iluhnuna

7 Rekomendasi Hobi yang Positif Untuk Mengembangkan Diri

Posting Komentar
contoh hobi yang positif

Apa yang ada di benak teman nuna ketika mendengar kata mengembangkan diri?. 

Pengembangan diri memiliki arti suatu proses untuk melatih kemampuan, bakat dan potensi diri yang dikembangkan dari pengalaman maupun proses pembelajaran.

Pernah tidak ketika ditanya kemampuan diri kita suka bingung menjawabnya. Kita merasa kalau tidak punya kemampuan apa-apa. 

Padahal kemampuan setiap orang itu sudah pasti berbeda-beda. Lebih seringnya kita tidak menyadari kemampuan yang kita miliki. Sehingga kita tidak pernah bisa untuk mengasahnya.

Sekarang ini kita dimudahkan akses untuk mengetahui segala jenis informasi. Bahkan kelas-kelas maupun seminar tentang menggali potensi diri banyak bertebaran. 

Selain melalui pembelajaran kita juga bisa mengembangkan diri dengan menekuni hobi. Beberapa hobi jika diarahkan dengan benar sangat membantu mengenali potensi diri sehingga kita bisa mengembangkannya.

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi hobi yang positif  untuk mengembangkan diri.

Hobi yang Cocok Untuk Mengembangkan Diri

Ada banyak manfaat dari memiliki hobi. Bahkan ada beberapa orang yang berhasil merubah hobinya tersebut menjadi pekerjaan utama.

Memang tidak semua orang bisa seberuntung itu. Tapi dengan menekuni hobi bisa menjadi salah satu sarana untuk mengembangkan potensi diri. 

1. Menulis

Menulis itu memiliki berbagai manfaat positif bagi diri kita. Manfaat menulis salah satunya mengurangi tingkat stress dan meningkatkan kreativitas.

Bukankah sedari kecil kita sudah diajari menulis. Tentu ada berbagai macam media untuk menulis. Kita pasti pernah menulis buku diary, belajar menulis puisi atau sekedar menulis opini bebas.

Apalagi trend saat ini ada yang disebut menulis journal alias journaling. Jenis journaling pun ada beragam yang bisa teman nuna pilih dan terapkan.

Selain menulis di kertas atau buku kini kita bisa menulis di media mana saja. Bisa memilih menulis di blog seperti yang aku lakukan, menjadi penulis kontributor untuk portal web atau memilih untuk menuangkan ide liar dalam sebuah aplikasi menulis cerita novel. 

Dengan menulis kita jadi belajar mengasah kreativitas dalam mengolah kata yang enak dibaca dan mudah untuk dimengerti. Mengolah ide mentah menjadi suatu karya yang bisa dinikmati oleh orang-orang. Meski tampak mudah nyatanya menulis adalah kemampuan yang perlu untuk selalu dilatih. 

2. Menggambar / Desain

Sama seperti menulis menggambar merupakan hobi positif yang bisa mengembangkan diri kita. Dengan menggambar kita bisa bebas mengekspresikan emosi yang dirasa dalam sebuah karya. 

Menggambar ini juga termasuk dalam hobi yang bisa menghasilkan. Sebab jika ditekuni dan diasah ladang cuan dalam bidang ini terbuka lebar sekali.

Ditambah di era digital seperti ini kita bisa menggunakan berbagai alat desain untuk menghasilkan gambar. Apalagi dengan munculnya AI yang bisa kita manfaatkan untuk membantu kita menghasilkan sebuah karya yang bisa dijual.

3. Memasak

Setiap ibu rumah tangga itu kayaknya wajib bisa masak. Iya ngga sih? Kalau tidak bisa masak itu kayak dipandang sebelah mata terutama sama mertua. 

Memang semua orang bisa memasak tapi tidak semua orang bisa menghasilkan masakan dengan cita rasa yang cocok di lidah banyak orang. Aku sih yakin itu. Cuma memang memasak itu bisa dipelajari. 

Menekuni hobi memasak juga salah satu hobi positif. Minimal kita bisa memberikan sajian sehat untuk keluarga. Camilan kekinian yang lebih sehat untuk anak-anak tercinta.

Positifnya kita jadi terus mengasah kemampuan diri untuk menciptakan menu baru. Oh iya yang lagi trend saat ini ada banyak ibu-ibu yang bikin konten video memasak untuk dibagikan ke facebook ataupun tiktok ya. 

4. Fotografi

Fotografi masih menjadi hobi yang diminati plus bisa menghasilkan. Hobi ini juga memberikan kesenangan karena kita akan bertemu banyak orang. Selain itu bisa sekaligus sarana refreshing.

Biasanya orang yang fokus pada hobi fotografi memiliki komunitas. Dari sana kita tentunya bisa belajar banyak sembari mengasah kemampuan. 

Dari komunitas juga kita membangun relasi yang nantinya memberikan kita peluang untuk mempromosikan jasa kita.

5. Berkebun

Berkebun juga salah satu hobi yang dapat menghasilkan cuan selain memberi kesehatan. Apalagi jaman covid melanda banyak bermunculan tanaman hias baru yang harganya tidak masuk akal.

Meski sudah berlalu, tanaman hias masih diminati hingga kini. Berkebun mengajarkan kita untuk bersabar dan menikmati setiap prosesnya. 

6. Berkemah

Ada yang suka berkemah? Ini berkemah di alam ya teman bukan berkemah ala kekinian yang lagi ramai itu.

Saat pramuka kita pasti pernah diajak berkemah. Bukankah dari berkemah kita bisa jadi punya keahlian baru. Berawal dari mengikuti kegiatan pencinta alam adikku jadi hobi berkemah dan berpergian kadang ke gunung ataupun danau.

Aku pun melihat sisi positif yang muncul dari dalam diri adikku tersebut. Dia jadi punya keterampilan hidup mandiri. Memberi ide atau gagasan yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya. 

7. Menari

Menari juga bisa menjadi salah satu pilihan hobi untuk mengembangkan diri. Pilihan jenis tarian jaman sekarang juga bermacam-macam. Mulai dari tradisional sampai yang tarian modern.

Mengembangkan diri melalui hobi menari bukan sesuatu yang tidak mungkin. Dalam menari kita dilatih untuk tampil percaya diri. Selain itu kita juga akan belajar disiplin. Kita akan belajar menjadi pribadi yang lebih tenang.

Kesimpulan

Hobi yang dilatih dan diarahkan secara khusus nyatanya bisa berdampak positif untuk diri. Ada berbagai macam pilihan hobi yang positif untuk teman nuna coba.

Aku merangkumnya menjadi 7 jenis hobi. Tentu saja masih ada banyak hobi lainnya yang bermanfaat untuk mengembangkan diri kita. 

Intinya kita bisa mengembangkan diri dari melakukan hal yang kita sukai. Sehingga kita tidak akan merasa terbebani apalagi terpaksa. 


Referensi:

https://www.belajarlagi.id/post/7-rekomendasi-kegiatan-pengembangan-diri


De Eka
프라나와 엄마. KDrama Lovers. Jung Yong Hwa fans. Bucinnya Suga & Jekey!

Related Posts

Posting Komentar