iluhnuna

Wajib Tahu Etika Saat Bertamu

14 komentar

etika-bertamu


Kedatangan tamu bagi seseorang adalah hal yang menyenangkan. Apalagi dikunjungi teman atau sahabat yang lama tak jumpa. Tapi saat kita ada di rumah orang meski itu sahabat sekalipun ada sopan santun yang harus dijaga. Tulisan ini dibuat karena saya pernah mengalami hal yang tidak mengenakkan ketika ada seseorang yang bertamu ke rumah. 

Sebagai tamu meskipun hanya berkunjung ke tetangga sebelah rumah harusnya tetap mengutamakan sopan santun. Jadi tamu yang datang ke rumah itu tiba-tiba saja membuka pintu sendiri lalu masuk. Tentunya ada alasan kenapa saya tidak membuka pintu meski dia sudah mengucapkan salam dan mengetuk pintu. Karena saat itu saya sedang beribadah, jadi tidak memungkinkan buat saya untuk menjawab salamnya apalagi membukakan pintu. Namun meski begitu sebagai tamu ada baiknya menunggu sejenak dan bersabar bukannya menerobos masuk ke rumah orang. Sebagai orang yang beragama dan menjunjung tinggi sopan santun hal tersebut sangatlah tidak baik untuk dilakukan. 

Berdasarkan pengalaman tidak mengenakkan tersebut jadi saya ingin menuliskan etika wajib saat bertamu ke rumah orang termasuk ke tetangga ataupun saudara.


Etika Bertamu Yang Sopan

1. Beritahu Jika akan Berkujung

Jika ingin bertamu ke rumah teman yang sekiranya jauh dari rumah kita ada baiknya kita memberitahu kalau akan berkunjung ke rumahnya. Tujuannya tentu untuk mengetahui apakah tuan rumah bisa dikunjungi pada hari dan jam yang sudah ditentukan. Karena jika kita datang secara mendadak ada kemungkinan si tuan rumah sedang tidak ada di rumah atau kebetulan ada acara di rumahnya. Tentunya kita tidak ingin datang sebagai pengganggu bukan.


2. Ketuk Pintu dengan Sopan dan Masuk Setelah Dipersilahkan

Saya juga punya pengalaman yang tidak mengenakkan tentang hal ini. Ternyata ada loh orang yang mengetuk pintu dengan kasar tujuannya biar didengar si pemilik rumah. Biasanya sih yang model begini Kang Paket ya. Tapi bukan kang paket pun ada lo. Dan yang bikin mengelus dada lagi kalau kedatangan tamu yang baru dibukakan pintu udah nyelonong masuk langsung duduk baru bercerita. Awalanya saya mengira tidak ada orang seperti itu tapi setelah mengalami sendiri baru percaya. Jadi kalau bertamu ke rumah orang ataupun saudara bisa kok mengetuk pintu dengan pelan dan masuk ketika sudah dipersilahkan. 


3. Ingat Waktu

Bertamulah pada waktu yang baik, dalam artian tidak bertamu terlalu pagi pada jam-jam orang masih sibuk beraktiftas. Biasanya ibu-ibu nih masih sibuk sama urusan dapur dan cuci-mencuci. Pada tengah hari sekitar jam 12.00 karena itu merupakan jam istirahat dan menjelang waktu maghrib. 

Ketika sudah bertamu pada jam yang tepat ingat juga waktu pulang. Jangan terlalu asik mengobrol sampai lupa waktu. Karena yang punya rumah tentunya sungkan mengusir tamunya meski dia ingin beristirahat atau melakukan hal yang lainnya.   

  

4. Tidak Sembarang Menyentuh Barang

Hal ini juga penting karena tidak semua orang suka barangnya disentuh. Mintalah ijin jika akan mengambil barang. Kalau saya biasanya tertarik dengan koleksi buku jika bertamu ke rumah orang. Biasanya saya akan menyinggung tentang koleksi bukunya, Jika orangnya ramah dan merespon dengan baik bahkan memberi rekomendasi bukunya berarti kita diijinkan melihat-lihat. Tapi jika orangnya hanya menjawab singkat dan tidak tertarik dengan bahasan kita artinya orang tersebut tidak ingin barangnya diusik. So simple 


5. Jaga Sikap, Jaga Pandangan

Saat bertamu selain menjaga sikap serta perilaku, menjaga pandangan mata juga penting. Jangan melihat sekeliling ruangan seolah-olah mencari sesuatu. Pemilik rumah akan merasa kurang nyaman dengan perilaku kita. 

