iluhnuna

Benarkah Hobi Wanita Ini Susah Dimengerti Lelaki?

27 komentar
hobi wanita

Wanita itu konon katanya makhluk yang susah dimengerti. Benarkah demikian?

Memang dalam beberapa hal lelaki itu susah mengartikan kesukaan atau hobi wanita termasuk apa yang diinginkan. Hal itu berkaitan dengan cara pikir yang dari sananya sudah berbeda.

Umum kita tahu sebagian besar wanita lebih menggunakan perasaan sementara lelaki mengutamakan logika. 

Menurut dr. Aisyah Dahlan seorang dokter praktisi neuroparenting yang kerap berbagi tips di media sosial mengatakan jika struktur otak lelaki dan perempuan itu memang berbeda. 

Pria memiliki corpus callosum (serabut saraf yang menghubungkan otak kiri dan otak kanan) lebih tipis. Hal itu menyebabkan otak kiri dan otak kanannya bekerja sendiri-sendiri. 

Sementara pada wanita corpus callosum itu lebih tebal 30% sehingga otak kiri dan otak kanannya bersambungan. Hal itu yang menyebabkan wanita bisa mengerjakan banyak pekerjaan dalam satu waktu atau multitasking.

Dari segi komunikasi juga berbeda. Ketika lelaki sedang fokus, pendengarannya akan menurun. Kemampuan memilah informasi yang masuk juga lebih baik.

Sementara wanita jika memiliki informasi atau masalah, akan terus berputar dalam otaknya. Sampai dia mencurahkannya. Kemampuan komunikasi wanita lebih banyak. Sehingga umumnya wanita perlu mengeluarkan 20.000 kata dalam sehari.

Dari segi pemikiran dan strukturnya saja sudah berbeda maka tak heran jika dalam berbagai hal lelaki merasa susah mengerti wanita. Termasuk hobi umum dikalangan wanita.

Hobi Wanita yang Susah Dimengerti Lelaki

Sama seperti perasaan beberapa hobi wanita ini ternyata susah dimengerti oleh kaum lelaki. Mereka juga tak habis fikir mengapa wanita gemar melakukan hal itu.  Apa sajakah itu?

1. Ngomel, Cerewet

Wanita memang terkenal dengan banyak bicaranya alias cerewet. Apalagi setelah mempunyai anak cerewetnya tidak bisa dibayangkan.

Terkadang lelaki susah memahami hal itu. Seperti penjelasanku diatas bahwasanya wanita perlu mengeluarkan 20.000 kata. Jika dipendam justru berbahaya bagi diri sendiri.

Sebab itulah wanita memang suka bergosip, ngobrol bahkan ngoceh kalau dirumah. Sebenarnya sangat simpel untuk dipahami. Sebagai lelaki cukup dengarkan apa saja yang diucapkan wanita. 

Jika wanita memulai dengan kalimat "eh tau ngga" itu berarti dia hanya ingin didengarkan bukan sedang minta pendapat atau ceramah. Cukup dengarkan dan tanggapi sekedarnya.

Berbeda hal jika dimulai dengan "sebaiknya gimana ya?" atau sejenisnya itu berarti dia butuh masukan atau saran akan ceritanya tersebut. Sebaiknya luangkan waktu sejenak untuk mendengarkan dan memberi saran atau pendapat.   

2. Dandan

Siapa sih wanita yang tidak suka bersolek? Dandan ini termasuk hobi yang bisa mendatangkan cuan loh. 

Aku punya teman yang dia suka sekali dandan. Suatu hari aku minta tolong buat dirias. Dengan senang hati dia merias diriku. 

Lalu akupun nyeletuk kenapa ngga coba buka jasa makeup aja. Hasil makeup kamu loh bagus. Akhirnya dia berani membuka jasa rias wajah baik untuk acara nikahan maupun wisuda.

Jadi kalau wanita suka dandan itu hal yang biasa karena dia ingin membahagiakan diri sendiri dari mempercantik wajahnya. Bahkan jika diasah dan didukung justru membuka peluang yang menghasilkan uang. 

