iluhnuna

Sudahkah Blogmu Memiliki Niche Spesifik?

Posting Komentar

niche blog

Sebagai blogger pasti kalian pernah kan mendapat pertanyaan apa sih niche blogmu?

Teman nuna pastinya sudah tau lah ya apa itu niche blog. Jadi aku tidak akan menulis panjang lebar tentang pengetian niche blog. Karena yang membahasnya juga sudah banyak. 

Kali ini aku mau curhat aja lah ya tentang seringnya ditodong pertanyaan apa niche blogmu? atau sebuah ajakan untuk ayo coba buat niche blogmu. Maksudnya ayo bikin satu topik utama untuk blogmu. 

Palugada boleh tapi harus ada satu atau beberapa yang menonjol sehingga kita bisa dikenal sebagai blogger spesialis apa nih. Seperti itu sih yang aku tangkap.

Apa itu Blog Lifestyle

Kalau dibilang ayo bikin blog berniche. Aku sudah punya blog yang membahas satu tema beserta turunannya. Udah fokus di tema itu. 

Aku juga sudah pernah membahas kelebihan dan kekurangan blog lifestyle. Di blog ini aku ingin membahas banyak topik. Awalnya memang begitu. Ingin mencoba keluar dari ritme menulis satu tema tersebut. 

Kayak sebagai ajang menguji diri sendiri kalau bahas tema selain kekoreaan bisa ngga ya?. 

Semakin berjalan aku semakin menikmatinya. Tentu saja aku juga memikirkan apa ya tema blog ini. 

Karena ngga punya lagi tema spesifik jadilah aku ikutan blogger lain yang membahas banyak topik di blognya lalu menyebut diri sebagai lifestyle blogger.

Tetap galau dengan sebutan Lifestyle blogger. Sebenarnya lifestyle blogger itu seperti apa sih ya. Karena jika diartikan secara harfiah ya harusnya blogger gaya hidup. 

Blogger yang membahas tentang gaya hidup atau kebiasaan yang dijalaninya. Sepemahaman ku sih begitu ya. 

Lalu aku ketemu tulisan yang menarik dari blog maniakmenulis.com yang membahas lifestyle blogger  itu seperti apa?

Penulis juga mengutarakan suatu pendapatnya atau bisa disebut keresahan tentang arti dari lifestyle blogger itu sendiri.

Mengutip dari tulisan maniakmenulis.com tentang lifestyle blog

blog lifestyle adalah

Mengapa blog gado-gado disebutnya lifestyle blogger? ada ngga sih sebutan lain dari blog gado-gado ini.  

Tentukan Niche Blogmu

Sebagai blogger tentu saja aku pribadi ingin selalu berkembang. Banyak belajar dari mana saja. Kelas online ataupun kegiatan yang diadakan oleh suatu komunitas blog. 

Dari tahun 2023 aku bertemu dengan satu blogger yang membuka kelas konsisten menulis. Saat itu hanya dikhususkan bagi pengguna Wordpress saja dan berniche khusus.

Bukan pengguna wordpress dan lagi belum bisa menentukan tema spesifik blog ini. Ya ngga bisa ikutan juga. 

niche blog spesifik

Banyak juga yang akhirnya menyentil untuk membuat tema spesifik dari blog yang gado-gado ini. Karena akhirnya banyak kelas menulis yang mengajak si pengempu blog untuk menentukan satu tema tulisan untuk dibahas di blognya. 

Akupun bingung. Lha penulisnya saja bingung gimana yang lain bisa bantu. hahaha..

Kalau kita berselancar di Google mencari "bagaimana cara menentukan niche blog" ada banyak hasil yang muncul. Dan semuanya mirip-mirip paling ya beda di jumlah pointnya saja.

Poin intinya itu cari berdasarkan hobi, sesuai minat, topik yang dikuasai. 

Hobiku ngedrakor, minatku drakor dan bahasa korea. Topik yang sekiranya ngga bikin kehabisan ide ya itu juga. Dan itu sudah ada blognya. hahaha...

Jadi aku harus mencari minat dan topik lain dong harusnya. Sesuatu yang bisa aku tuliskan dan tidak akan kehabisan ide untuk ditulis. Apa hayo.....

Astaga ini tulisan receh banget ya. 

Kesimpulan

Jika dilihat secara harfiah arti dari lifestyle blogger itu adalah blogger gaya hidup. Blogger yang mencerminkan gaya hidupnya atau minatnya berdasarkan pengalaman pribadi.

Apakah blogger gado-gado yang membahas banyak topik bisa dikatakan lifestyle blogger? 

Pada akhirnya seorang lifestyle blogger atau yang dikenal dengan blogger banyak topik harus tetap menentukan satu tema dalam blognya agar SEO nya menjadi bagus. 



Referensi 

https://maniakmenulis.com/2022/10/beda-blog-personal-dan-blog-lifestyle-erin-gobler/

https://maniakmenulis.com/2019/01/lifestyle-blogger-atau-blogger-gaya/


De Eka
프라나와 엄마. KDrama Lovers. Jung Yong Hwa fans. Bucinnya Suga & Jekey!

Related Posts

Posting Komentar