iluhnuna

Support System Seorang Blogger IRT

1 komentar
support system blogger

Sebagai IRT ada hal-hal yang membuat kita terbatas untuk mencapai sesuatu. Terkadang aku iri pada mereka yang sudah bisa mencapai sesuatu meskipun dia adalah seorang ibu rumah tangga. 

Bahkan aku sering menyesali kenapa juga aku menikah cepat. Meskipun aku menikah di usia ideal kata orang-orang. Tapi aku kerap menyesalinya. Andai saja aku menunda 3 tahun lagi. Apakah jalan hidupku akan jauh berbeda?  

Atau juga menyesali kenapa aku tidak produktif menulis dari dulu. Saat pertama kali membuat blog. Bukan hanya sekedar membuat lalu ditinggalkan begitu saja. Harusnya aku mencari tahu lebih tentang blogging saat itu.

Tapi apakah dengan memulai lebih awal aku akan berada di titik yang berbeda saat ini? Kegalauan seperti itulah yang kerap kali aku rasakan saat itu. 

Awal-awal aku beralih menjadi blogger aku suka berkata dalam hati melihat ibu rumah tangga yang bisa tetap produktif menulis setiap hari. Tentu saja aku berfikir bagaimana dengan anak-anaknya? Wah suaminya pasti mendukung sekali. 

Setelah menjalani sendiri dan menerima keadaan aku mulai menerima kondisi kami sebagai blogger IRT yang berbeda. Mungkin sebagian dari mereka awalnya juga mengalami hal yang sama. Ada ibu yang ternyata anaknya sudah sekolah jadi dia bisa menulis memanfaatkan waktu yang ada. Inilah aku sekarang.

Ada juga yang ternyata mereka memiliki lingkungan keluarga yang mendukung aktifitas sang ibu. Seperti suami siaga yang turut membantu pengasuhan anak. Atau sang ibu memiliki ART dirumah sehingga fokus dia bisa dibagi. 

Kita memiliki keterbatasan dalam melakukan semua hal sendirian. Terkadang justru ada yang harus dikorbankan.

Apa Itu Support System?

Support system secara sederhana bisa diartikan sebagai dukungan. Support system merupakan tim atau orang yang selalu ada dan siap membantu saat kita dalam keadaan susah ataupun senang. Sehingga kita bisa merasa nyaman saat berbagi cerita atau keluh kisah.

Orang yang dapat dipercaya sehingga bisa memberi kepuasan secara emosional dan mampu membangkitkan rasa percaya diri. Sehingga kita bisa melakukan pekerjaan dengan baik. 

Akhir-akhir ini aku sering mendengar berita bunuh diri di tanah air. Aku kira hanya Korea Selatan yang memiliki masalah mengakhiri hidup ini. Nyatanya remaja di Indonesia juga sedang mengalami masalah ini.

Kematangan berfikir seseorang tentu saja menjadi salah satu faktor terjadinya aksi bunuh diri. Beberapa remaja nekat mengakhiri hidupnya hanya karena persoalan asmara. Atau yang baru-baru ini terjadi seorang mahasiswi diduga bunuh diri di mall Paragon Semarang. 

Memang kita tidak bisa mengetahui penyebab pasti orang nekat melakukan aksi bunuh diri. Apakah benar sesuai "katanya" ataupun sesuai surat yang ditinggalkan.

Disinilah peran adanya support system dalam hidup. Ada orang yang bisa kita ajak bertukar pikiran, memberi dukungan ataupun suntikan semangat disaat kita mengalami masalah atau merasa benar-benar lelah.

Kategori Support System Terbaik

Support system bisa dibagi dalam beberapa kategori atau jenis. Jenis dukungan yang termasuk dalam support system dapat berupa : 

1. Dukungan Emosi

Dukungan emosi atau emotional support merupakan dukungan yang diberikan guna mengurangi rasa cemas, stress ataupun depresi. Dukungan ini diberikan dengan cara menjadi pendengar yang baik, memberikan semangat atau motivasi.

Dukungan emosi ini nyatanya sangat penting bagi kesehatan mental seseorang. Sehingga kita bisa merasa memiliki tempat untuk mengungkapkan perasaan tanpa dihina. 

2. Dukungan Fisik/Materi

Dukungan ini berupa dukungan aksi nyata. Dapat berupa materi ataupun pengasuhan anak. Dukungan ini diberikan ketika seseorang mengalami kesusahan berupa finansial atau kondisi terdesak. 

Adanya dukungan ini tentu membuat orang merasa aman dan terjamin kebutuhannya. 

3. Dukungan Informasi

Dukungan ini tentu saja berupa informasi atau bisa juga saran. Bagi blogger dukungan ini sangatlah penting. Karena kita bisa mendapat informasi upgrade diri, informasi job ataupun informasi lomba dari sesama teman blogger. Untuk itulah penting bagi kita menjaga pertemanan sesama blogger. 

4. Dukungan Apresiasi

Dukungan apresiasi merupakan dukungan umpan balik positif atau ucapan selamat kepada seseorang atas usaha atau prestasi yang telah dicapainya.

