iluhnuna

7 Alasan Mengapa Aku Memilih Jadi Penulis

Posting Komentar
alasan pilih jadi penulis

Menulis merupakan kegiatan yang akrab dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan dalam sekolah saja ada pelajaran belajar menulis cerita.

Meski kegiatan menulis adalah hal yang biasa kita lakukan, akan berbeda jika menulis itu dijadikan suatu profesi.

Adakah teman nuna yang saat ini sebagai penulis? Apakah menjadi penulis merupakan cita-cita dari kecil atau masuk karena suatu ketidaksengajaan?

Mengapa akhirnya memilih jadi penulis? Ini adalah alasanku memilih menggeluti bidang kepenulisan. 

Alasan Memilih Jadi Penulis

Jika mengingat jaman SMA dulu ada ekstra yang berkaitan dengan kepenulisan. Saat itu aku pribadi merasa tertarik tapi sayang nyali masa putih abu-abu itu masih belum terbentuk.

Dulu kalau bercita-cita jadi penulis itu kurang didukung. Anggapannya adalah penulis bukan suatu pekerjaan yang menjanjikan. Tentu berbeda dengan jaman sekarang. 

Meski begitu dari dulu aku tetap ingin jadi penulis. Apa yang melatarbelakangi keinginan tersebut?

1. Suka Menulis

Alasan pertama sih ya karena dari dulu aku itu suka menulis. Zaman sekolah itu suka mencatat. Hal-hal yang berbau tulisan tangan itu aku suka sekali. 

Zaman dulu masih lekat dengan dear diary kan. Dan diary itu masih ada sampai sekarang yang kalau dibaca lagi bikin geli sendiri.

Karena hobi menulis itu kelabilan saat masa remaja itu tersalurkan dengan baik. Pada saat itu masih jaman facebook. Jadi kadang galau di facebook ya lebih menggalau lagi di tulis dalam buku harian. 

Apalagi manfaat menulis itu baik bagi kesehatan pikiran. 

2. Suka Membaca

Menulis dan membaca itu bagaikan paket komplit tak terpisah. Karena suka membaca tentu kita akan terinspirasi. Apalagi ada slogan membaca adalah jendela dunia. 

Dari suka membaca itu biasanya akan muncul rasa ingin menjadi penulis dan membuat sebuah karya juga. Sekarang ini kita sudah punya pilihan untuk membaca buku fisik atau membaca online dari smartphone. 

3. Cita-Cita Jadi Penulis

cita-cita jadi penulis

Setiap orang pastinya punya cita-cita. Begitu pula aku yang masih bercita-cita menjadi penulis novel. 

Kini jarang aku temui remaja yang bercita-cita menjadi penulis. Kebanyakan dari mereka melihat profesi yang sering ditemui di kehidupan sehari-hari. 

Meskipun kini cita-cita mereka sudah mulai bergeser ke arah dunia digital seperti ingin menjadi youtuber atau content creator. Padahal jika kita cari tahu lebih dalam lagi, pekerjaan penulis di era digital kini semakin beragam. 

4. Berbagi Pengalaman

Menulis juga bisa sebagai sarana untuk berbagi pengalaman. Saat ini media menulis ada banyak. Tinggal kita sesuaikan dengan minat dan kemudahan aksesnya.

Dengan menulis kita bisa membagi pengalaman berharga atau pengalaman memecahkan suatu masalah. Pengalaman ini bisa jadi untuk mengedukasi ataupun menginspirasi orang. 

5. Menambah Pertemanan

Menjadi penulis juga membuat kita jadi banyak teman sekaligus dikenal banyak orang. Biasanya penulis itu memiliki komunitas. 

Dalam komunitas itulah kita saling dukung karya dan menumbuhkan semangat juang menghadapi rasa malas. 

6. Produktif

Menjadi penulis itu bekerja di belakang layar. Ada orang yang menjadi fulltime writer ada juga yang freelance.

Sebagai ibu rumah tangga memilih jadi penulis itu pekerjaan yang cocok karena waktunya bisa fleksibel. Bisa dikerjakan di rumah sambil menjaga anak. Ibu juga jadi lebih produktif dan terus belajar. 

7. Dapat Uang

Menjadikan materi sebagai alasan bukanlah hal yang matre. Karena kenyataannya kita semua butuh uang untuk hidup. Meski memang ada orang yang menulis karena murni menyalurkan hobi menulisnya.

Tapi kemampuan menulis yang terus diasah lama-lama bisa mendatangkan penghasilan juga. Zaman sekarang ini ada banyak platform yang mau membayar tulisan yang kita buat. 

Bayarannya juga lumayan untuk menambah uang jajan anak dan pastinya kita mendapat uang dari hobi yang kita lakukan. 

Rencana Kedepan Sebagai Penulis

Menekuni dunia tulis menulis sampai saat ini tentu saja aku mempunyai impian jangka panjang. Menulis itu bagiku kemampuan yang harus terus diasah dan digunakan. 

Aku tidak ingin membuat impian yang harus dicapai dalam kurun waktu tertentu. Aku lebih suka mengikuti arus perlahan dengan tetap membuat tujuan. 

Hal yang ingin aku wujudkan perlahan sebagai penulis adalah:

-Ikut proyek buku Antologi 

-Menerbitkan karya di salah satu media cetak

-Terus menulis di blog yang bermanfaat bagi pembaca

-Mendapat penghasilan dari menulis

Kesimpulan

Menulis adalah kegiatan yang bisa dibilang gampang tapi juga susah. Padahal kegiatan ini sangat dekat dengan keseharian kita. 

Aku mempunyai 7 alasan mengapa memilih menjadi penulis dan harapan yang ingin aku wujudkan perlahan tapi pasti.

ayo kita cerita apa alasan kalian menjadi penulis?  


De Eka
프라나와 엄마. KDrama Lovers. Jung Yong Hwa fans. Bucinnya Suga & Jekey!

Related Posts

Posting Komentar