iluhnuna

Berbicara Tentang Hobi, Alasan Dan Macam-Macam Hobi

Posting Komentar
tentang hobi

Aku rasa hampir semua orang pasti punya sesuatu yang disebut hobi. Arti hobi sendiri adalah suatu aktifitas yang dilakukan saat waktu luang untuk menenangkan pikiran. 

Sementara menurut KBBI hobi dapat diartikan sebagai kegemaran, kesenangan istimewa pada waktu senggang, bukan sebagai pekerjaan utama.

Memiliki hobi sering dikaitkan dengan work-life balance. Dengan memiliki hobi kita tetap bisa menikmati hidup dan tidak hanya terpaku pada kerjaan. 

Berbicara tentang hobi, apa hobi teman nuna saat ini??? 

Terkadang hobi itu bisa menuntun kita menemukan pekerjaan baru. Kita jadi bisa bekerja dengan senang karena sesuai dengan hobi kita.

Yang paling penting hobi itu dilakukan tanpa membuat stress atau menambah beban. Jika yang kita lakukan menambah beban berarti hal itu bukanlah hobi.


Macam-Macam Hobi Apa Saja?

Ada banyak macam hobi yang bisa kita lakukan saat mengisi waktu luang. Mungkin beberapa macam hobi dibawah ini bisa membantu teman nuna yang sedang kesulitan menentukan kegemarannya.

1. Memasak

Hobi yang satu ini sangat bermanfaat dan bisa menghasilkan uang juga pastinya. Menghadirkan masakan yang terjamin kesehatannya bagi keluarga memiliki kepuasan tersendiri.

2. Menggambar

Hobi ini erat kaitannya dengan bakat sih. Ada orang yang memang sudah berbakat menggambar sehingga dia menyalurkan bakatnya. Tapi ada juga yang perlu diasah keterampilannya. Sekarang ini sudah banyak kelas menggambar yang diadakan.

3. Travelling 

Siapa sih yang tidak suka jalan-jalan. Aku rasa hampir semua orang suka jalan-jalan. Memiliki hobi travelling bisa sekaligus merambah dunia tulis menulis atau menjadi vlogger.

4. Menyanyi

Hobi ini selain menyenangkan dan menghibur orang bisa membuat kita menghasilkan uang dari menjual suara kita.

5. Berkebun

Selain membuat rumah terlihat hijau dan segar hobi satu ini bermanfaat menentramkan jiwa. Menanam dan merawat bunga jadi sarana healing setelah penat seharian. Melihat tanaman atau bunga bermekaran sangat indah dipandang mata bukan? Kita juga bisa usaha menjual tanaman hias.

6. Menari

Memiliki hobi menari bisa membuat badan sehat karena terus bergerak.

7. Photography 

Memotret setiap momen menjadikan kita bahagia dan memiliki kenangan tak terlupakan. Apalagi dilakukan dengan senang hati.

8. Bermain Game

Sekarang sudah banyak gamers yang bahkan mengadakan kompetisi. Jadi bermain game bisa menghilangkan penat. Asal game yang ringan-ringan dan ngga bikin banyak mikir.

9. Melukis

Melukis hampir sama dengan hobi menggambar. Menyenangkan bisa menghadirkan apa yang ada dalam pikiran dalam bentuk gambar penuh makna. Seperti lukisan karya Jungkook BTS yang selalu memukau.

10. Menulis

Kita bisa jadi blogger untuk menyalurkan hobi menulis. Atau bahkan bisa memulai menulis novel di banyak platform online yang tersedia kini.

11. Bersepeda

Olahraga ringan yang membuat sehat sekaligus bisa menikmati pemandangan. Bersepeda juga menjadi salah satu hobi leader BTS yaitu RM.

12. Memancing

hobi yang membutuhkan kesabaran. Kim Seok Jin BTS adalah salah satu orang yang memiliki hobi memancing. Saking sukanya dia sampai membuat sebuah lagu dari hobinya ini. Sudah pada tahu pastinya. 

13. Bermain Alat Musik

Alat musik ini banyak macamnya. Tinggal sesuaikan dengan apa yang kita sukai. 

14. Menonton

Tontonan saat ini sudah banyak dan bisa diakses melalui platform online. Kita bisa menonton serial indonesia ataupun menonton drama Korea melalui hp. Kalau aku tetep ya sukanya drama Korea.

15. Membaca

Sudah pasti pada tau kalau membaca adalah membuka jendela dunia. Bahkan membaca saat ini bisa dilakukan dari smartphone. Kita bisa membaca buku di aplikasi ipusnas atau membaca novel dan webtoon dari platform online.

16. dan masih banyak lagi


Kenapa Kita Harus Punya Hobi?

Memiliki hobi selain membuat bahagia bisa juga membuat kita menambah ilmu atau mengasah keahlian. Menjalankan hobi juga bisa mengurangi stress dan menghilangkan rasa bosan. 

Ada beberapa alasan lain kenapa kita harus memiliki hobi yaitu

1. Menemukan Hal Baru

Dengan memiliki satu hobi saja kita bisa merubahnya ke dalam hal baru. Seperti yang pernah aku ceritakan bahwa blog khusus drama Koreaku ada karena aku suka menonton drama Korea. Siapa sangka dengan membuka blog, aku banyak belajar hal baru.

2. Mengasah Kemampuan

Lagi-lagi mempunyai blog itu tidak sekedar menulis saja. Ada hal lain yang harus dipelajari. Pada akhirnya aku harus belajar utak atik kode html. Berkenalan dengan berbagai produk google, dll. Yang mengharuskan aku banyak belajar dan mengasah kemampuan baru.

3. Bertemu Orang Baru

Memiliki hobi yang sama membuat kita mencari komunitas yang sama. Dari berkomunitas ini kita jadi mempunyai teman baru yang bisa diajak ngobrol tentang hobi kita. Sangat menyenangkan bertemu orang yang memiliki hobi yang sama.

4. Lebih Produktif

Memiliki waktu luang bisa diisi dengan melakukan hobi sehingga waktu tersebut tidak terbuang percuma. Kita bisa mengatur waktu kita agar tetap bisa menjalankan hobi dan menjadikannya kegiatan yang produktif.

5. Bisa Jadi Sumber Penghasilan

Ada orang yang menekuni hobinya sampai bisa menghasilkan uang dari kegiatan yang disukainya tersebut. Ada yang menjadikan hobi sebagai penghasilan utama ada juga yang menjadikannya penghasilan tambahan. 

6. Bisa Jadi Branding Diri

Orang yang serius mendalami hobinya sampai menjadikannya sumber penghasilan pasti memiliki branding diri. Orang yang memiliki personal branding akan lebih mudah dikenal apalagi di dunia yang serba digital ini.

Ada banyak hal yang bisa dibahas tentang hobi ini. Yang pasti memiliki hobi memberikan manfaat an dampak positif untuk diri kita. Itulah pentingnya orang memiliki salah satu hobi dan jika ditekuni bisa memberikan hasil yang tidak pernah kita duga sebelumnya.


De Eka
프라나와 엄마. KDrama Lovers. Jung Yong Hwa fans. Bucinnya Suga & Jekey!

Related Posts

Posting Komentar