iluhnuna

Jajanan Khas Ramadan Yang Ramai Diburu

1 komentar

jajanan khas ramadan

Pemandangan khas bulan ramadan yang selalu dinanti adalah munculnya keramaian di pinggir jalan. Suasana terasa berbeda dari hari biasa.

Berbagai penjual dadakan muncul menjual beraneka jajanan khas ramadan. Ada yang menjadi penjual es dadakan di depan rumah, penjual kue dadakan atau penjual lauk dadakan. Momen ini juga menjadi ajang saling berbagi. 

Karena nyatanya bulan ramadan ini merupakan kesempatan orang untuk mengais rejekiDengan membeli dagangan mereka kita juga sudah turut membantu mereka bukan. 

Momen satu tahun sekali ini menjadi ciri khas bulan ramadan. Jajanan khas ramadan apa saja yang gampang kita temukan?

Jajanan Khas Ramadan Yang Laris 

Biasanya di beberapa daerah mereka punya jajanan khas yang selalu muncul ketika bulan ramadan. Kalau di tempatku aku belum menemukan jajanan khasnya apa. 

Perantau yang jarang kulineran tradisional sih aku. Jadi tahunya ya jajanan familiar gitu. Ini dia berbagai jajanan yang gampang di temukan saat bulan puasa.

Kue Basah

Biasanya kalau mau jajanan tradisional gitu kita harus ke pasar kan. Sementara aku itu tidak pernah ke pasar. Kalau belanja kebutuhan dapur sehari-hari cukup di warung langganan saja. Itu saja sudah komplit banget jualannya.

Ketika ramadan tiba jajanan tradisional ini muncul tuh di pedagang takjil pinggir jalan. Mulai dari klepon, cenil, lemper, dkk itu gampang banget dicari.

Harganya juga aman di kantong dan cocok jadi camilan ketika berbuka atau habis sholat taraweh.

Berbagai Es

es khas ramadan

Sudah menahan haus seharian rasanya tidak lengkap kalau tidak berbuka dengan yang segar-segar. Jadi jangan heran jika stand es selalu ramai pembeli menjelang waktu berbuka.

Kalau ditempatku lagi ramai yang jual es teh. Baik itu es teh ternama yang sudah buka cabang dimana-mana. Lalu muncullah pesaing es teh lainnya. Balik lagi tergantung harga dan rasa.

Es rasa-rasa juga banyak bermunculan. Seperti es kuwud dan kawan-kawannya itu yang ditempatkan dalam wadah besar. 

Ada juga es tradisional seperti es dawet, cendol dan es doger. Tinggal pilih sesuai selera dan gampang ditemukan jika bulan puasa begini.

Gorengan

Teman es dan minuman segar lainnya bisanya adalah gorengan. Entah kenapa kalau berbuka puasa itu rasanya pingin makan gorengan.

Maka tak heran jika gorengan menjadi pilihan jajanan ketika berbuka. Kombinasi maut dengan per es-an tadi. 

Berbagai gorengan seperti tahu isi, bakwan, pisang goreng dan lainnya seolah menggoda untuk dinikmati. Apalagi kalau ada acara buka puasa bersama. Gorengan jadi hidangan wajib yang harus ada sih. 

Kolak & Bubur Manis

Jajanan satu ini juga gampang sekali dicari di bulan puasa. Berbagai kolak pasti ada di penjual takjil. Bahkan itu menjadi menu andalan.

Meski kolak juga bisa dibuat di rumah tapi bagi keluarga kecil seperti aku membeli yang sudah jadi adalah solusi. 

Mulai dari kolak pisang, ubi dan lainnya bisa kita pilih sesuai selera. Harganya juga tidaklah mahal. Selain per-kolak-an ada juga berbagai macam bubur yang dijual dalam cup atau gelas.

Bubur manis ini jadi menu takjil favorit. Bubur manis seperti bubur candil, bubur sumsum, bubur mutiara, bubur ketan hitam atau bubur campur menjadi pilihan menarik untuk dicoba.

Kesimpulan

Bulan puasa menjadi kesempatan orang-orang untuk mengais rejeki lewat jualan berbagai makanan ataupun jajanan. Ada berbagai macam jajanan yang gampang di temukan ketika bulan puasa. 

Tak jarang kita juga harus antri dan berdesak-desakan. Adanya berbagai pilihan jajanan khas ramadan itu tentunya memudahkan kita dalam menyiapkan menu berbuka. Tapi dengan tetap menjaga kesehatan selama ramadan agar ibadah dan puasa tetap lancar dan aman.  



De Eka
프라나와 엄마. KDrama Lovers. Jung Yong Hwa fans. Bucinnya Suga & Jekey!

Related Posts

1 komentar

  1. Kue basah dan es cao adalah takjil paporit bangeett. Tapi karena ramadhan ini cuacanya mendung2 syahdu, minum es nya ditahan2 demi menjaga kesehatan biar ga gampang nggereges 😂

    BalasHapus

Posting Komentar