iluhnuna

Tips Memilih Hobi Untuk Ibu Rumah Tangga

Posting Komentar
cara memilih hobi untuk IRT

Perempuan setelah menikah dihadapkan pada dua pilihan. Melanjutkan sebagai wanita karier atau memilih mengurus keluarga. Ataupun bisa melakukan keduanya sekaligus. Apapun pilihannya tetap ada sisi positif dan negatifnya.

Memilih menjadi ibu rumah tangga memang sedikit mengurangi kebebasan dalam bergaul dan bersosialisasi. Circle pertemanan pun kurang luas. Terlebih lagi pemasukan hanya berasal dari satu pintu yaitu suami.

Memang suami yang baik akan mengerti dan selalu berusaha memenuhi kebutuhan istri dan anaknya. Tapi pernah kan kita sebagai istri merasa jenuh dan gabut dirumah saja. 

Sebagai istri hampir 24 jam kita selalu berada di rumah. Selama 24 jam tersebut pasti ada waktu dimana kita santai dan memiliki waktu luang. Semakin bertambah dewasa anak semakin banyak pula waktu luang yang kita miliki.

Apa yang ibu lakukan ketika memiliki waktu luang? Waktu luang itu bisa kita isi dengan melakukan hobi. Sebagaimana definisi hobi yaitu kegiatan menyenangkan yang dilakukan disaat waktu luang.

Ada beragam hobi yang bisa kita lakukan. Tapi bagaimana jika ibu susah menemukan sesuatu yang menyenangkan untuk dilakukan? Ini dia tips memilih hobi yang bisa ibu coba. 

Tips Memilih Hobi Untuk Ibu Rumah Tangga

Memilih hobi sebenarnya tidak susah. Tapi mungkin ada sebagian orang ada yang merasa belum menemukan hobi yang tepat untuk dirinya. 

Tentunya ada banyak faktor yang menjadi penyebab seseorang dikatakan tidak memiliki hobi. Salah satunya adalah kesibukan yang cukup intens sehingga dia tidak bisa meluangkan waktunya untuk dirinya sendiri.

Menurutku seberapa pun sibuknya kita ada baiknya kita juga memiliki waktu untuk melakukan kegiatan yang kita sukai. 

Meskipun sebagai ibu rumah tangga yang konon katanya enak diam dirumah saja. Padahal aslinya sih kita lelah mendekati stress ya bu... cuma tidak kelihatan saja.  

Berikut beberapa tips yang bisa ibu coba jika merasa kesusahan menemukan minat terhadap sesuatu.

1. Kenali Kepribadian Diri

Setiap manusia pastinya memiliki kepribadian yang berbeda yang menjadi ciri khas individu tersebut. Kepribadian yang kita miliki setidaknya berpengaruh pada keseharian kita menjalani hidup ini.

Dalam ilmu psikologi ada pengelompokan kepribadian yang didasari dengan melihat gairah manusia saat melakukan interaksi sosial. Ada yang disebut berkepribadian introver dan ekstrover.

Introver merupakan sikap orang yang berorientasi ke dalam diri sendiri. Mereka cenderung fokus pada pikiran, perasaan, atau suasana hati dalam dirinya daripada mencari dorongan dari luar. Kepribadiaan ini cenderung lebih suka menyendiri dengan suasana tenang.

Ekstrover adalah sikat atau karakter yang mempunyai orientasi lebih banyak keluar daripada ke dalam dirinya sendiri. Mereka menyukai lingkungan yang interaktif, antusias bergaul dengan orang baru. 

Dengan mengenali kepribadian diri memudahkan kita untuk berfokus pada bidang yang ingin kita tekuni. Karena mencoba melawan kepribadian diri yang sudah tertanam tersebut sangat melelahkan bun...

2. Stop Berprasangka Buruk

Sebelum memulai sesuatu pasti kita pernah merasa khawatir berlebihan. Terus dipikirkan dan ditimbang matang-matang sampai bikin overthinking. 

Ini aku banget. Bahkan suami itu sering berkata sesuatu yang belum terjadi itu jangan ditakutkan. Itu kalimat andalan dia. 

