iluhnuna

Ketahui 7 Manfaat Me Time untuk Diri Sendiri

Posting Komentar

me time untuk diri sendiri

Setiap orang akan selalu butuh waktu untuk dirinya sendiri. Kita butuh hiburan untuk diri sendiri dan butuh waktu untuk menjadi diri sendiri. Kita memerlukan waktu untuk beristirahat dari segala tugas yang membebani setiap harinya.

Ibu muda adalah kelompok yang paling butuh menikmati me time tapi sekaligus paling sulit untuk mendapatkannya

-Diyan Yulianto dalam buku Stop Mempersulit Diri

Me time untuk diri sendiri bukanlah tanda egois selama tarafnya tidak berlebihan dan tidak juga menggangu orang lain. Ada banyak cara untuk membahagiakan diri sendiri. Setiap orang punya cara me time yang berbeda.

Me time adalah waktu yang dihabiskan seseorang untuk dirinya sendiri, biasanya untuk melakukan kegiatan yang menyenangkan atau relaksasi tanpa gangguan dari orang lain atau lingkungan sekitarnya.

Manfaat Me Time Untuk Diri Sendiri

Meskipun kita tercipta sebagai makhluk sosial yang artinya perlu berinteraksi dengan orang lain tapi ada kalanya kita juga perlu mengambil waktu untuk sendirian.  Ada beberapa manfaat dari me time untuk diri sendiri, di antaranya:

1. Menjaga Keseimbangan Emosional

Me time membantu meredakan stres dan kecemasan yang dapat mempengaruhi keseimbangan emosi kita. 

Meluangkan waktu untuk merenung, bermeditasi, atau melakukan kegiatan lain yang menyenangkan dapat membantu menenangkan pikiran dan mengurangi tingkat stres.

2. Meningkatkan Kreativitas

Meluangkan waktu untuk melakukan hal-hal yang menyenangkan atau kreatif seperti menulis, melukis, atau membuat kerajinan tangan, dapat membantu merangsang imajinasi dan kreativitas.

Kegiatan tersebut dapat membantu meningkatkan kemampuan berpikir dan mendorong kita untuk menciptakan solusi baru dari masalah yang sedang kita hadapi dan dapat juga mengurangi stress

3. Meningkatkan Produktivitas

Me time juga dapat membantu meningkatkan produktivitas. Jika kita sedang merasa lelah atau kelelahan, meluangkan waktu untuk bersantai atau melakukan kegiatan yang menyenangkan dapat membantu memulihkan energi. memperbaiki konsentrasi dan fokus kita. Hal ini dapat membantu meningkatkan produktivitas kita pada akhirnya.

4. Meningkatkan Kualitas Tidur

Meluangkan waktu untuk me time juga dapat membantu meningkatkan kualitas tidur. Saat kita merasa rileks dan tenang, lebih mungkin untuk kita tidur lebih nyenyak dan bangun lebih segar.

5. Meningkatkan Kesehatan Mental

Me time bisa membantu seseorang untuk mengurangi stres dan kecemasan, serta meningkatkan suasana hati dan kesehatan mental. 

Dengan memberikan waktu untuk merenung, meditasi, atau melakukan kegiatan yang menyenangkan, seseorang dapat memperbaiki keseimbangan emosionalnya.

6. Memperkuat Hubungan Interpersonal

Me time dapat membantu seseorang untuk menyeimbangkan kebutuhan sosial dan kebutuhan pribadi. Dengan memberikan waktu untuk diri sendiri, seseorang dapat memperbaiki keseimbangan dalam hubungan interpersonal, karena kita tidak terlalu bergantung pada orang lain untuk memenuhi kebutuhan pribadi.

7. Lebih Memahami Diri Sendiri

Pernah dengar kan kalau lingkungan mempengaruhi diri kita. Setiap hari bersosialisasi tanpa sadar kita bisa berubah mengikuti lingkungan kita. 

Penting bagi diri untuk menyendiri sejenak. Lakukan me time dan pikirkan apa saja yang telah kita lakukan selama ini. Lebih ke arah positif atau negatif. 

Melalui perenungan inilah kita bisa lebih memahami diri sendiri agar tidak hanyut terbawa arus lingkungan. 

Kesimpulan

manfaat me time

Me Time bukanlah sebuah keegoisan diri. Kita semua butuh waktu untuk menikmati hal yang kita sukai tanpa adanya gangguan.

Dengan memberikan me time untuk diri sendiri, seseorang dapat meningkatkan keseimbangan hidup dan memperbaiki kesehatan diri dari dalam. 

Ibu muda atau emak-emak ini adalah sosok yang butuh me time tapi menjadi orang yang paling susah mendapatkannya. Kenapa begitu??

Saat emak bersantai dan berbagi tugas dengan suami biasanya cibiran akan muncul. "enak ya ibunya santai yang momong ayahnya". Pada akhirnya kesempatan me time itu hanya sebuah angan-angan. 


Sumber:

Buku "Stop Mempersulit Diri" Karya Diyan Yulianto

Buku "Seni Mengelola Waktu" Karya Brian Adam


De Eka
프라나와 엄마. KDrama Lovers. Jung Yong Hwa fans. Bucinnya Suga & Jekey!

Related Posts

Posting Komentar