iluhnuna

Yuk! Bijak Menggunakan Media Sosial

Posting Komentar

bijak-menggunakan-media-sosial

Aktifitas jaman sekarang ini tidak jauh dari yang namanya komunikasi lewat media sosial. Mulai dari instagram, facebook, whatsapp, telegram, bahkan tiktok. Jangan-jangan semua itu terinstal di hp kita ya?. Bermedia sosial itu punya dampak positif maupun negatif. Tergantung kita sebagai pengguna ingin menggunakan medsos tersebut untuk kegiatan apa. Banyak juga yang salah dalam menggunakan media sosial sampai jatuh ke ranah hukum. Bahkan kita sudah sering mendengarnya di berita-berita bukan. 


Bijak Menggunakan Media Sosial

Namanya juga media sosial kita bisa dengan mudah berinteraksi dengan pengguna lainnya tanpa dibatasi ruang dan waktu. Karena kemudahan tersebut kita sering lupa bahwa ada etika juga didalamnya. Kita bisa kok menggunakan media sosial dengan bijak tanpa merugikan orang lain dan diri sendiri. 


1. Jangan Curhat di Medsos

Bagi saya pribadi sarana curhat terbaik adalah menulis di buku diary. Bagi yang punya blog kalian juga bisa curhat di blog pribadi kalian tapi tentunya ada batasan-batasan kata yang tidak boleh dikatakan. Sangat tidak sopan jika kita berkata-kata kasar di medsos apalagi kata itu ditujukan kepada orang lain. Jika orang tersebut membacanya dan tersinggung bisakah kita mempertanggungjawabkannya? 

Menulis diary juga merupakan self healing karena kita bebas bercerita menggunakan kata apapun. Saat kita lagi kesel sama seseorang kita juga bebas mengatakan apapun. Mengeluarkan unek-unek dalam pikiran tanpa harus memikirkan kata-kata indah. 


2. Jaga Etika

Sama seperti saat kita menjaga ucapan ketika ngobrol dengan orang, kita juga harus menjaga jari agar tidak mengetik komentar negatif dalam postingan orang. Jika tidak suka dengan postingan mereka lebih baik tidak usah komentar dan lewatkan saja. Sama seperti kita menjaga image di dunia nyata kita juga harus jaga image kita di dunia maya. Apalagi teman di medsos juga teman di dunia nyata.


3. Filter Akun Yang Diikuti 

Yang namanya penyakit hati (iri) pasti ada dalam diri orang. Pentingnya kita memfilter akun yang kita ikuti. Ingat medsos itu ngga jauh dari kata "pamer". Ada orang yang suka posting makanan enak, jalan-jalan dll. Tanya pada diri sendiri apakah kita merasa terganggu melihat akun tersebut. 

Banyak kok akun bermanfaat di medsos. Ada akun yang suka membagikan pelajaran, tips, atau hal-hal lucu. Jadi ketika kalian gabut lalu scrolling medsos dan makin tertekan melihat akun teman yang isinya jalan-jalan atau apalah yang mengganggu hati. Lebih baik bersih-bersih akun dan ganti dengan yang bermanfaat. 


Ingatlah media sosial itu bisa berdampak baik dan juga buruk tergantung penggunanya. Bagi yang sedang membuka usaha kalian pasti akan terbantu dengan adanya medsos. Kalian bisa mempromosikan barang yang kalian jual. Intinya mari kita gunakan kemudahan berkomunikasi dan berinteraksi dengan siapa saja di dunia ini dengan baik. Yang terpenting jangan gunakan medsos ini untuk menyebarkan kebencian apalagi sampai bisa memutus tali persaudaraan. 

 

De Eka
프라나와 엄마. KDrama Lovers. Jung Yong Hwa fans.

Related Posts

Posting Komentar