iluhnuna

Rencanakan Resolusi Tahun Baru 2023: Sadari Kemampuan Diri

2 komentar


resolusi blogger 2023

Sebentar lagi kita akan memasuki tahun baru 2023. Membuat resolusi awal tahun merupakan sebuah tradisi. Bukan hanya untuk blogger dengan tujuan merancang tujuan blog setahun kedepan. Tapi kita juga bisa merancang tujuan hidup kita menjadi lebih baik dari tahun kemarin. 

Resolusi tahun baru merupakan sebuah janji pada diri sendiri untuk memulai sesuatu yang baik mulai dari hari pertama di tahun baru. Karena topiknya adalah resolusi blogger jadi aku akan membahas rencana yang ingin dicapai seorang blogger dari blog yang dikelola. 

Catatan Akhir Tahun 2022

Begitu banyak yang terjadi di tahun 2022 ini. Salah satunya adalah menjadikan blog ini memiliki domain berbayar

Tidak ada niat sama sekali untuk ternak blog. Karena bingung harus bahas niche apa nantinya. Dari resolusi yang aku tetapkan di awal tahun menyambut 2022 bisa dibilang 50% nya terealisasi. Tentunya tujuanku dalam setahun tidak muluk-muluk. Realistis saja yang bisa digapai selama setahun.

Salah duanya adalah bisa lulus dari kelas Blogspedia Coaching yang menjadi titik lahirnya blog berdomain iluhnuna.com ini. 

Akhirnya tahun 2022 ini aku resmi mengelola dua blog sendirian. Jadi menambah tugas dan tanggungjawab ini. Dan pastinya nambah pengeluaran juga karena belum ada pemasukan. Gaya banget yak belum punya pemasukan udah punya dua blog berbayar pula.

2022 ini jumlah tulisan yang berhasil terbit di blog iluhnuna ini ada 49 tulisan. Ini merupakan awal yang baik karena terhitung blog yang baru lahir. Sayangnya karena tulisan terpecah menjadi dua, blog iluhwangbi yang berniche Korea tahun ini hanya bisa menerbitkan 31 tulisan. Padahal tahun 2021 kemarin bisa menerbitkan 60 tulisan.

Pageview tahun ini untuk blog iluhwangbi menurut data Google Analytics sejumlah 6.670. Tentunya ini adalah angka yang kecil. Kukira bisa tembus sepuluh ribuan. Sementara iluhnuna ku hanya mendapat pageview sejumlah 431. Wah sungguh angka yang sangat kecil dalam setahun ya. Boleh tertawa kok baca hasil ini teman nuna. 

Ini jadi PR sih agar terus konsisten menghasilkan jumlah tulisan yang sama tiap tahunnya. Lebih baik lagi jika berhasil meningkatkannya. Pageview juga harus mendapat perhatian lebih sih ini. 

Resolusi Untuk Tahun Baru 2023

Kali ini aku kembali menetapkan resolusi untuk blogku kedepannya. Ada beberapa tips yang aku terapkan dalam membuat resolusi ini yang selanjutnya aku sebut dia my yearly plan. Karena ini menjadi halaman depan untuk catatan my content plan

 Tips merancang resolusi tahun baru agar terealisasi:

1. Sadar Kemampuan Diri

Kemampuan tiap orang itu sudah pasti berbeda. Ada yang sanggup menulis tiga kali seminggu atau bisa one day one post. Pokoknya produktif sekali. Memang sih itu adalah hal yang baik bagi pertumbuhan blog dan mengasah kemampuan penulisnya juga. 

Tapi akan berbeda jika kita sudah berkeluarga. Apalagi sebagai ibu meski cuma dirumah saja tapi ada anak yang butuh pengasuhan dan suami yang butuh perhatian. Ngoyo??? boleh saja kalau sanggup. Karena katanya kan 

Emas dihasilkan dari ketidakmudahan.

Kalau aku memilih woles, bahasa bakunya apa ya?? Semacam santai tapi tetap produktif. Aku minimal menargetkan seminggu bisa nulis 2 kali. Kalau bisa lebih ya bersyukur. Karena ada hal lain juga yang dikerjakan di dunia nyata sebagai ibu dan sebagai istri. 

Jadi penting untuk menyadari kemampuan diri untuk menyelesaikan target. 

2. Target Mulai Dari Angka Kecil

Sama seperti ketika kita mulai berlari dimulai dari start (angka nol). Perlahan tapi pasti menuju garis finish. 

Karena aku masih termasuk blogger pemula jadi target angka yang bisa aku tetapkan tidaklah muluk-muluk. Aku tidak bisa menarget 1000 PV dalam sehari. Karena susah untuk digapai. Tidak realistis bagiku. 

Telaah dulu rata-rata sebulan pv berapa. Ingat karena kita baru mulai jadi mainnya masih di angka kecil. Membuat target terlalu besar akan menyusahkan diri sendiri pada akhirnya.

3. Mulai Aja Dulu

Buat yang baru pertama kali membuat yearly plan pasti bingung sih. Aku awalnya juga begitu. Apalagi blog masih baru. Belum mengetahui apa saja yang harus dicapai oleh seorang blogger. Lalu rencana tahunannya diisi apa?

Oke kalian bisa mulai aja dulu dari hal yang sudah diketahui atau tentukan target tulisan. Lihat kembali label postingan kalian. Sudah seimbang atau berat sebelah? Bisa dimulai dari menyeimbangkan post label. 

Tulis saja tahun ini bisa menulis 50 artikel misalnya. Cek DA PA blog dulu. Mulai deh buat target naikkan dua tingkat dulu dari angka awal. 

Dari sedikit tips tersebut untuk tahun ini ada delapan goals yang ingin aku realisasikan. Diantaranya tentu saja menaikkan angka DA PA dan PV blog. Target jumlah artikel yang akan dihasilkan. 

Dari delapan goals itu ada lima aksi yang aku tetapkan dan harus dilakukan. Karena sebuah resolusi yang baik harus memiliki tujuan, rencana dan aksi. 

Dengan menetapkan resolusi awal tahun bisa jadi penyemangat kita untuk mewujudkan apa yang sudah ditargetkan. Tentu dalam perjalanannya tidak akan semulus rencana.  

Manusia boleh memiliki rencana, niat dan usaha tapi hasil akhirnya tetap ditangan Tuhan  

Note:

Nulis quote terakhir jadi terbayangkan Jeon Jung Kook πŸ˜„


De Eka
ν”„λΌλ‚˜μ™€ μ—„λ§ˆ. KDrama Lovers. Jung Yong Hwa fans. Bucinnya Jekey!

Related Posts

2 komentar

  1. Semangaaatttt, dan setuju banget sih, yang pasti adalah mulai aja dulu.
    Kalau saya resolusinya masih hampir sama dengan tahun lalu, meski ada tambahan dikit sih, semoga kita semua selalu semangat :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba yg pasti kita selalu semangat update tulisan di blog.

      Hapus

Posting Komentar