Itulah etika bertamu yang wajib diterapkan. Karena jika kita bertamu dengan tidak sopan, orangpun akan malas mendapat kunjungan dari kita. Kalau sudah begitu maka orang akan menghindar atau membuat alasan agar kita tidak dikunjungi.


Sejujurnya saya dari dulu tidak pernah ingin menuliskan tata cara bertamu. Karena saya rasa bahasan ini juga sudah diajarkan di bangku sekolah dan sering diberitahu orang tua berkali-kali sejak kita kecil. Tapi ketika saya mengalami yang namanya penerobosan masuk lalu bertemu orang yang main masuk aja ketika belum dipersilahkan saya jadi berfikir ternyata tidak semua orang tau tata cara bertamu yang baik.  

De Eka
프라나와 엄마. KDrama Lovers. Jung Yong Hwa fans.

Related Posts

14 komentar

  1. Aduh, persoalan menyentuh barang ini memang bikin kesel. Saya juga nggak suka pas ada tamu, lihat-lihat barang di ruang tamu terus pegang dan sentuh sambil berkomentar apa pun. Padahal apa susahnya sih diam saja di tempat duduk.

    BalasHapus
  2. Tamu atau orang datang asal megang-megang barang milik kita juga bikin saya geram haha. gimana ya, saya risih aja takut rusak, dia minta izin pun saya belum tentu izinin haha.

    BalasHapus
  3. Emang kelihatan remeh banget, tapi mungkin karena dianggapnya sepele jadinya ga masalah. Padahal kayak berkabar sebelum bertamu, milih waktu yg tepat sama ga main sentuh barang itu emang etika yg kudu dipraktikan sih. Meski udah akrab sekalipun, atau karena yg punya rumah ga marah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harusnya ya jangan menganggap rumah orang kyk rumah sendiri. Perilaku sprti itu nyebelin bgt

      Hapus
  4. Wah ini sih, basic manner yang harus diketahui banyak orang. Karena kan nggak semua orang suka kedatangan tamu, apalagi kalau sampai terjadi hal yang tidak diinginkan..

    BalasHapus
  5. Hal-hal yang mulai banyak dilupakan oleh orang-orang. Saya agak kesel gimana gitu kalau ada tamu yang main atau berkunjung sampai nggak kenal waktu dari saking lamanya, sampek kegiatan kami yang lain harus tertunda. Kecuali mungkin kalau lagi perlu banget atau ada hal penting masih dimaklumi.

    BalasHapus
  6. Aku pernah punya tetangga kayak gitu, kalau bertamu main terobos aja. Awalnya aku biarin, lama lama ngelunjak donk, masuk masuk ke dalam rumah, berasa rumah sendiri.

    BalasHapus
  7. Soal tamu yang main masuk rumah begitu aja bikin kesel sih, soalnya kita bukain pintu bukan berarti udah kasih izin boleh masuk bertamu. Kadang kan kita nyediaiin kursi di teras buat tamu yg nggak mau dibawa masuk. Iya, etika bertamu emang penting banget sih, biar sama-sama nyaman antara pemilik rumah dan tamunya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener. Yg penting itu jangan nyelonong masuk. Itu nyebelin banget

      Hapus
  8. aku sepakaaatttt kalo bertamu harus kasih tahu dulu karena g semua orang siap rumahnya di kunjungi .. dan satu lagi katanya kalo bertamu itu, jaga apa yang kamu lihat dan dengar duh ini penting lho ya biar gak gampang kaish komentar dari apa yg dilihat dr rumah yg dikunjugi kan ya

    BalasHapus
  9. Mau nambahin kalau udah beritahu rencana datang ke rumah orang lalu batal karena hal lain, sebisa mungkin segera kabari tuan rumah supaya gak menunggu. Soalnya sering bgt kejadian teman2 suamiku bilang mau ke rumah lusa/minggu depan, tiba2 gak ada kabar padahal kita udah nungguin bahkan sampai gak pergi ke mana2. Ini keliatannya sepele tapi penting bgt.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah iya bener banget mbk. saya juga pernah ngalamin. Bilangnya mau dateng ke rumah siang. lha ditungguin sampe ngga kemana2 apa lagi sampe belain ngga tidur siang. nyatanya malah dateng malem2 pula. kayak ada rasa kesel aja gitu ya.

      Hapus

Posting Komentar