iluhnuna

Pilih Menulis Menggunakan Laptop atau Smartphone?

Posting Komentar

laptop atau smartphone?

Saat ini menulis bisa menggunakan perangkat apa saja. Tidak harus menggunakan laptop. Jangan salah menulis di blog pun bisa dilakukan menggunakan smartphone alias hp.

Pertanyaannya bisakah ngeblog menggunakan hp? jawabannya tentu bisa tapi terbatas. Lebih baik menulis di laptop atau smartphone?? 

Nah dalam memulai apapun kita pasti perlu modal. Kalau ada yang bilang mulai usaha A B C tanpa modal itu bohong. 

Waktu termasuk modal. Peralatan yang kita gunakan juga modal. Usaha tanpa modal???? Mungkin maksudnya usaha tanpa modal besar.

Jikalau ingin ngeblog minimal kita punya laptop. Kalau ngga punya berarti ngga bisa ngeblog?? Ya ngga juga, tetep bisa dengan menggunakan smartphone (hp).

Menulis di Smartphone

Seperti yang kita tahu hp itu layarnya kecil sehingga luas pandang terbatas. Belum lagi keyboardnya yang tidak ramah dengan jempol besar. Ini aku.

Menulis di hp tetap bisa dilakukan tapi dengan penuh kesabaran. Dan juga tidak bisa menulis sekali selesai. Ini pengalamanku sih.

Aku juga pernah mengunakan hp untuk menulis blog. Enak karena bisa dilakukan sambil rebahan tapi ya begitu kudu sabar karena sering typo dan tangan jadi cepat lelah.

Makanya aku bilang menulis di hp tidak bisa sekali duduk selesai. Selain itu mata juga menjadi cepat capek. 

Terus ngeblog dari hp bisa?? Bisa dong. 

Aku menggunakan aplikasi blogger yang ku unduh dari playstore. Karena aku memang menulis blog menggunakan blogspot. 

Tampilannya sama persis dengan di dashboard blogspot jika menggunakan laptop. Publikasi, menambahkan gambar, internal link juga bisa. Selesai nulis juga bisa langsung publikasi. 

Lama-kelamaan aku mulai pakai eksternal keyboard biar tangan tidak cepet pegel. Rasanya sama aja seperti menggunakan laptop. Terus orang pasti bertanya "kenapa ngga pake laptop sekalian?"

Saat itu masih riweuh sama anak balita. Menulis juga bisanya mengandalkan jam tidur atau pas dia lagi anteng main. Lebih gampang dan lebih cepet buka hp ketimbang laptop. 

Menyudahi kegiatan juga gampang. Ngga perlu shut down yang juga memakan waktu. Jadi tetap bisa menulis dalam keadaan apapun.

Menulis Menggunakan Laptop

Butuh waktu lama sih beralih dari menulis di hp ke laptop. Karena saat itu laptopnya juga sedang bermasalah. Buka laptop aja memakan waktu. Maklum ini laptop lama jadi dia sudah tua.

Eh ngga tau kena angin apa. Laptop ini semakin baik sama aku. Mulai dari banyak penyakit di awal tiba-tiba dia sembuh sendiri ya meski terkadang kambuh juga. Tapi kambuhnya ngga sering dan ngga parah. Pengertian banget emang perangkat satu ini.

Ketika semua baik-baik saja dan anak sudah mulai bertambah usia mulai deh itu menulis di laptop. Tapi masih pakai keduanya.

Menulis di aplikasi blogger itu tulisan langsung tersimpan sebagai draft. Nah ketika kita buka halaman blogspot kita dia otomatis tersinkronisasi. Jadi tulisan yang tadinya di draft di hp bisa langsung dilanjutkan menggunakan laptop. Jadi aku merasa dimudahkan.

Aku lupa kapan tepatnya tapi sekarang aku jadi lebih nyaman menulis menggunakan laptop. Mungkin juga karena anak sudah masuk playgroup jadi lebih ada waktu sendiri di rumah. 

Menulis di Laptop Vs Smartphone

Masing-masing perangkat ini tentu ada kegunaan khusus masing-masing. Semua bisa memberi kemudahan terlebih lagi smartphone kini juga bisa melakukan apa saja. 

Menulis di laptop sudah tentu lebih nyaman karena memiliki keunggulan layar yang lebih besar. Mengetik juga lebih enak. Bisa buka banyak jendela sekaligus jadi kerja lebih cepat. Mendesain blog juga lebih gampang dilakukan menggunakan laptop. 

Hanya saja jika menggunakan laptop posisi harus duduk dan ada bidang datar seperti meja. Bisa saja sih ndeprok (bahasa Indonesianya apa ya) di lantai tapi dijamin pegel semua badan. Dipangku juga bisa tapi lama-lama paha akan terasa panas. Paling nyaman memang diletakkan di atas meja.

Menulis di smartphone harus sabar karena lebih mudah typo dalam menulis. Pandangan mata juga terbatas pada kecilnya layar. Tidak bisa selesai dalam sekali mengetik. Cepat lelah. Mendesain blog sepertinya bisa tapi sangat beresiko. 

Tapi menulis di hp bisa dilakukan dimana saja, kapan saja dan dalam posisi apa saja. Menulis di hp menurutku lebih ke untuk menangkap ide. Membuat kerangka tulisan sederhana. 

Kesimpulan 

Ini kembali ke pribadi masing-masing sih. Ada juga kok orang yang lebih nyaman menulis di hp dari awal sampai selesai.

Tapi orang dengan waktu terbatas dan tingkat kesabaran setipis tissue seperti aku tidak cocok sepenuhnya mengandalkan hp. Aku tetap menggunakan keduanya. Untuk finalisasi tulisan sebelum dipublikasikan tetap dilakukan menggunakan laptop.


De Eka
프라나와 엄마. KDrama Lovers. Jung Yong Hwa fans. Bucinnya Suga & Jekey!

Related Posts

Posting Komentar