iluhnuna

Ini Lho Pekerjaan Seorang Penulis di Era Digital

2 komentar


pekerjaan seorang penulis

Di era sekarang ini asih ada yang suka mempertanyakan pekerjaan seorang penulis tidak ya? Kalau dulu sebagai penulis itu kayaknya pekerjaan yang dipandang sebelah mata. Tidak menghasilkan. 

Sekarang ini peluang seorang penulis itu menurutku lebih terbuka lebar. Jaman yang serba digital ini membuka peluang untuk penulis melebarkan sayap menjangkau pekerjaan yang kini membutuhkan penulis.

Apa saja sih peluang karir untuk si hobi menulis ini? Ayo kita cari tahu. Barangkali ada yang cocok dengan kalian.

Pilihan Pekerjaan Untuk Seorang Penulis

Penulis adalah sebutan bagi pelaku kreatif yang menciptakan suatu karya baik karya tulis fiksi maupun karya tulis non fiksi. 

Menulis itu bukan hanya bisa jadi sekedar hobi lho. Menulis juga bisa menjadi peluang karir yang menghasilkan cuan. 

Selain dapat menghasilkan dalam bentuk uang menjadi penulis juga bisa membawa kita pada popularitas. Ini dia pilihan yang bisa teman nuna coba

peluang karir penulis

1. Blogger & Reviewer

Suka menulis? Maka kalian wajib membuat blog dan jadilah seorang blogger. Dengan persaingan saat ini blogger masih tetap eksis kok. 

Sebagai blogger kita bisa mendapatkan penghasilan dari iklan yang tayang di blog, program kerjasama, dan jasa content placement (bahasa gampangnya bayaran untuk numpang ngiklan) di blog kita.

Memasuki dunia blogging akan membuka banyak peluang untuk masuk ke dunia tulis menulis lainnya. Jadi ayo mulai buat blog sekarang juga. 

Sebagai blogger kita juga bisa sekaligus reviewer lho. Bisa mereview produk atau jasa. Bayarannya tak sekedar uang bisa juga fasilitas atau produk yang harganya ratusan ribu. Selanjutnya kita ulas di blog sebagai sarana pengiklanan.

2. SEO Writer

Di era digital ini SEO Writer sangat dibutuhkan oleh berbagai perusahaan yang ingin bersaing di halaman Google.

Saat kita mencari sesuatu di Google dengan mengetikkan kata tertentu, akan langsung muncul beragam website. Nah itu adalah salah satu pekerjaan SEO Writer.

Seorang penulis SEO harus menulis artikel yang mengandung kata kunci yang telah diriset dan menulis dengan memperhatikan kaidah SEO. 

Mereka akan memastikan agar tulisan tersebut bisa menduduki peringkat teratas di mesin pencarian dan menghasilkan banyak kunjungan.

Sebab pekerjaan yang tidak mudah ini, seorang penulis SEO bayarannya cukup tinggi lho. 

3. Content Writer

Content Writer ini tugasnya menulis artikel baik untuk bahan postingan blog atau website. Konten yang dibuat bersifat informatif dengan tujuan untuk meningkatkan engagement atau keterlibatan pembaca serta membangun citra produk. 

Seorang blogger bisa juga merangkap sebagai content writer karena fokusnya tidak jauh berbeda dengan menulis di blog pribadi. Mengolah ide mentah menjadi artikel yang menarik dan enak dibaca.

4. Copywriter

Copywriter ini fokusnya menulis untuk tujuan sebuah materi iklan. Konten tulisan yang dibuat adalah untuk menarik pembaca untuk membeli atau menggunakan jasa yang diiklankan. 

Tulisan untuk copywriting ini biasanya cukup singkat saja. Biasanya muncul sebagai tagline sebuah produk di sosial media, website maupun media cetak. 

Saat ini seorang copywriter juga banyak dicari. Untuk bisa menjadi copywriter tentunya kita harus bisa berfikir out of the box alias unik. 

5. Ghost Writer

Sesuai namanya ghost writer adalah penulis hantu. Bukan menulis tentang hantu lho ya. 

Ghost Writer ini menurutku pekerjaan mulia nih. Jadi sebagai ghost writer kita menyediakan jasa menulis sesuai permintaan klien. Namun hasil tulisan tersebut atas nama si klien. 

Kita sebagai penulis asli tidak akan tercantum namanya di karya yang dipesan klien. Mudah dimengerti bukan? Jadi kita berkarya tanpa ingin dikenal cukup dibayar saja. 

Adapun hasil karya tersebut jika menang penghargaan yang mendapatkannya adalah si klien yang memesan suatu tulisan tersebut.

Biasanya ghost writer ini akrab di kalangan penulis buku atau novel. Kalau untuk penulis artikel ada jasanya tersendiri.  

6. UX Writer

Pokoknya di jaman sekarang ini jika kita tidak mengikuti perkembangan teknologi maka kita akan tertinggal.

Nah UX Writer ini merupakan pekerjaan baru di dunia tulis menulis. Ya ngga baru-baru banget juga sih. 

UX Writer ini gunanya untuk pengalaman pengguna. Tugasnya yaitu menuliskan kata-kata yang mudah dibaca ketika pengguna menggunakan produk digital seperti aplikasi. 

Tulisan ini biasanya ada pada elemen seperti tombol atau menu dalam suatu aplikasi atau website. 

7. Social Media Content 

Suka membuat caption media sosial yang menarik? Coba peluang menjadi social media specialist. Maraknya penggunaan media sosial pasti butuh orang untuk mengelolanya.

Biasanya pekerjaan ini tidak hanya sekedar menulis deskripsi suatu konten tapi juga turut urun ide membuat desain atau video yang menarik. 

Sebagai social media specialist kita dituntut harus mengerti karakteristik platform media sosial seperti facebook, instagram, X dan tiktok. Karena satu jenis konten tidak bisa langsung dibagikan begitu saja ke 4 media sosial tersebut.

Kesimpulan

Menjadi penulis bisa dibilang gampang-gampang susah. Susah bila kita tidak menyukai dunia ini. Gampang bila kita memang hobi menulis dan mengetahui kalau menjadi penulis itu banyak jalurnya.

Mungkin ada yang masih mempertanyakan emang pekerjaan seorang penulis apa sih? Kan gampang cuma nulis doang. Terkadang ada juga yang meremehkan seperti itu. 

Ada banyak peluang karir untuk kamu yang hobi menulis selain 7 yang aku sebutkan. Butuh pelatihan juga sudah ada tempatnya. Pilih gratis atau berbayar juga ada. Kuncinya adalah berani eksplorasi dan berani mencoba. 




Referensi:

https://binus.ac.id/knowledge/2021/09/content-writing-copywriting-dan-ux-writing-apa-sih-bedanya/#:~:text=Content%20writing%20secara%20umum%20berbentuk,blog%20post%2C%20dan%20website%20content. diakses 7 Februari 2024


De Eka
프라나와 엄마. KDrama Lovers. Jung Yong Hwa fans. Bucinnya Suga & Jekey!

Related Posts

2 komentar

  1. penasaran sama UX writer, coba cari review di internet dan belajar otodidak gitu
    tapi paling seneng kalau bisa ikutan kelasnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada mba di web my skill kalau ngga salah ada itu kelas buat belajar UX Writer. Lumayan lengkap juga pilihan kelasnya. Belajarnya berbasis video gitu

      Hapus

Posting Komentar