3. Koleksi Merchandise

Anak k-popers tidak lengkap rasanya kalau tidak punya koleksi merchandise. Apalagi pergerakan k-pop sekarang ini semakin masif dari sudut pandangku. 

Tidak hanya menyasar anak muda tapi juga mulai masuk ke dunia para emak-emak. Termasuk aku sih ini. 

Ada tiga jenis penggemar k-pop. Fans yang biasa aja, fans yang mengikuti trend dan fans yang fanatik garis keras. 

Buat fans yang biasa aja ya mereka hanya sekedar penggemar. Menyukai karya mereka, mencintai mereka sewajarnya dan sesadarnya tanpa membawa-bawa mereka ke dunia nyata.

Fans yang mengikuti trend dan fanatik agak susah ya. Pokoknya setiap ada hal yang baru dan trending mereka wajib punya. Mereka akan memamerkan diri bahwa aku adalah penggemar grup A. 

Mereka mulai mengkoleksi berbagai merchandise dari idol tersebut. Semua hal yang berbau grup idolanya. 

Jangan heran wahai lelaki. Itu adalah bentuk self love bagi wanita. Sebagai lelaki janganlah cemburu berlebihan terhadap hobi wanita ini. Karena kita pastinya sadar diri bahwa mereka adalah sosok yang susah digapai.    

Hobi ini bisa mendatangkan uang loh. Koleksi pribadi yang harganya tidak murah untuk beragam produk resmi dan original ini bisa dijual lagi. Bahkan usaha pernak pernik k-pop saat ini sangat laku di pasaran.   

4. Koleksi Lipstik

Wanita hanya memiliki satu warna lipstik itu rasanya 1 berbanding 10 ya. Kebanyakan wanita pasti memiliki lebih dari satu lipstik. 

Bahkan ada yang punya koleksi lipstik semua warna. Mungkin muncul pertanyaan di benak lelaki buat apa punya lipstik sebanyak itu toh bibirnya juga cuma satu.

Sini aku kasih bocoran. Setiap warna memiliki pancarannya tersendiri. Apalagi dipakainya itu sesuai situasi dan kondisi hati. 

Lipstik bagi wanita adalah senjata untuk menampilkan pesona diri. Sehingga tampil lebih fresh tidak pucat bin kusam. 

5. Koleksi Tas

Sama seperti koleksi lipstik wanita juga gemar mengoleksi berbagai tas. Memiliki hanya satu tas itu sangat mustahil. Minimal punya tas khusus untuk dibawa kondangan tersendiri, tas untuk acara arisan tersendiri dan tas untuk pergi sehari-hari.

Menurutku dunia pertemanan wanita itu keras. Wanita itu suka sekali membuat acara kumpul-kumpul yang katanya demi menjaga silaturahmi. 

Kenyataannya setiap pertemuan itu terkadang jadi ajang saling pamer sesuatu. Entah itu tas, sepatu, warna lipstik, baju dll. Maka jangan heran jika wanita itu tidak cukup hanya memiliki satu jenis barang.  

Kesimpulan

Sangat wajar jika lelaki merasa susah memahami berbagai hal yang suka dilakukan wanita karena pada dasarnya struktur otak mereka berbeda.

Memahami hobi wanita apalagi yang dekat dengan kehidupan sehari-hari mungkin terkesan buang waktu, tenaga atau bahkan uang. 

Adanya support seorang lelaki dalam hobi yang dilakukan tersebut bisa saja mendatangkan hasil lebih dari yang diperkirakan.


De Eka
프라나와 엄마. KDrama Lovers. Jung Yong Hwa fans. Bucinnya Suga & Jekey!

Related Posts

27 komentar

  1. Haha...koleksi lipstik. Buat cowo mah sama aja warnanya. Buat cewe, lah shad-enya beda, tint-nya beda, walaupun sama nude...Nah, bener tuh, kalau kumpul-kumpul, mosok bajunya itu-itu lagi, ntar foto di medsos sama...hihi...

