diri. Dengan adanya keterampilan baru kita jadi punya nilai lebih untuk dibanggakan.

Sebagai contoh aku yang hobi menonton drama Korea akhirnya tertarik untuk mempelajari bahasa Korea sehingga aku mempunyai keterampilan bahasa baru. 

Dari hobi itu pula aku akhirnya mengembangkan keterampilan menulis ulasan drama dan berakhir terjun di dunia blog. 

Kesimpulan

Hobi merupakan kegiatan atau aktivitas yang kita sukai. Kita merasa bahagia saat melakukan kegiatan tersebut. Manfaat hobi baik bagi kesehatan fisik dan mental. 

Memiliki hobi juga dapat mendatangkan cuan serta keterampilan baru. Bahkan dari keterampilan baru tersebut membawa kita mengembangkan bakat yang bisa saja selama ini terpendam.


De Eka
프라나와 엄마. KDrama Lovers. Jung Yong Hwa fans. Bucinnya Suga & Jekey!

Related Posts

Posting Komentar