iluhnuna

Kenalan Yuk Dengan Tanaman Udara Ini

Posting Komentar
tanaman udara

Adakah teman nuna yang suka memelihara tanaman hias? Sudah punya tanaman hias apa saja di rumah? 

Sebenarnya dari dulu memelihara tanaman hias atau berkebun itu merupakan hobi yang biasa saja dan belum terlalu booming.

Sama seperti ibuku yang menyukai tanaman anggrek. Beliau sudah memelihara anggrek dari jaman aku belum lahir kayaknya. 

Hanya saja trend memelihara tanaman hias kian populer ketika covid melanda. Mulailah bermunculan berbagai tanaman hias dengan harga selangit. Bahkan harganya ada yang sampai diluar nurul. edyan...

Tapi ada yang tahu tidak sih kalau ada tanaman yang disebut tanaman udara? 

Iya tanaman hias yang tidak perlu media tanam apapun alias dia hanya mengandalkan udara atau oksigen untuk hidup. 

Penasaran dengan tanaman ini? ini dia nama tanamannya

Apa Saja Tanaman Udara?

Unik ya, ada tanaman yang bisa hidup tanpa memerlukan media tanam berupa tanah ataupun air. Tanaman ini bisa hidup dengan bergantung di udara atau berpegangan pada suatu benda. 

Tillandsia

Jujur aku itu baru tau kalau ada tanaman ini. Berawal dari aku main ke rumah salah satu teman. Temanku ini suka berkebun dan punya banyak tanaman hias di rumahnya sebagai bentuk me time.

Aku terpaku pada satu tanaman yang bentuknya mini dan unik. Kok bagus ya. Tanpa media tanam hanya diletakkan di atas ranting gitu jadi terlihat semakin estetik.

Oke aku penasaran dan cari tahu namanya di mbah google pastinya. Dan namanya adalah Tillandsia. Beda bentuk beda pula nama tillandsia nya. 

tanaman tillandsia

Tanaman ini biasanya tumbuh berpegang pada batang atau ranting pepohonan. Dia bukanlah parasit. Hanya tumbuh berpegangan layaknya tanaman anggrek. 

Tanaman ini bentuknya mirip seperti kelopak daun buah nanas. Dia memiliki kemampuan menyerap air dan nutrisi melalui daunnya. 

Bulu-bulu halus berwarna putih yang menyelimuti daun inilah yang berfungsi menangkap udara lembab sebagai sumber air dan nutrisi.

Cara perawatan tanaman ini yaitu cukup mendapat sinar matahari dan penyiraman dengan cara  disemprot saja. Jika dalam cuaca yang sangat panas penyemprotan dilakukan lebih sering.

Jenggot Musa (Tillandsia usneoides)

Tillandsia ini banyak jenisnya. Jenggot musa ini adalah salah satu jenisnya yang paling populer dan paling berbeda bentuknya dari jenis tillandsia lainnya. Kalian pasti sering menemukan tanaman hias satu ini.

tanaman jenggot musa
sumber gambar: bibitbunga.com

Bentuknya menyerupai benang halus yang menggumpal. Sebabnya tanaman hias ini seringkali diletakkan sebagai tanaman gantung yang tumbuh menjuntai sehingga tampak seperti jenggot.

Diletakkan pada gantungan dan ditumbuhkan secara menggumpal sehingga akan menambah kesan cantik dan rimbun. Semakin rimbun tanaman ini semakin cantik.

Keluargaku di kampung suka merawat sama tanaman ini. Diletakkan di halaman rumah digantung pas di ranting pohon bunga kamboja. Kan kalau suka keluar rumah malam-malam asli suka bikin kaget karena bentuknya. 

Tanaman ini jika disiram akan berubah menjadi warna hijau dan jika kering akan tampak berwarna putih. Perawatan tanaman ini termasuk mudah sehingga cocok bagi pemula yang ingin mencoba merawat tanaman hias. 

Kesimpulan

Buat teman nuna yang mencoba memelihara tanaman hias boleh mencoba tanaman udara tillandsia ini. Perawatan dan penanamannya cukup mudah.

Selain mudah ditanam, bentuknya juga sangat cantik sebagai hiasan rumah. Jadi kalian bisa berkebun tanpa takut kotor-kotoran dengan tanah.  


De Eka
프라나와 엄마. KDrama Lovers. Jung Yong Hwa fans. Bucinnya Suga & Jekey!

Related Posts

Posting Komentar