iluhnuna

Wisata Alam Kemit Forest Rekreasi Keluarga Ramah Anak

10 komentar
wisata jawa tengah

Berbicara tentang jalan-jalan kayaknya sudah lama banget ngga pernah jalan-jalan berwisata. Karena wisata bersama anak itu lebih ke berpindah tempat momong aja sih. Apalagi semenjak pindah tinggal. Ditambah juga dilanda pandemi. 

Jadi jalan-jalan berwisata itu udah kayak ogah aja gitu. Lebih milih ngedrakor di rumah atau nulis blog aja. Keluar pun lebih milih kulineran atau ngga ya sekedar ke Alfamart atau ngukur jalan aja. wkwkwk. 

Indonesia ini kan terkenal dengan garis pantainya yang luas. Nah untungnya juga aku masih tinggal di wilayah yang ada pantainya. Karena wisata murah meriah dan healing terbaik itu adalah pantai. 

Sejatinya aku juga kurang tahu pantai apa yang terkenal di Cilacap ini selain Teluk Penyu. Ditambah juga sebagian besar pantai disini adalah berpasir hitam jadi mari kita melipir dari pantai menuju hutan. 

Wisata alam yang aku kunjungi kali ini adalah Kemit Forest. Buat kalian yang sedang ada di Cilacap boleh berkunjung ke wisata alam Kemit Forest ini. Tapi jaraknya memang agak jauh dari pusat kota. 

Layaknya wisata hutan pinus kalian tentu akan dimanjakan suasana hutan yang asri yang telah dirubah sedemikan rupa sehingga menjadi cantik dan nyaman. 

Wisata Alam Kemit Forest Education

wisata alam kemit forest
sumber gambar : ig @kemitforestofficial edited by: iluhnuna

Wisata terdekat dari pusat kota Cilacap adalah pantai Teluk Penyu, Benteng Pendem atau Mall. Ketika hari berganti malam bisa menikmati suasana alun-alun Kota Cilacap yang selalu ramai. 

Tapi jika kalian ingin menikmati suasana yang asri panorama hijau yang menyejukkan mata dan ingin melepas penat kalian harus melipir jauh dari pusat kota ya. 

Lokasi yang bisa dituju salah satunya adalah Kemit Forest. Kebetulan aku juga pernah berkunjung ke tempat wisata ini pada akhir Januari 2022 karena penasaran dan bosen aja ke pantai terus. 

Kemit Forest merupakan kawasan hutan pinus yang disulap menjadi objek wisata. Tempat wisata ini juga ramah anak. Jadi tidak usah khawatir saat membawa anak kesini.

Kalian juga bisa mengajak keluarga besar untuk piknik disni. Buat kalian yang suka foto-foto pas benget nih karena disini juga tersedia spot foto instagramable.  

Jika ingin camping pihak pengelola Kemit Forest juga menyediakan arena Camping Ground. Hal penting saat memutuskan camping yaitu jangan lupa persiapan camping bersama anak harus diperhatikan. 

Harga Tiket Masuk

Bisa dibilang tempat wisata ini termasuk murah ya. Harga tiket masuk yaitu 20.000 per orang. Anak dibawah 5 tahun bebas biaya tiket. 

Harga tersebut sudah termasuk untuk menikmati 2 wahana yang tersedia yaitu melewati jembatan gantung dan satu lagi aku lupa. Karena memang tidak berniat mengulas tempat ini sebelumnya. Jadi minim dokumentasi.

Oh iya karena saat aku berkunjung suasana masih pandemi dan itu adalah awal-awal tempat wisata mendapat kelonggaran untuk buka jadi ada batas maksimal wisatawan boleh masuk dan wajib scan peduli lindungi. Tidak lupa prokesnya juga.

Untuk biaya parkir motor dikenakan tarif 3.000 per motor dan 5.000 untuk mobil. tempat parkirnya juga luas jadi tidak usah khawatir. Tempat wisata ini buka setiap hari dari jam 8 pagi sampai jam 6 sore.

Tentu saja harga tiket masuk dan retribusi parkir dapat berubah sewaktu-waktu. Itu adalah harga ketika aku berkunjung beberapa bulan lalu. 

Fasilitas Yang Tersedia 

taman bermain anak

Saat berwisata alam tentunya kita harus tahu fasilitas apa saja yang disediakan. Berikut adalah fasilitas yang tersedia di lokasi wisata:

  • Parkir luas
  • Pusat informasi
  • Toilet 
  • Mushola
  • Arena bermain anak
  • Spot foto 
  • Tempat duduk di bawah pohon pinus
  • Outbond area
  • Camping ground

Spot Foto Instagramable

Saat mengunjungi tempat wisata tidak lengkap rasanya kalau tidak mengabadikan momen. Tak sekedar mengabadikan momen dengan berfoto biasa saja, kita bisa berfoto di spot foto yang telah disediakan. Namanya jalan-jalan tentu untuk membahagiakan diri bukan.  

spot foto instagramable
sumber : dokumentasi pribadi

Spot fotonya juga dijamin aman dan pastinya instagramable. Berikut adalah spot foto yang tersedia di Kemit Forest

1. Rumah Hobit 

2. Sepeda Gantung

3. Ayunan Gantung

4. Jembatan Gantung

Selain keempat spot foto tersebut pastinya masih banyak tempat untuk bisa mengambil foto yang bagus dan menarik. Tentunya ini tergantung angel dan kemampuan mengambil foto sih ya. 

