iluhnuna

Menghubungkan Blog dengan Google Search Console

Posting Komentar

menghubungkan blog dengan google search consoleHai...hai teman nuna... 

Masih tetap semangat ngeblognya??? Oke semakin kesini kita makin menyadari bahwa ngeblog itu tidak melulu soal tulis menulis, desain infografis yang menarik. Tapi ada juga hal teknis yang harus kita pelajari. Kalaau dipikir duh mumet ya...

Setelah kemarin kita memasang Google Analytics yang lumayan ribet kali ini kita akan menghubungkan blog dengan Google Search Console yang caranya cukup simple. 

Ayo jangan menyerah ngeblognya. Segalanya itu memang rumit di awal, dimana kita memang baru memulai semuanya. Setelahnya kita tinggal memantau dan fokus menulis.

Mari kita bahas, tapi sebelumnya kita kenalan dulu yuk dengan tools gratis milik google yang membantu para pemilik website atau blog. 

Berkenalan dengan Google Search Console

Google Search Console adalah tools gratis yang disediakan google untuk memantau performa blog atau website.  Selain itu dengan GSC kita juga bisa mengukur trafik, mengoptimalkan konten blog, memperbaiki masalah yang ada di blog, mengetahui keyword populer dan masih banyak lainnya. 

Perbedaan Google Search Console dan Google Analytics

Google Analytics dan Google Search Console dari segi tampilannya saja sudah berbeda. Mana yang lebih penting?? Keduanya sangat penting bagi blogger. Jadi jangan buat salah satunya saja ya. 

Kita butuh Google Analytics untuk memantau pengguna (user) berinteraksi dengan blog kita. Sementara GSC untuk memonitor bagaimana mesin pencari (google crawler) berinteraksi dengan blog kita. 

Misal kita butuh GA untuk mengetahui trafik blog apakah organik atau tidak. Mengetahui pageview blog. Mengetahui rentang usia pengunjung, dominasi laki atau perempuan dsb-.

Untuk GSC kita bisa melihat kata kunci yang membawa pengunjung ke artikel, sehat tidaknya blog kita, meminta pengindeksan url artikel dll. 

Manfaat Dari Google Search Console

Mendaftarkan blog ke Google Search Console tentunya memberi kita pemilik blog banyak manfaat diantaranya adalah:

Identifikasi pengunjung

Google Search Console membantu memberi informasi pengunjung blog lebih banyak mengunjungi blog kita dengan perangkat desktop atau mobile. Dari negara mana mereka berasal dan lainnya.  

Optimalkan Konten

Kita juga bisa mengoptimalkan konten yang telah kita publikasikan dengan melihat bagian queries. 

Mengetahui Halaman Dengan Pengunjung Terbanyak

Memasang Google Search Console juga memberi tahu kita halaman mana yang paling banyak mendapat kunjungan. Ini juga bisa jadi bahan mengoptimalkan konten.

Submit Sitemap

Sitemap dalam sebuah blog ibarat daftar isi dalam buku. Nah untuk memudahkan Google merayapi isi blog kita sebaiknya kita melakukan submit sitemap.

sitemap dalam Google Search Console

Indexing

Pada bagian ini kita bisa mengetahui apakah blog kita sudah terindeks Google atau belum. Untuk cek artikel terbaru apakah sudah terindeks atau belum.

Request Indexing

Adanya fitur ini sangat membantu kita saat baru menerbitkan artikel agar lebih cepat terindek Google kita bisa melakukan Inspeksi URL kalau bahasa Indonesianya. Caranya tinggal copy url artikel kita ke bagian yang ada kaca pembesarnya lalu enter. 

Cepat atau tidaknya itu kembali lagi ke kehendak Google. Setidaknya kita sudah "nyolek" Google kalau ada artikel baru nih di blog aku. 

Menghubungkan Blog Dengan Google Search Console

Google Search Console bisa dihubungkan dengan blog yang masih berdomain gratis seperti blogspot maupun blog yang sudah berTop Level Domain

Cara menghubungkannya cukup mudah silahkan ikuti langkah berikut: 

1. Login ke laman Google Search Console dengan akun gmail yang sama dengan akun gmail saat membuat blog dan Google Analytics

2. Akan muncul jendela seperti di bawah ini. Pilih untuk membuat properti. Ada pilihan domain dan url prefix.

domain dan url prefix dalam GSC

Sedikit menjelaskan untuk yang memilih properti domain semua sub sub di bawahnya akan dicek. Baik menggunakan https atau tidak, menggunakan www atau tidak.

Untuk URL Prefix yang dicek datanya sesuai dengan url prefix yang didaftarkan. Misal kita mendaftarkan https://contoh.com. Jadi data yang yang dicek hanya https yang http tidak dicek datanya. Kalau memasukkan propertinya pakai www yang non www tidak akan dicek.

Untuk verifikasi juga berbeda.Untuk properti domain harus masuk ke pengaturan dns management tempat kita membeli domain. Ini ada di member area.

Untuk URL Prefix ada banyak pilihan metode (html tag, Google Analytics, Google Tag Manager, file html dan juga DNS)

3. Saya memilih properti domain. Masukkan nama blog teman-teman tanpa https ataupun www. Langsung ketikkan saja "contoh.com" lalu klik continue

4. Masuk ke Member Area tempat teman nuna membeli domain. Lanjut ke bagian DNS management. Copy code dari Google Search Console tersebut ke pengaturan DNS

verifikasi gsc dengan dns

5. Selesai verifikasi. Blog teman nuna sudah terhubung ke Google Search Console. Tinggal menunggu datanya dibaca oleh Google biasanya harus menunggu 1x24 jam.

Melakukan Perubahan Alamat

Buat teman nuna yang sudah pernah mendaftarkan blognya ke GSC sebelum menggunakan domain berbayar alias masih blogspot bisa melakukan perubahan alamat di GSC. Caranya juga cukup mudah.

1. Masuk  ke bagian setting

2. Pilih Perubahan Alamat. Lalu tambahkan properti

melakukan perubahan alamat pada GSC

3. Masukkan nama domain blog baru di bagian domain (karena aku ingin pakai properti domain)

4. Tara....langsung jadi

Untuk yang ini aku tidak perlu lagi copy kode ke dns karena aku sudah pemilik terverifikasi. Mungkin itu penyebabnya properti langsung jadi tanpa perlu memasang kode verifikasi lagi. Koreksi jika ini salah ya teman-teman.

Jadi gimana mudah bukan menghubungkan blog dengan Google Search Console. Jangan lupa daftarkan juga blog kalian agar cepat terindeks Google. Jadi tulisan kalian bisa menjangkau lebih banyak pembaca. 

De Eka
프라나와 엄마. KDrama Lovers. Jung Yong Hwa fans.

Related Posts

Posting Komentar