iluhnuna

Coba Cara Membangun Hobi Membaca Ini Yuk!

Posting Komentar
hobi membaca

Hobi membaca buku bagi sebagian orang adalah kegiatan membosankan. Apalagi ditengah konten para youtuber atau selebgram lainnya yang lebih menarik.

Karlina Supelli seorang filsuf dan astronom perempuan ini pernah bilang bahwa membaca buku itu tidak bisa digantikan dengan menonton tiktok atau menonton film. Kinerja otak itu bisa menjadi tajam jika otak itu berdialog.

Yes! akupun setuju dengan pendapat beliau. Media sosial seperti tiktok saat ini memang sedang naik daun. Bahkan sedang berada di puncaknya kalau kataku. Segala informasi bisa kita dapatkan dari tiktok berkat pengguna yang suka berbagi konten video. 

Sayangnya banjir informasi ini jika tidak dibarengi dengan pengetahuan dan pemikiran kritis kita akan menjadi mudah termakan informasi sesat. Karena bagaimanapun, ada beberapa pengguna yang hanya mengejar ketenaran tanpa memikirkan kualitas kontennya. 

Banjir informasi ini perlu kita bendung dengan membentengi diri menggunakan ilmu dan pengendalian diri. Hal itu bisa kita dapatkan dari kebiasaan membaca. Lalu bagaimana cara membangun hobi membaca ini? 

Hobi Membaca Buku

Membaca buku adalah kegiatan positif untuk mengisi waktu luang dan mengalihkan diri dari pikiran negatif. Selain itu dengan membaca buku kita juga sedang menambah wawasan kita. 

Orang yang suka membaca biasa disebut dengan kutu buku yang identik digambarkan sebagai bocah kuper. Why???

Padahal menurutku orang yang suka membaca itu keren loh. Kita pasti akrab melihat bule yang suka berjemur di pantai atau lagi santai-santai pasti ditemani buku. 

Bahkan ketika di bandara melihat bule-bule itu selalu menunggu dengan ditemani buku. Kebiasaan yang bertolak belakang dengan kita, orang Indonesia.

Padahal membaca buku itu bisa membunuh waktu dengan baik jika dibandingkan dengan scrolling media sosial. Itulah yang kini sedang aku terapkan. Karena aku sedang merasakan dampak tidak sehat terlalu sering bermain media sosial. 

Cara Membangun Hobi Membaca Agar Menjadi Kebiasaan

Membaca buku pada umumnya mampu meningkatkan kapasitas otak. Terlebih bagi seorang penulis yang selalu butuh banyak kosakata dan ide. 

cara membangun hobi membaca

Dengan membaca dapat memberi kita asupan kosakata, wawasan, serta melatih meningkatkan fokus dan konsentrasi. Namun membaca buku agar menjadi sebuah kebiasaan itu perlu dilatih. Ini dia caranya

1. Cintai Buku

Untuk bisa memulai sesuatu dengan baik konon katanya kita harus memulainya dengan rasa suka. Jika ingin membangun hobi membaca buku maka kita harus suka pada buku.

Buku itu cantik dan menyenangkan. Bayangkan perasaan saat memegang sebuah buku. Membuka setiap lembar halamannya. Hal itu menenangkan. 

Jika memang susah menyukai buku fisik, ada pilihan untuk membaca buku secara online atau buku digital. Sangat dimudahkan bukan.

2. Tujuan Membaca Buku

Tentukan apa tujuanmu membaca buku. Apakah sebagai hiburan, mempelajari hal baru, sarana penyembuhan diri dan sebagainya.

Dengan memiliki tujuan itu kamu akan menemukan buku yang tepat sebagai teman menghabiskan waktu. 

3. Pilih Bacaan Yang Disukai

Selaras dengan tujuan membaca yang akhirnya akan membawamu pada buku yang kamu sukai. Jangan hanya ikut-ikutan trend dengan memaksakan diri membaca buku yang sedang viral padahal kamu tidak menyukainya. 

Berat kalau kata Dilan. 

Pilihlah buku yang memang kamu suka. Bisa dari judulnya yang menarik, sinopsisnya bikin penasaran atau sampulnya yang unik. 

4. Sempatkan Waktu

Kalau aku membaca buku itu butuh keheningan agar kita ingat apa yang sudah dibaca.Tapi terkadang aku juga membaca buku ketika aku bingung harus mengerjakan apa.

Jadi membaca adalah pilihanku. Terlebih mengingat tujuanku akhir-akhir membaca adalah untuk mengurangi scrolling hp ketika gabut (perasaan tidak jelas dan tidak tahu harus berbuat apa). 

Tidak harus sekali duduk harus menghabiskan banyak lembar. Selembar atau bahan dua lembar pun tak mengapa. Perlahan itu akan membangun kebiasaan.  

5. Selalu Membawa Buku

Bawalah satu buku kemana pun kamu pergi baik buku fisik maupun buku digital. Jadi kamu bisa membiasakan membaca buku saat sedang lenggang seperti mengantri atau menunggu. Cobalah juga membaca buku saat perjalanan mudik

Kesimpulan

Hobi membaca buku kerap dianggap kegiatan yang membosakan. Padahal membaca buku adalah kegiatan positif untuk mengisi waktu luang, mengalihkan diri dari pikiran negatif dan menambah wawasan kita. 

Menanamkan kebiasaan membaca buku itu perlu dilatih dengan 5 cara yang sudah aku paparkan diatas. Coba diterapkan pelan-pelan dan mari kita membangun hobi membaca bersama. 


De Eka
프라나와 엄마. KDrama Lovers. Jung Yong Hwa fans. Bucinnya Suga & Jekey!

Related Posts

Posting Komentar