iluhnuna

Cobain Yoga, Olahraga Ringan Saat Puasa

Posting Komentar
olahraga ringan saat puasa

Saat puasa olahraga? Emang mungkin?

Memang puasa itu hawanya lemes dan merupakan waktu yang tepat untuk bersantai. Belum lagi ada yang menyalahartikan kalimat tidur selama puasa adalah ibadah. Alhasil tidur terus seharian. Mencari pahala katanya.

Berpuasa sudah pasti tubuh itu kekurangan energi karena minimnya asupan yang masuk. Tapi bukan berarti membuat kita mager seharian. Meski berpuasa kita harus tetap menjalankan aktivitas seperti biasa. 

Melakukan olahraga ringan saat puasa juga boleh lo. Ada berbagai jenis olahraga ringan yang bisa dilakukan meski kita berpuasa. 

Menurut dr. Wahyu Sita Wardani, Sp. KFR., M.Ked. Klin yang dikutip dari laman rsud.tulungagung.go.id menyatakan olahraga saat puasa membantu tubuh tetap bugar selama dilakukan dengan waktu dan jenis yang tepat.

Kali ini aku mau mengajak kalian berkenalan dengan olahraga Yoga. Jenis olahraga ringan ini bisa banget dicoba selama puasa tanpa takut kehausan setelahnya.

Mengenal Olahraga Yoga

Olahraga yoga adalah gerakan kombinasi antara pikiran dan tubuh. Gaya dalam aktifitas yoga menggabungkan fisik, teknik pernapasan dan meditasi. 

Fokus olahraga yoga ada pada kekuatan, kelenturan serta pernapasan untuk meningkatkan kesehatan fisik dan mental. 

Jenis olahraga yang berasal dari India kuno telah banyak berkembang dan telah menjadi olahraga yang populer untuk dilakukan. 

Sebagai pemula yang melakukan yoga mandiri di rumah ada baiknya kita mempertimbangkan gerakan yoga dari tingkat yang mudah terlebih dahulu.

Yoga Untuk Pemula

yoga untuk pemula

Pokoknya di era digital sekarang ini apa sih yang tidak bisa kita lakukan. Olahraga dari rumah juga bisa kita lakukan mandiri dengan bantuan instruktur youtube. Beginilah emak-emak yang memiliki waktu terbatas tapi tetap ingin coba ini dan itu. 

Sebelumnya aku juga melakukan workout mandiri dari rumah dengan bantuan aplikasi. Tapi ketika puasa sangat tidak dianjurkan untuk workout. Karena butuh stamina ekstra dan tentunya butuh minum setelah melakukannya. 

Sebagai emak-emak muda yang kerap dilanda kejompoan aku iseng-iseng lah mencari instruktur yoga di youtube. Sudah pasti ada banyak tinggal kita sesuaikan dengan gerakan yang mampu kita lakukan. 

Memang sebaiknya olahraga yoga itu didampingi oleh instruktur langsung demi mencegah terjadinya risiko cedera. Itulah mengapa kita sebaiknya melakukan gerakan yoga sesuai kemampuan.

Gerakan Yoga Untuk Pemula

Ada beberapa gerakan yoga yang gampang untuk dilakukan di rumah. Meski terlihat gampang pose ini juga memberikan manfaat. Cocok banget jadi olahraga ringan saat puasa gini.

1. Tree Pose

tree pose yoga

Pose dasar untuk melati keseimbangan tubuh. Caranya cukup mudah yaitu dengan berdiri tegak. Angkat satu kaki lalu tekuk lutut ke arah luar. Tempelkan telapak kaki tadi ke bagian paha. Kemudian letakkan kedua tangan di depan dada.

Lakukan selama 30 detik lalu ganti kaki sebelahnya dan ulangi.

2. Downward-facing dog

downward pose

Pose ini membentuk tubuh seperti huruf v terbalik. Dimulai dengan membungkukkan badan dan letakkan kedua tangan di atas matras. Posisi telapak tangan agak maju. 

Angkat lutut yang menempel di matras hingga kaki lurus dari ujung ke ujung. Pastikan posisi tubuh lurus dan tidak membungkuk. 

Lakukan posisi ini sambil menarik nafas sebanyak 5-10 kali. 

3. Cat-cow

cat cow pose
sumber: pinterest edited by iluhnuna

Gerakan ini bagus dilakukan untuk yang mengalami masalah nyeri punggung. Baik juga untuk kesehatan tulang belakang.

Letakkan telapak tangan dan lutut pada matras. Regangkan tulang punggung dengan melakukan gerakan menekuk dan meluruskan tubuh. 

4. Child Pose

child pose yoga

Gerakan ini adalah salah satu gerakan rileks yang paling menenangkan. Gerakan ini juga menjadi gerakan akhir sesi workout yang kerap kali aku lakukan.

Turunkan bokong ke bawah. Tempelkan lutut dan punggung telapak kaki dengan matras. turunkan juga bahu ke lantai dengan kepala menghadap ke lantai. Luruskan tangan ke depan sejauh mungkin. 

Waktu Yang Tepat Untuk Olahraga

Ketika berpuasa kita bisa melakukan olahraga yang ringan seperti yoga. Tapi kita juga harus mengetahui kapan waktu yang tepat untuk melakukan olahraga ini.

Kita bisa melakukan olahraga ringan memanfaatkan waktu menjelang berbuka puasa. Kurang lebih 30 menit menjelang berbuka. Bisa jadi ide ngabuburit sehat di rumah bukan.   

Kesimpulan

Puasa bukan berarti kita menghentikan aktifitas. Kita tetap bisa melakukan olahraga ringan saat puasa agar tubuh tetap sehat dan segar. 

Yoga bisa menjadi salah satu jenis olahraga yang patut dicoba. Kita bisa mencari gerakan yoga melalui youtube. Ada bermacam gerakan yoga ringan yang bisa dicoba. Sesuaikan gerakan dengan kemampuan terlebih kita melakukan yoga untuk pemula. 



Referensi

https://rsud.tulungagung.go.id/olahraga-saat-puasa-perhatikan-jenis-dan-waktu-yang-tepat/  


De Eka
프라나와 엄마. KDrama Lovers. Jung Yong Hwa fans. Bucinnya Suga & Jekey!

Related Posts

Posting Komentar