iluhnuna

Susah, Masih Mau Menulis di Blog?

2 komentar
alasan masih menulis di blog

Halo teman nuna....

Aku mau bertanya sebenarnya ngeblog itu susah atau ngga sih? Menulis di blog saat ini emang masih eksis? Seperti yang kita tahu blog itu kan isinya tulisan ya sedangkan di masa sekarang orang-orang banyak yang beralih menjadi content creator youtube. Ditambah ada aplikasi tiktok yang kini makin naik daun dan lebih menarik. Jadi sempat terlintas di benak emang masih berguna ngeblog di jaman sekarang ini?

Jawaban teman-teman apa??

Kalau kataku sih blog itu masih akan eksis sampai kapanpun. Tapi tidak semua orang bisa menjadi blogger. Karena jadi blogger itu susah. Kalau tidak punya tekad kuat ku yakin akan berhenti di tengah jalan. Apalagi buat blog cuma karena ikut-ikutan.

Jangan Jadi Blogger, Susah

Kalau kalian berfikir dengan membuat blog lalu bisa mendatangkan uang begitu saja kalian salah besar. Karena ternyata jadi blogger itu berat apalagi masih jadi bloger pemula ya macam aku ini. Mungkin dari luar kita tahunya blogger itu enak-enaknya aja. Bisa jalan-jalan, dapet undangan buat staycation dan lain-lainnya.

susah jadi blogger

Padahal jadi blogger itu susah. Apa aja sih susahnya? Yuk kita bahas.

1. Mengumpulkan Pengunjung

Mengumpulkan pengunjung (visitor) bukanlah perkara yang mudah. Butuh waktu dan usaha untuk memperkenalkan blog milik kita kepada orang terlebih google. Apalagi masih blog baru.

Mengandalkan niche juga merupakan persaingan yang cukup ketat. Niche apapun yang kita pilih tentunya kita bukan satu-satunya yang membahas tema tersebut. Ada puluhan bahkan ratusan blogger yang mengambil niche atau bahasan khusus di blog miliknya. 

2. Rajin Menulis Artikel

Blogger itu tugasnya menulis. Jadi kita harus rajin menerbitkan artikel baru. Kita harus rajin mengupdate blog agar pengunjung tidak meninggalkan blog kita. Rajin menggali ide untuk diceritakan. Yakin saja setiap tulisan akan menemukan pembacanya. 

3. Bersaing di Posisi Page One 

Untuk bisa berada di posisi halaman pertama google kita perlu menulis sesuai kaidah SEO dan tentunya harus riset kata kunci sebelum menulis. Meski kita sudah menerapkan hal tersebut terkadang posisi halaman pertama Google juga dilihat berdasarkan usia blog.

4. Butuh Waktu Menghasilkan Uang

Menjadi blogger itu butuh proses yang tidak sebentar. Untuk bisa mendapatkan uang dari blog ada yang butuh waktu bertahun-tahun. Minimal butuh waktu satu tahun. 

Mengandalkan adsense pun tidak mudah. Untuk bisa diterima menjadi publisher adsense bisa dikatakan susah-susah gampang. Meski telah berhasil menjadi publisher kalian harus mempunyai jumlah pengunjung yang banyak dan stabil untuk bisa mencairkan hasil iklan dari adsense. 

Meski Susah Aku....

Menjadi blogger itu susah, berat. Iya susah dan berat kalau orientasi kita adalah uang. Pernahkan kalian bertanya pada diri sendiri untuk apa aku menulis di blog??

Kalau aku awalnya tentu saja karena aku butuh uang. Resign dan tidak punya penghasilan sendiri rasanya ada yang hilang dalam diri. Ternyata ngga semudah bikin blog, diisi artikel lalu ada uang masuk. Big No. 

Lalu apakah aku nyerah? Tidak dong. Semakin berkenalan dengan blog dan menerbitkan tulisan aku merasa bahagia. Lambat laun aku menyampingkan "uang" itu. Kalau dilihat tulisan awal terbit di blog itu cukup sederhana. Tidak kenal aturan heading, SEO, keyword dll. 

Saat itu belum kenal yang namanya beli domain jadi masih pake embel-embel blogspot. Berproses dan belajar dari mana saja. Sampai kenal gaya tulisan blogger lainnya. Mulai mengamati dan meniru. Awal-awal menjadi blogger itu seru lho. 

Kalau kita berfokus pada point susahnya ya pasti susah. Bahkan sampai saat ini pun aku masih dititik susah. Mengumpulkan pengunjung, rajin update, mengejar page one. Sampai saat ini masih aku lakukan bahkan pengunjung pun sangat kalah dibanding blogger lainnya.

