iluhnuna

Menyalurkan Hobi Menulis Lewat Blog

2 komentar
menyalurkan hobi menulis

Suka menulis dan punya cita-cita jadi penulis? Ternyata tertampar kenyataan kalau mewujudkannya tidaklah mudah. 

Dari dulu aku punya cita-cita menjadi penulis. Pengennya jadi penulis novel malah. Tapi bingung untuk menyalurkan hobi menulis ini kemana. 

Apalagi perkembangan internet pada saat itu tidak seperti sekarang. Laptop juga belum punya dan masih jadi barang mewah kala itu. 

Jaman dulu masih pakai media sms dan hp biasa bukan jaman android bermedia whatsapp seperti sekarang. Masih jamannya warnet pula saat itu. 

Seiring perkembangan teknologi cara kita menyalurkan hobi juga semakin mudah bahkan bisa menghasilkan uang.

Adanya smartphone serta dukungan internet memudahkan kita melakukan aktivitas secara online. Termasuk untuk yang memiliki hobi menulis. 

Coba Mulai Menulis Di Blog

Menulis di blog bisa juga menghasilkan uang lho. Namun perlu usaha dan konsistensi untuk bisa mendulang hasil. 

Dari pertama aku memulai blogging sampai bisa mendapatkan uang dari menulis butuh waktu yang tidak sebentar. Tergantung usaha masing-masing pribadi. 

Kala itu aku ngeblog hanya untuk hobi. Sekedar menuangkan hobi menulis. Jadi aku tidak terlalu terobsesi pada penghasilan. 

Untuk kalian yang hobi menulis dan ingin menyalurkan hobi menulis kalian cobalah untuk membuat blog. Ini dia caranya untuk memulai menulis di blog

Pilih Platform Blog

Ada berbagai pilihan platform untuk memulai blog. Di Indonesia yang cukup terkenal ada Wordpress dan Blogger.

Kalau aku pribadi membuat blog di platform Blogger karena lebih mudah digunakan oleh pemula dan biaya yang dikeluarkan cukup murah ketimbang Wordpress.

Tapi perlu diingat kalau kedua platform ini tentu punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jadi sesuaikan saja dengan kemampuan keuangan kita.

Pilih Topik Blog

Sebelum memutuskan membuat blog kalian harus tahu apa tujuan kalian menulis di blog. Tema apa yang nantinya akan dibahas.

Apakah fokus membahas topik tertentu atau topik bebas sesuka hati. Namun banyak yang bilang juga google menyukai web yang memiliki tema spesifik. Hal ini menunjukkan keahlian dari si penulis.

Berdasarkan pengalaman sih memang iya. Blog dengan topik spesifik lebih mudah menjaring pembaca karena kita secara tidak langsung sudah menentukan target pembaca. 

Buat Blogmu

membuat blog

Saatnya membuat blog. Membuat blog tidaklah sulit. Cukup sediakan email dan daftarkan di platform pilihan kalian. Blog teman nuna sudah jadi. Tapi masih versi gratisan.

Blog dengan domain berbayar berakhiran adc.com ataupun abc.id dan sebagainya. 

Keuntungan menggunakan domain berbayar adalah kita terlihat lebih profesional dan kedepannya lebih bisa digunakan untuk mengikuti lomba menulis atau menjalin kerja sama dengan brand.

Percantik Tampilan & Lengkapi

Blog yang baru selesai perlu dipercantik tampilannya dan dilengkapi navigasinya agar menyenangkan dan memudahkan pembaca.

Ada berbagai pilihan template yang bisa digunakan baik gratis maupun template berbayar. Keseruannya adalah utak atik template ini. Merubah tampilan blog agar sesuai dengan ciri khas yang ingin kita tampilkan.

Akan ada rasa pusing dan keingintahuan yang besar kalau sudah mulai masuk ke tahap mempercantik blog. 

Publikasikan Karya 

Saatnya menulis di blog dan publikasikan hasil tulisanmu. Disinilah tempat kita menuangkan hobi menulis kita. 

Kita bisa berbagi ilmu, berbagi cerita bahkan berbagi curhatan colongan dalam sebuah tulisan. Kemampuan menulis kita juga akan semakin berkembang dari menulis di blog. 

Ibarat kata membuat blog kita sudah membuka pintu dalam dunia tulis menulis. Tinggal kita kembangkan dan diarahkan kemampuan yang kita miliki. 

Selain tulisan lengkapi juga dengan foto atau gambar yang menarik dalam karyamu. Tarik perhatian pembaca dengan judul yang menarik dengan isi tulisan yang relevan.

Promosikan Blogmu

Layaknya toko yang baru buka kita butuh promosi untuk menarik pengunjung. Iya blog pun begitu. Kita harus memperkenalkan blog kita kepada teman atau saudara untuk menarik pembaca.

Gunakan media sosial untuk mempromosikan tulisan dalam blogmu. Ketika blog semakin dikenal pengunjung juga akan semakin banyak. Hal ini tentu membawa keberuntungan bagi kita penulis. 

Monetisasi

Ada banyak cara untuk memonetisasi blog kita. Bisa dengan mendaftarkannya ke google adsense dan menghasilkan dollar. Bisa juga membuka jasa lainnya. Mempunyai blog bisa membuka peluang cuan kemana saja. 

Kesimpulan

Menyalurkan hobi menulis bisa dengan beragam cara. Di era digital ini memiliki blog adalah salah satu cara yang aku terapkan selama ini. Dengan memiliki blog aku bisa mengasah keterampilan merangkai kata. 

Membuat blog tidaklah susah. Ada banyak tutorial bertebaran saat kita mencari cara membuat blog. Jadi buat teman nuna yang hobi menulis tidak ada salahnya mencoba membuat blog dan hasilkan karya tulisan kita. 

Meskipun saat ini banyak juga media online yang membuka peluang menjadikan kita sebagai kontributor penulis. Tapi rasanya akan berbeda saat kita menulis di blog kita sendiri.  


De Eka
프라나와 엄마. KDrama Lovers. Jung Yong Hwa fans. Bucinnya Suga & Jekey!

Related Posts

2 komentar

  1. setuju banget sama judulnya, dulu aku pengen kerja di media kayak majalah gitu di salah satu perusahaan media besar di jakarta, tapi karena ga kesampaian, hobi nuiis bisa aku salurkan lewat media blog
    meskipun kalau di blog tulisan kita panjang-panjang dan bukan berformat seperti feature majalah, tapi aku seneng aja.
    selama hobi tersalurkan dengan baik, dan nambah temen juga dari dunia blog ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba bener. Sekalian kita belajar menulis yang baik juga kan ya. Hobi juga terealisasikan.

      Hapus

Posting Komentar