Dukungan ini akan membuat orang merasa dihargai dan diakui kerja kerasnya sehingga dia akan terus termotivasi dalam berkarya.

Pentingkah Memiliki Support System? 

Sebagai blogger yang bisa dibilang bekerja dari rumah apakah perlu untuk memiliki support system? 

Entah sebagai blogger ataupun tidak, memiliki support system sangatlah penting bagi kesehatan mental atau kewarasan seseorang. Support system itu meliputi keluarga, teman, pasangan hidup bahkan lingkungan. 

Adanya support system ini akan membantu kita mencapai tujuan hidup dan bertahan saat menghadapi kesulitan. Menemukan support system yang tepat adalah suatu keberuntungan karena tidak semua orang bisa bertemu dengan orang yang tepat. Menurutku bertemu dengan orang yang bisa mengerti keadaan kita dan bisa memberi dukungan tanpa mendang mending itu sangatlah susah.

Bisa saja kita memiliki banyak teman ataupun keluarga. Tapi tidak semua teman apalagi lingkungan keluarga bisa menjadi support system yang baik bagi kesehatan mental dan masa depan yang kita inginkan.

Itulah sebabnya kita perlu menjaga hubungan baik dengan support system kita. Kita harus bisa saling membantu dan tidak hanya mementingkan kepentingan sendiri. Kita juga harus selalu bisa menjaga ucapan dan perilaku dihadapannya.

Memiliki support sistem yang kuat dan baik bisa menjadikan kita pribadi yang bisa berfikir terbuka dan positif. Sehingga apapun masalah atau tantangan yang nantinya datang kita tidak akan mudah down dalam menghadapinya.

Siapa Support System Blogger?

dukungan sebagai blogger

Bekerja dari rumah dengan sebutan blogger bisa dibilang bukanlah hal yang mudah. Apalagi bagi aku yang sudah memegang gelar IRT.

Waktu yang dihabiskan untuk menerbitkan satu artikel sangatlah terbatas. Belum lagi kemampuan mengolah kata yang tidak bisa sejam duduk langsung jadi artikel dengan 1000 kata. Sungguh syulit bagiku. 

Baiknya adalah aku memiliki support system yang sangat aku syukuri sebagai blogger yang baru tumbuh.

1. Suasana

Ada tidak sih yang ngeblog masih lesehan di lantai atau beralaskan tumpukan buku? Itulah aku dulu. Meja belajar lipet saja tidak punya Masyaallah sekali. Jadilah aku dulu itu menulis sambil rebahan.

Coba saja bayangkan mengetik sambil rebahan itu gimana. Encok rebahan ambillah tumpukan buku untuk dijadikan alas laptop.

Saat ini aku bersyukur sekali ada suntikan dana untuk membeli meja yang bisa kubilang sebagai meja kerja minimalis.

2. Kemudahan

Bukan bermaksud menampilkan "melas" atau kesedihan. Tapi memang begini adanya. Membuat artikel dan menjadikannya sebuah blogpost utuh tentu saja butuh jaringan internet. 

Satu-satunya jaringan internet yang ada adalah kuota internet Hp. Jadi ya menulis satu blogpost dengan segala printilannya itu menggunakan thethering Hp.  

Dengan ngode berulang dan penuh kesabaran cairlah dana untuk memasang jaringan internet berbasis wifi portable yang amat sangat membantu.

3. Suami Tercinta

Ini adalah support system terbesar yang aku miliki. Dari dialah suntikan dana untuk membeli semua printilan diatas berasal. Blognya belum bisa menghasilkan cuan sesuai yang dibutuhkan.

Suami juga tidak pernah protes dengan kegiatan menulis yang aku lakukan meski terkadang aku harus begadang untuk menyelesaikan suatu tugas. Dia juga tidak pernah melarang untuk aku menghadiri suatu acara. Asal kegiatan tersebut jelas tujuannya. 

4. Komunitas & Teman

Tidak bisa dipungkiri kalau komunitas dan teman dalam komunitas ini bisa jadi support system dalam menulis. Teman blogger yang awalnya tidak kita kenal bisa berubah jadi teman baik yang bisa memberi dukungan dan nasehat.

Komunitas blogger bisa menjadi tempat kita mendapat dukungan informasi dan tempat untuk bertumbuh bersama.

Kesimpulan

Support system ada untuk memberi dukungan hidup agar kita bisa bertahan dalam menghadapi permasalahan. Memiliki support system sangat penting untuk menjaga kesehatan mental dan menjadikan kita pribadi yang bisa berfikir terbuka.

Support system tersebut bisa dari keluarga, teman, pasangan hidup atau lingkungan. Sebagai blogger juga penting untuk memiliki support sistem terbaik. Support system terbaik bagi blogger IRT seperi aku tentunya pasangan hidup. 

ngeblog asyik bareng keb


Referensi:

https://lpka.umy.ac.id/kenapa-kita-butuh-support-system/#:~:text=Support%20system%20yaitu%20ketika%20kamu,kita%20untuk%20memiliki%20support%20system.

De Eka
프라나와 엄마. KDrama Lovers. Jung Yong Hwa fans. Bucinnya Suga & Jekey!

Related Posts

1 komentar

Posting Komentar