Tentu saja kalimat itu ada benarnya. Sebelum kita mencoba kita tidak akan tahu hasilnya. Kalau kata Shin Ha Ru dalam drama Brain Works

"Satu percobaan lebih baik daripada hanya berfikir"

Jadi apapun yang ingin dilakukan coba saja dulu. Jika hasilnya tidak sesuai harapan maka kita bisa menjadikannya pengalaman dan pelajaran. 

3. Membuka Kenangan

Coba diingat kembali apa saja hal yang membuat ibu bahagia ketika masih lajang. Apakah memungkinkan hal itu dilakukan dengan kondisi saat ini?

Biasanya karena kesibukan dan peran yang berubah kita terkadang lupa dengan beberapa hal yang pernah membuat kita bersemangat. 

4. Menulis Kesukaan & Hal yang Ingin Dipelajari

Jika membuka kenangan lama masih tidak berhasil cobalah untuk menulis rincian hal yang ibu sukai. Kegiatan yang membuat ibu bersemangat ketika melakukannya bukan karena tuntutan.

Beberapa hobi memang bisa dijalankan berbarengan sebagai sumber penghasilan. Tapi jika kita baru memulai tentu butuh waktu untuk mencoba dan belajar.

Selain menuliskan daftar kesukaan bisa juga menuliskan hal-hal yang ingin dipelajari. Misalkan mempelajari bahasa asing. Belajar bahasa asing sekarang juga lebih mudah. 

Ada beberapa orang atau kelompok yang membuka kelas belajar bahasa asing dari yang gratis sampai berbayar. Cobalah untuk mencari informasinya lagi. Biasanya ada banyak di media sosial.   

5. Panutan

Siapakah orang yang bisa ibu jadikan sumber inspirasi dalam beraktifitas?

Memiliki seorang panutan juga bisa membantu kita menemukan hobi yang bisa kita tekuni. Entah itu selebriti atau orang biasa.

Dulu sekali sebelum memutuskan menulis di blog ada seseorang yang menjadi bintang tamu di sebuah acara tv. Acaranya saat ini sih sudah bubar. Orang tersebutlah yang memantapkan aku untuk memulai hobi sebagai penulis blog. 

Orangnya dari kalangan biasa dan dia berhasil melakukan hal tersebut sampai diundang di suatu acara karena menjalankan hobinya itu. Dan itu menginspirasi diriku. 

6. Rasakan Manfaat

Ada banyak manfaat dari memiliki hobi. Cobalah banyak kegiatan yang bisa kita lakukan lalu pilih salah satunya. Rasakan manfaat dari kita melakukan kegiatan tersebut. 

Jika suka ibu bisa terus melanjutkan kegiatan tersebut sebagai pengisi waktu luang. Dan yang patut diingat adalah jangan terbebani dengan hobi yang kita miliki. 

7.  Pertimbangkan Biaya

Beberapa hobi ada yang mengharuskan kita untuk mengeluarkan biaya. Misalkan hobi membaca, kita harus menyisihkan sebagian uang untuk membeli buku. 

Seperti hobi bersepeda ada biaya yang harus dikeluarkan untuk membeli sepeda dan perlengkapannya belum lagi menyiapkan tempat untuk menaruh sepeda tersebut ketika tidak digunakan.

Kesimpulan

Sebagai ibu rumah tangga penting juga untuk memiliki hobi. Karena pekerjaan sebagai ibu rumah tangga itu rentan stress dan jenuh. 

Untuk menghindari hal- hal yang berbau negatif ada baiknya kita memilih hobi dengan mempertimbangkan 7 tips diatas. Dengan memiliki hobi kita akan merasakan hal yang positif dalam diri kita. Cobalah...

 


Referensi 

Rachmawati, Desy. 2023. Knowing Your Personality. Penerbit Brilliant


De Eka
프라나와 엄마. KDrama Lovers. Jung Yong Hwa fans. Bucinnya Suga & Jekey!

Related Posts

Posting Komentar