Alamat 

Tempat wisata ini terletak di Jl. Srikaya karanggedang- Sidareja, Karanganyar, Kec Gandrungmangu Kab. Cilacap, Jawa Tengah

Jarak tempuh dari pusat kota lumayan jauh sekitar 55 Km dan waktu tempuh kurang lebih 2 jam dengan kendaraan bermotor saat itu. 

Akses jalan juga sudah bagus dan bisa diakses menggunakan kendaraan roda 4 maupun roda 2. Karena untuk menuju lokasi jalannya menanjak jadi pastikan kendaraan kalian dalam kondisi yang baik ya. 

Kelebihan Dan Kekurangan Kemit Forest

Setiap tempat wisata pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya dimata pengunjung. Saat kita bilang tempatnya bagus eh pasti ada embel-embel tapi....

Ini adalah kekurangan dan kelebihan versi aku ya

Kelebihan

Karena merupakan wisata hutan pastinya ada ketenangan, suasana yang asri. Ditambah lokasinya terletak di ketinggian jadi menyuguhkan pemandangan yang indah. 

Kawasan wisata bersih dan jalan untuk menuju lokasi foto sudah dipaving jadi tidak usah khawatir sepatu atau sandal akan kotor. 

Terdapat khusus arena bermain anak yang luas. Jadi anak bisa bermain dengan aman dan nyaman.

Kekurangan 

Sayangnya untuk bisa menikmati bermacam permainan dan untuk masuk ke arena bermain anak harus kena biaya tersendiri. Tidak include dengan harga tiket masuk. Kalau tidak salah ingat untuk bisa masuk ke arena bermain anak harus membayar sekitar 10.000.

Tips Berwisata

Aku kurang tahu apakah lokasi wisata ini memang panas atau akunya yang salah perhitungan saat berkunjung. Kukira wisata alam hutan pinus begini ditambah letaknya di dataran tinggi akan terasa dingin atau minimal sejuk.

Tapi aku tidak merasakannya sama sekali. Yang terasa tetap panas sih. Mungkin kalian harus mencoba datang ke lokasi pagi hari atau sore hari sekalian.

Usahakan untuk membawa air minum dan snack karena di dalam tidak ada yang berjualan. Apalagi kita jalan-jalan bersama anak terlebih balita. Deretan pedagang adanya diluar sebelum loket tiket masuk.  

Nah itu dia sedikit cerita aku mengunjungi wisata alam Kemit Forest yang katanya adalah wisata kekinian di Cilacap. Tertarik untuk berkunjung? atau ada yang sudah kesini sebelumnya?? Bagaimana pendapat kalian??

De Eka
프라나와 엄마. KDrama Lovers. Jung Yong Hwa fans.

Related Posts

10 komentar

  1. Hehe persis spt aku jg mb, wisata bersama anak itu lbh ke pindah t4 momong...btw arena bermain anakny bagus mb👍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ada arena khusus mba buat anak² main

      Hapus
  2. Wah review wisatanya sama kaya aku mba, di hutan Pinus hahaha. Sama bgt mba, kadang dirumah terus pengen jalan2, udah jalan2 males kerempongannya mending rebahan sambil nonton drakor 😂 *serbasalah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi bener mba. Pengen jalan tp ya rempong

      Hapus
  3. Pengen wisata lagi, tapi anak masih kecil huhuhu 😪

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wisatanya ke tempat ramah anak mba. Pindah momong aja sih

      Hapus
  4. Aku belum pernah ke hutan pinus sih mbak, jadi agak kaget pas mbak eka bilang di sana agak panas. Gak dingin. Kalo hutan di Batu kayaknya dingin sih, hahaha..

    Emak2 kalo ada yang murah terus bisa buat anak pasti deh langsung gercep sat set sat set wkwk. Sebetulnya emaknya sih yang butuh healing 🙈🙈

    BalasHapus
    Balasan
    1. Akupun kaget mba. Kukira dingin atau sejuk malah panas. Kalo di batu mah pasti dingin. Di batu juga ada wisata hutan pinus aku pernah kesana kalo ngga salah namanha oemah kayu. Itu sih udaranya sejuk banget

      Hapus
  5. Ngomongin hutan pinus disini buah pinus dibuat selai teman", tapi belum pernah nyobain saya

    BalasHapus

Posting Komentar