iluhnuna

Sisi Positif Cosplay Hobi Yang Unik Dari Jepang

Posting Komentar
hobi yang unik cosplay

Setelah covid telah lama pergi hari minggu kami kembali menjadi hari minggu pada umumnya. Setidaknya di tempat kami acara car free day sudah mulai aktif lagi. Aktifnya juga sudah cukup lama.

Berbedanya car free day disini berfokus ke stand makanan. Agak berbeda dengan tempat tinggalku dulu yang bisa olahraga keliling dulu baru kembali mengisi perut. 

Jadi tujuan car free day kami kalau disini adalah kulineran dan nongkrong di area playland. Beberapa minggu setiap aku ke area playland ada komunitas anak muda yang suka berkumpul mengenakan kostum unik. 

Ada ibu-ibu yang nyeletuk mempertanyakan segerombolan anak muda dengan pakaian dan dandanan aneh tersebut. Oke mungkin ibu ini belum kenal dengan istilah cosplay, salah satu hobi yang unik dikalangan anak muda.  

Apa Itu Cosplay?

Cosplay berasal dari gabungan kata costume dan play yang diartikan berarti permainan kostum. Cosplay merupakan suatu seni pertunjukkan yang mana peserta yang ikut adalam acara ini akan berdandan dan berpakaian serupa dengan karakter yang akan dibawakan.

Karakter ini biasanya adalah tokoh anime atau kartun bisa juga karakter game. Mereka akan berdandan semirip mungkin dengan tokoh tersebut.

Hobi ini termasuk dalam jajaran hobi yang unik dan mahal. Sebab seorang cosplayer harus melengkapi dirinya dengan pakaian, dandanan serta aksesoris yang mendukung penampilan mereka. 

Dampak Positif Hobi Cosplay

Meski ini termasuk dalam hobi yang mahal jangan salah ternyata hobi yang unik ini ada dampak positifnya bagi diri loh. Ini dia dampak positif yang bisa dirasakan. 

1. Melatih Kreativitas

Memiliki hobi cosplay tentu saja kita akan dilatih untuk kreatif. Bukan hanya dalam pemilihan karakter serta pakaian yang mungkin akan kita buat sendiri. Menyiapkan aksesoris serta make up agar mirip seperti karakter itu membutuhkan kemampuan yang terlatih.

2. Meningkatkan Percaya Diri

Tampil berbeda di banyaknya kerumunan orang-orang tentu saja melatih kita untuk belajar percaya diri. Terlebih dalam pertemuan atau kegiatan cosplay begini kita dituntut mempunyai kemampuan akting yang menggambarkan perilaku khas dari karakter yang kita bawakan.

3. Berkomunitas

Karena memiliki hobi yang sama biasanya kita akan mencari dan bergabung dengan komunitas agar mendapat dukungan dan informasi kegiatan. Dalam berkomunitas kita akan berlatih menyampaikan pendapat, diskusi dan pengambilan keputusan. 

4. Belajar Mengelola Uang

Karena termasuk dalam hobi yang mahal maka kita harus belajar mengelola keuangan. Membuat rincian biaya mulai dari kostum dan perintilannya. Apakah harus membuat atau sewa saja.

5. Belajar Mengelola Waktu

Biasanya jika ada kegiatan tertentu kita dituntut tampil pada waktu yang telah ditentukan. Kita harus bisa memperhitungkan mulai dari persiapan kostum sampai persiapan lainnya yang akan dilakukan. 

Tips Jika Ingin Memulai Cosplay

Setelah mengetahui dampak positifnya adakah teman nuna yang tertarik mencoba hobi cosplay ini? Ini dia tips jika ingin mencoba sebagai cosplayer.

1. Mempunyai Minat 

Hal utama dan terpenting adalah kamu harus memiliki minat terhadap dunia cosplay dan budaya Jepang. Karena Cosplay ini bermula dari budaya Jepang yang terkenal dengan anime serta manga.

2. Gabung Komunitas

Sekarang ini apapun jenis hobinya selalu ada komunitas yang menaunginya. Tentu saja dengan gabung komunitas kita bisa belajar lebih banyak serta memiliki support sistem yang baik. Bertemu dengan banyak orang dengan minat yang sama.

3. Perankan Karakter Yang Disukai

Pelajari tentang karakter yang disukai. Mulai dari sifat, latar belakang hingga kepribadian karakter tersebut. Karena kita akan membawakan atau memerankan tokoh tersebut dalam kehidupan nyata. Jadi harus terlihat sama.

4. Menyiapkan Kostum & Aksesorisnya

Menekuni hobi cosplay tentunya kita harus menyiapkan pakaian yang bisa kita buat sendiri atau bisa sewa dari tempat penyewaan kostum. Selain pakaian kita juga harus menyiapkan aksesoris tambahan seperti wig. Tahu sendiri kan kalau rambut tokoh anime itu rada diluar kebiasaan rambut manusia.  



De Eka
프라나와 엄마. KDrama Lovers. Jung Yong Hwa fans. Bucinnya Suga & Jekey!

Related Posts

Posting Komentar