    BalasHapus
  2. Kalau mengomel, cerewet, dan berdandan itu menurut saya bukan hobi, tapi sudah bawaan setiap wanita hahaha. hanya kadarnya saja yang berbeda-beda tiap orang.
    Tapi sebenarnya sama saja, Mbak. Banyak juga hobi para pria sulit dimengerti para wanita. Termasuk koleksi mobil mewah hehehe.

    BalasHapus
  3. Ya donggg, cowo mah ngomongnya irit ya. Beda ama cewe, rasanya mulut gatel banget kalau ngga menghabiskan jatah 20.000 kata nya. Masalah dandan dan koleksiannya juga se-abrek. Yakin deh, lipstick mah ngga cukup punya satu! Belum lagi printilan tass ama sepatunya wkwkwk.

    BalasHapus
  4. Duh, untuk nomor 4 dan 5 kok berasa relate banget ya.... Memang lipstick dan tas itu racun yang bikin Emak2 rela merogoh rekening lebih sering, hahaha.

    BalasHapus
  5. Sepertinya relate nih. Istri hobinya mrepet mrepet apalagi klo liat suaminya main HP. Dah tuh ga berenti mrepetnya hehe

    BalasHapus
  6. Perempuan senang mengoleksi barang yg menurut laku-laki nggak perlu dikoleksi. Masih ada barang lama ngapain beli2 kan jadi numpuk. Dari situ aja udah beda ya mba. Pastinya masih banyak lagi perbedaan-perbedaan yang lain, hihi.

    BalasHapus
  7. Kalau cerewet, rasanya itu memang karakter khas perempuan kali ya, Kak. By the way kalau urusan barang koleksi ini, rasanya relatif deh. Perempuan ada yang suka koleksi barang-barang yang menurutnya cantik, demikian juga kaum lelaki, mereka pun ada yang koleksi barang-barang cantik lho. Misalnya saja koleksi berbagai action figure. Ini pengalaman di circle pertemananku sih ya. Its mean, perempuan sama laki-laki memang sudah fitrahnya berbeda untuk saling melengkapi satu sama lain.

    BalasHapus
  8. Ada lagi loh, hobby wanita yang sulit dimengerti. Yaitu, cari barang di mall. Biasanya kalau cari barang itu, harus keluar masuk dari satu toko ke toko yang lainnya. Pas semua toko sudah dikunjungi, barang yang dicari tidak jadi dibeli, malah yang dibeli barang yang tidak dicari sebelumnya. Nah loh (Talif)

    BalasHapus
  9. Apalagi katanya "wanita itu selalu benar" ya kak hihi.
    Dan wajar pula jadinya si Ada Band bikin lagu karena wanita ingin dimengerti 😁
    Apapun sebabnya dan kek gimana hobinya maka cobalah untuk selalu memahami wanita, eeaa

    BalasHapus
  10. Kebetulan punya adik cewek yg hobi koleksi lipstick gak banyak sih baru sekitar 10 an, bingung aja lihat nya hehe

    BalasHapus
  11. Koleksi lipstik ya Allah iya aku banget ahahay. Kadang suami ampe terheran-heran beda warnanya apa? Dari jauh kelihatan sama wkwkwkwk

    BalasHapus
  12. Klau masalah koleksi, pasti koleksi wanita itu seabreg. Setuju banget dengan nih tulisan, tas menjadi salah satu yg banyak dikoleksi, setleah itu jilbab, belum lagi make up nya.

    BalasHapus
  13. Di rumahku tuh, ibuku seneng ngoleksi tas. Sayangnya nggak bisa kupinjem karena selera tas kami berbeda :)) Lucunya, selera tas anak gadisku sama dengan ibuku.