Aku tertegun dengan kata salah satu blogger yang pernah kubaca tulisannya. Mba Reisha namanya. Ini ku kutip dari salah satu artikel tulisan beliau dalam blog reisha.net

"Saya menulis terutama untuk kepuasan pribadi, makanya saya tidak ambil pusing dengan konten seperti apa yang lebih disukai banyak orang"

 Aku membaca itu seperti kembali menyadarkan diriku. Dari awal aku menulis di blog aku merasa bahagia tanpa beban. Tapi beberapa bulan terakhir ini aku mulai merasa menuntut diriku. 

Aku mulai membandingkan diriku dengan blogger lain yang tentu saja kondisinya berbeda denganku. Hasilnya aku jadi hilang arah dan hilang gairah. Aku seperti bertengkar dengan diri sendiri. Aku merasa dikejar tapi entah siapa yang mengejar. 

Berambisi itu penting tapi sebaiknya melihat kemampuan diri juga. 

Meski ngeblog itu susah aku tetap menulis di di platform blog pilihanku. Selama mesin pencari masih ada maka blogger masih ada. 

Ketika orang mencari sesuatu mereka akan mencari di Google terlebih dahulu. Meski sudah ada youtube tapi aku yakin masih banyak orang yang mencari informasi dengan membaca daripada menonton video. 

 Alasan Masih Mau Menulis di Blog

Masih mau menulis di blog? Mau dong. Dulu sekali aku emang pernah bercita-cita jadi penulis dan sekarang sudah menemukan wadahnya. Alhasil sekarang ini bisa dibilang lagi belajar menulis. Karena menghasilkan tulisan yang enak dibaca itu perlu banyak latihan. 

Selain sebagai sarana belajar menulis ada alasan lain aku masih mau menulis di blog.

alasan masih mau menulis di blog

a. Tulisan Mudah Dibagikan

Tulisan di blog bisa dibagikan ke siapa saja dan mudah dijangkau siapa saja. Anggaplah semua orang saat ini sudah melek internet. Tulisan yang telah publish di blog akan berbentuk link. Jika ada yang butuh informasi kita bisa dengan mudah membagikan tulisan kita. Tinggal copykan link tulisan sudah bisa dibagikan kepada siapa saja.

b. Rapi Terstruktur

Menulis di blog tak ada bedanya dengan menulis di Ms.Office. Kita bisa membuat judul, sub judul terstruktur. Mau rata kanan, kiri, kanan kiri juga bisa. Bahkan tampilannya bisa lebih menarik sesuai dengan template blog yang kita gunakan.

Menulis di blog juga bisa panjang tidak terbatas karakter seperti di media sosial. Penyimpanan rapi karena bisa dikelompokkan berdasarkan label yang kita buat sendiri. Bahkan arsip pertahun juga ada.

c. Mudah Dicari

Di blog kita juga bisa membuat daftar isi layaknya buku yang menampilkan seluruh judul artikel yang telah kita publish. Jadi artikel lama pun lebih mudah dicari. Atau bisa langsung pakai tombol search untuk mencari artikel yang kita masih ingat judul atau kata kuncinya. Mudah dan cepat.

d. Belajar Banyak Hal

Selain belajar menulis yang baik, dengan ngeblog juga kita belajar mempercantik tulisan dengan gambar ataupun infografis. Apalagi sudah ada aplikasi Canva yang sangat membantu. 

Belajar mempercantik tampilan blog bahkan sampai harus belajar kode-kode html lho. Intinya kalau kita terjun ke dunia blogging kita akan belajar banyak hal tidak melulu menulis dan menulis. 

Itu dia sedikit cerita betapa susahnya ngeblog tapi tetap ingin menulis di blog. Blogger masih ada selama mesin pencari tetap ada. Karena google kenalnya dengan website atau blog. Apakah teman-teman masih mau menulis di blog? Yuk sharing

De Eka
프라나와 엄마. KDrama Lovers. Jung Yong Hwa fans.

Related Posts

2 komentar

  1. Mbak eka, ini tulisannya kok mak tratap ya kalo aku baca.. baca sambil nunjuk diri sendiri haha. Ngena banget kalimat 'kalo fokus di poin susahnya ya pasti susah' itu bener. Jadi yah emang nggak perlu terlalu menuntut diri sendiri sih mbak ya, walaupun tetap harus progresif. Aku juga setuju, menulis kalimat yang enak dibaca itu ternyata butuh latihan

    BalasHapus
  2. ini juga curhatan diri sendiri sih mba... iya mba tetap produktif tapi jangan sampai terlalu menekan diri sendiri

    BalasHapus

Posting Komentar