iluhnuna

7 Cara Membuat Artikel Yang Menarik Untuk Dibaca

Posting Komentar
cara membuat artikel yang menarik untuk dibaca

Aku suka menulis jadi aku harus mencoba menulis. Ada banyak platform yang bisa dijadikan wadah untuk kita belajar menulis artikel dan aku memilih blog.

Pertama kali menulis di blog aku hanya sekedar menulis berdasarkan contoh yang kerap kali aku lihat di situs-situs ketika aku berselancar di google. 

"Oh mudah!" begitu pikirku...

Mudah memang. Tapi apakah artikel yang dibuat itu sudah menarik bagi pembaca? 

Membuat artikel yang menarik untuk dibaca itu perlu latihan dan juga bimbingan. Itulah mengapa sebaiknya kita perlu ikut kelas agar pengetahuan bertambah dan gabung komunitas untuk menambah relasi.

Bagaimana sih cara membuat artikel yang menarik untuk dibaca? Baca sampai habis ya.

Cara Membuat Artikel Menarik Bikin Pembaca Betah

Bagi pemula menulis artikel yang baik itu pasti susah. Tapi tidak mengapa. Akupun dulu mengalami itu. Saat memulai menulis di blog tanpa teman dan komunitas aku hanya menulis dan menaruh gambar.

cara membuat pembaca betah

Artikel yang menarik, rapi dan enak dibaca itu pasti bikin pembaca betah dan nyaman. Apa saja yang harus diperhatikan? 

1. Judul Menarik dan Relevan

Ibarat bertemu dengan orang, yang pertama kita lihat adalah penampilannya. Begitu juga artikel. Dari sekian banyak judul yang muncul saat kita mencari sesuatu, kita pasti memilih judul yang menarik dan menimbulkan rasa penasaran.

Judul yang menarik memang membantu menggaet pembaca namun juga harus diperhatikan relevansi judul dengan isi. 

Jangan sampai pembaca merasa tertipu. Judul yang diberikan sudah bagus tapi isinya sangat jauh alias clickbait.  

2. Menggunakan Rata Kiri

Dulu aku membuat artikel dengan rata kanan kiri atau justify. Aku pikir artikel begitu akan enak dibaca karena terlihat rapi. 

Namun aku mendapat komentar, kalau artikel di blog itu lebih baik pakai rata kiri atau align left. Karena pembaca itu lebih banyak membaca menggunakan smartphone. Dan mata pembaca kita sudah terbiasa membaca tulisan yang rata kiri.

Untuk justify itu lebih cocok bagi jurnal ilmiah yang publish dalam bentuk pdf atau e-jurnal. 

3. Pecah Dengan Subjudul

Adakah yang masih nulis lempeng aja terus dari awal sampai akhir? Sebaiknya mulai diubah yuk. 

Dulu aku juga begitu karena tidak tahu ilmunya. Apalagi tulisan yang kita buat cukup panjang. 

Coba pecah tulisan itu dengan subjudul. Seperti kita menulis karya ilmiah atau skripsi. Hanya saja ini lebih pendek pembahasannya.

Buat subjudul yang saling terkait dan masih menggambarkan keseluruhan artikel. 

4. Paragraf Singkat

Menulis artikel di website itu tampilannya akan berbeda jika dibaca melalui laptop atau smartphone. Itulah sebabnya kita perlu membuat paragraf yang pendek-pendek saja agar pembaca tidak jenuh.

Buatlah paragraf yang terdiri dari 2-3 kalimat saja. Memang akan terlihat jarang-jarang jika dibaca menggunakan laptop tapi percayalah ini lebih enak dibaca.

5. Gunakan Penomoran atau Poin

Pernah membaca artikel tips bukan? Biasanya artikel tips menjabarkan isinya dengan menggunakan penomoran atau poin untuk menjelaskannya. Sama juga seperti tulisan yang sedang kalian baca ini. 

Hal ini juga memudahkan untuk dibaca dan dipahami oleh pembaca. Apalagi bagi pembaca yang suka membaca skimming.

6. Sertakan Gambar

Gambar dalam artikel ini memberi peran yang sangat penting. Selain sebagai pemanis, adanya gambar juga bisa menjadi jeda saat membaca. Pastikan gambar yang dimasukkan masih berkaitan dengan isi artikel. 

7. Beri Kesimpulan

Akhiri penulisan dengan memberi kesimpulan untuk merangkum penjabaran yang kita buat. Dalam kesimpulan juga kita bisa menyertakan ajakan untuk saling sharing dengan berkomentar.

Kenapa Harus Membuat Artikel Yang Menarik Untuk Dibaca?

Sebelumnya apa tujuan kita menulis artikel? Tujuan itulah yang akan jadi jawaban dari pertanyaan ini. Bagi beberapa orang menulis adalah menyalurkan hobi

Jadi fokusnya adalah berbagi tulisan dan melegakan pikiran. Karena manfaat menulis baik bagi kesehatan mental.

Ada juga yang memilih jadi penulis untuk berbagi dan menjaring banyak pembaca. Jika tulisan kita baik dan menarik dibaca, kemungkinan artikel kita akan menjangkau lebih banyak orang.

Maka trafik atau jumlah pembaca yang datang ke blog untuk membaca artikel tersebut akan meningkat. 

Kesimpulan

Memiliki hobi menulis, kita harus belajar menuangkannya dalam bentuk menulis. Salah satunya ada pilihan menulis artikel. Ada berbagai platform yang bisa digunakan untuk menulis artikel. 

Menulis artikel bisa dibilang memiliki tantangan sendiri. Salah satunya adalah artikel yang menarik untuk dibaca. 

Aku sudah merangkum 7 cara membuat artikel yang menarik untuk dibaca dan bikin betah pembaca. Jangan segan untuk dipraktekkan ya.   


De Eka
프라나와 엄마. KDrama Lovers. Jung Yong Hwa fans. Bucinnya Suga & Jekey!

Related Posts

Posting Komentar