    BalasHapus
  14. aku ingat banget ada teman yang sampai ngebahas kenapa cewek sudah nonton film sama-sama habis nonton filmnya dibahas lagi padahal kan nontonnya bareng. hihi. mungkin maksud teman ini kalau yang satu nggak nonton wajar diceritain lagi lah ini keduanya sudah tahu ceritanya kok malah cerita lagi, wkwkwk

    BalasHapus
  15. Awalnya saya heran kenapa cowok susah ngertiin saya, sampai akhirnya saya punya anak cewek dan akhirnya saya setuju dengan istilah cewek susah di mengerti hahaha tapi memang cewek suka didengarkan tapi gak suka di nasehatin

    BalasHapus
  16. Laki2 harus sabar menghadapi hobi-hobi wanita yg terlihat ecek-ecek gini d mata pria, hehe. KLO aku perkaraipstik cukup punya 2 warna kak. Warna nuansa orange, dan nuansa pink. Cukup itu saja nggak usah berlebihan, yg penting shadenya harus banyak gradasinya, haha.

    BalasHapus
  17. Haha iya ya
    Yg soal lipstik tuh aku banget
    Suamiku sampe bingung lihat koleksi lipstik lipstik ku

    BalasHapus
  18. dari lima hal yang disebutkan di atas hanya poin satu yang melekat denganku. wah tampaknya aku bukan perempuan beneran hahahha (bercanda). Kok kepikiran buat nulis topik ini mbak seru.

    BalasHapus
  19. Kek yang ko ga abis-abis sii..ada aja yang di CO gitu yaa..
    Wkwkkw.. belum lagi diajakin ke Indoapril ato tetangganya, sama aja.. ngendon lama cuma buat milih sheetmask mana yaa.. yang belom dicoba?

    Wkwkwk~
    Tapi aku juga nemu kok, hobi cowo yang aku can't relate juga. Jadi kita sama-sama aja saling memberi ruang.

    BalasHapus
  20. aku pendiem eh hanya cerewet kalau ketemu sefrekuensi, tapi sifat cerewet mulai menyeruak setelah jadi emak beranak tiga, lipsti cukup 2

    BalasHapus
  21. Nomor 1 udh no debat sih. Ga ada yang bisa ngalahin mulut cewek/emak2. Suami/cowok yg pny pacar cewek, mending lo diem aja deh wkt istri/pcr kalian ngomel. Drpd masalah berlarut dan bs menimbulkan masalah baru, mendingan dengerin aja kyk angin lalu. Sambil kasih duit deh.

    BalasHapus
  22. Saya suka koleksi lipstick kak walau sebagian besar warnanya mirip2. Tapi entah kenapa suka aja ngoleksinya dan bener bikin tampilan lebih fresh alias bibir gak pucat

    BalasHapus
  23. Kayaknya cm hobi ngumpulin merchandise yang nggak pernah kulakukan. Entah kenapa ga suka koleksi barang yg ada gambar orangnya. Jadi meski suka Kpop, tp diriku ga pnya koleksi merchandise.

    BalasHapus
  24. nah kan, benr juga fellingku selama ini, hobi wanita emang senengnya ngumpulin apapun yg berkaitan dengan perawatan tubuh, padahal gk semuanya produk kepake, eh tahu-tahu nganggur, hi

    BalasHapus
  25. sepertinya list hobi di atas emang ciri khas wanita banget sih, kecuali cerewet atau suka ngomel ya. kek nya itu mah bukan hobi sih, emang bawaannya aja. wanita kan kosa kata nya banyak banget, hihihi

    BalasHapus
  26. hihi namanya juga wanita yaa xD tapi aku sih udah lama ga mengkoleksi sesuatu, soalnya bikin penuh rumah nanti, bikin cluster (tumpukan barang) ^^

    BalasHapus
  27. Haha iya wanita memang sulit dimengerti, pengen dimengerti tapi nggak mau berusaha biar lelaki bisa ngertiin dia, biasa ngambeknya gak jelas, ditanya diem, didiemin malah makin ngambek alhasil laki2 jadi serba salah. Kelakuan wanita juga kadang bikin laki2 geleng2 kepala ya, seperti hobinya yang doyan koleksi lipstik dengan berbagai shade, ya namanya juga wanita, hihi

    BalasHapus

Posting Komentar