iluhnuna

Menjadi Bagian Perjalanan 5 Tahun KLIP

Posting Komentar
kelas literasi ibu profesional


"Jodoh pasti bertemu"

Percaya tidak kalau apapun yang sudah dijodohkan entah kapan atau bagaimana caranya pasti akan bertemu. Ini bukan hanya dalam hal jodoh untuk pasangan hidup ya. 

Teman, kelas, ilmu bahkan pekerjaan itu juga termasuk jodoh dalam hidup. Jika bukan jodohnya kita tidak akan bertemu apalagi bergabung.

Seperti yang ingin aku ceritakan kali ini. Ada yang sudah tahu KLIP? atau pernah dengar tentang Kelas Literasi Ibu Profesional? 

Aku pribadi pernah dengar tapi tidak pernah mencari tahu. Memang ya manusia itu kalau tidak tertarik akan mengabaikan sesuatau yang ada di depan mata.

Makanya aku sebut berjodoh sebab sudah ditolak di depan mata tapi dia terus muncul membawa kabar entah dari orang atau dari media sosialnya. Ini kalau versi manusia sih pepet terus sampai dapet. Apaan dah.

Oke lanjut kita kenalan dulu dengan KLIP. Kelas yang mepetin aku terus sampai akhirnya luluh.

Apa itu Kelas Literasi Ibu Profesional?

komunitas klip

Kelas Literasi Ibu Profesional ini selanjutnya disebut dengan KLIP merupakan wadah untuk belajar konsistensi menulis bagi para ibu-ibu selama 1 tahun penuh. Sangat menantang bukan.

Komunitas ini lahir pada tahun 2019 tepatnya di tanggal 19 Januari. Pendaftaran dibuka setiap tahun mulai 19 Desember - 19 Januari.  

Buat yang tertarik bergabung tunggu tahun depan ya karena tahun ini pendaftarannya sudah ditutup.

Tantangan yang diberikan tentu saja tantangan menulis. Hanya saja media yang digunakan bebas. Tidak harus menggunakan platform blog

Platform yang bisa digunakan untuk setoran bisa menggunakan Google Docs, Sosial media (Facebook, Instagram dsb) dan blog atau web. 

Tulisan yang disetor minimal berjumlah 300 kata di tiga bulan pertama. Lalu meningkat menjadi 400 kata di bulan Mei-Agustus dan 500 kata di bulan September-November. Kita diberikan kebebasan dalam memilih tema tulisan.

Lalu di akhir tahun pada bulan Desember peserta diwajibkan menulis skripsi yang berjumlah minimal 19.000 kata sebagai salah satu syarat kelulusan. Wah berasa kuliah lagi ya.

Selain skripsi syarat lain yang harus terpenuhi adalah memperoleh minimal 9 Good Badge dan tidak boleh 2 bulan berturut-turut tidak mendapatkan badge.

Badge ini dibagi dalam 3 kategori jumlah setoran yaitu

πŸ‘Good Badge untuk 10 setoran per bulan 

πŸ‘Excellent Badge untuk 20 setoran per bulan 

πŸ‘Outstanding Badge untuk 30 setoran per bulan (Februari 27 setoran)

Jadi setiap bulan diharuskan menyetorkan 10 tulisan untuk berada di posisi aman. Apakah teman nuna tertarik untuk menantang diri? 

Memutuskan Bergabung

Sejujurnya aku tahu KLIP sudah agak lama. Pernah melihat postingan salah satu teman di facebook tentang KLIP. Lalu aku minder dengan sendirinya.

Kan ada kata-kata Literasi Ibu Profesional ya. Nah aku kan bukan ibu profesional yang berliterasi. Jadilah aku skip-skip aja. 

Sekian lama berlalu mulai ketemu lagi di instagram dan aku mulai ada rasa kepo atau ingin tahu. Akhirnya aku follow akunnya. Berawal dari itu aku mulai takjub lihat ada rapor tiap bulannya. Mulai ada rasa aku pengen dong ada disana. 

Dalam rapor tersebut ada beberapa nama yang aku kenal. Hanya saja aku memang belum tahu mekanismenya seperti apa. Sampai akhirnya ada seseorang yang bisa aku wawancarai secara santai alias tanya-tanya. 

Sebelum kita memulai sesuatu pasti ada alasan yang menyertai. Awalnya aku sungguh tidak yakin apakah bisa membuat 10 tulisan setiap bulan. Sementara aku mengisi blog tiap bulan hanya 4 tulisan saja sudah terasa berat. Itu pun juga bisa kurang. 

Tapi kita harus mencoba menantang diri. Kalau tidak seperti itu mana kita tahu batas kemampuan diri. Ditambah pula memang tahun 2024 ini aku ingin melatih konsistensi menulis. 

Melihat pencapaian tahun 2023 kemarin banyak yang kurang terutama dari target jumlah tulisan yang aku inginkan. Beruntungnya aku bertemu KLIP yang sedang buka pendaftaran. Akhirnya dengan bismillah aku mengisi form pendaftaran.

Memulai Dengan Acara Syukuran 5 Tahun KLIP 

Pada tanggal 19 Januari 2024 kemarin KLIP mengadakan syukuran 5 tahun. Wah komunitas ini ternyata sudah berusia 5 tahun ya. 

Dalam acara tersebut ada penyambutan untuk anggota baru dan perkenalan tentang komunitas ini. Perkenalan kepengurusan dan tim ketua kelas serta berbagai program kelas yang ada. Ternyata seru sekali acaranya.

Jujur yang bikin aku suka adalah adanya apresiasi yang diberikan. Siapapun kita dan apapun yang kita kerjakan pastinya ingin diapresiasi.

syukuran komunitas klip

Meskipun aku baru bergabung tapi aku bisa merasakan itu. Dengan adanya pemberian badge dan rapor yang dibagikan secara transparan. 

Jadi apa yang kita kerjakan bisa dilihat bersama. Termasuk teman-teman yang bisa meraih peringkat 1. 

Bahkan di acara syukuran tersebut aku merasakan aura acara penganugerahan. Jadi KLIP-ers terbaik selama tahun 2023 dipamerkan nama-namanya semacam acara award gitu. Bikin pengen juga. 

Pertama aku gabung dan ikut tantangan ini langsung ada perayaan acara syukuran seperti ini. Jadi aku merasa momennya sungguh tepat. 

Selamat hari jadi yang ke 5 tahun KLIP semoga bisa terus mengajak ibu-ibu yang rentan dengan rasa stress bisa keluar dari rasa itu. Bisa menyalurkannya dengan berkegiatan yang positif dan menghasilkan karya. 


De Eka
ν”„λΌλ‚˜μ™€ μ—„λ§ˆ. KDrama Lovers. Jung Yong Hwa fans. Bucinnya Suga & Jekey!

Related Posts

Posting Komentar