iluhnuna

Manfaat Mendengarkan Musik Favorit Dalam Beraktivitas

Posting Komentar
manfaat mendengarkan musik

Aktivitas mendengarkan musik adalah hobi yang memberikan rasa senang sekaligus rileks. Biasanya orang mendengarkan musik sebagai teman dalam melakukan beragam kegiatan.

Ada orang yang berolahraga sambil mendengarkan musik, sebagai teman belajar dan bagi ibu rumah tangga seperti aku ini mendengarkan musik untuk teman beberes rumah atau memasak. 

Karena tidak bisa dipungkiri melakukan aktivitas yang monoton terkadang membuat kita menjadi jenuh dan butuh hiburan. Hiburan sederhana yang bisa kita nikmati sambil mengerjakan pekerjaan itu adalah mendengarkan musik.

Ternyata manfaat mendengarkan musik itu bukan hanya sebagai teman yang menyenangkan untuk menyelesaikan tugas. Ada lebih dari itu. 

Mari kita cari tahu bersama manfaat mendengarkan musik favorit. 

Manfaat Mendengarkan Musik Dalam Beraktifitas

Sadarkah kalian jika musik itu bisa mempengaruhi pikiran dan perasaan kita? Bukankah kita mendengarkan musik tergantung pada mood kita pada hari itu?

Saat sedang marah kita pasti punya satu lagu yang bisa mengekspresikan rasa marah tersebut. Begitu pula dengan perasaan sedih dan bahagia.

Pengaruh ini yang tanpa kita sadari ternyata memberikan dampak yang positif loh.

Memperbaiki Mood

Namanya manusia mood atau suasana hati itu seringnya cepat berubah. Apalagi perempuan. Selain faktor internal ada juga faktor eksternal yang jadi perubahan suasana hati ini.

Untuk mengendalikan mood ini kita butuh sarana relaksasi. Mendengarkan musik favorit ini jadi sarana yang mudah kita gunakan.

Karena ternyata saat mendengarkan musik favorit otak memberi respon dengan melepaskan dopamin. Senyawa dalam otak yang berfungsi memunculkan rasa nyaman.

Membangun Imajinasi

Musik favorit yang kita dengarkan bisa membawa kembali momen di masa lalu. Karena ingatan yang jauh dalam pikiran itu bisa kembali muncul disaat ada pemicunya.

Sebagai mom blogger yang butuh ide dan inspirasi tulisan mendengarkan musik bisa jadi pemicu imajinasi dan ide itu tiba-tiba muncul.

Mengurangi Stress

Kata orang yang bisa stress itu hanya orang yang bekerja. Ibu yang hanya di rumah saja stress nya apa sih??

Begitulah narasi yang kerap kali aku dengar. Namun kenyataannya bahwa ibu rumah tangga itu cenderung lebih gampang stress dibandingkan dengan orang yang bekerja.

Dia mendapat tekanan dari berbagai sisi. Ditambah minimnya waktu dan kesempatan untuk menghibur diri sendiri. 

Dengan mendengarkan musik favorit pikiran menjadi tetap fokus dan rileks. Sehingga pikiran lain yang menjadi penyebab munculnya stress bisa ditekan.  

Mengalihkan Pikiran

mengalihkan pikiran dengan musik

Dalam beraktifitas terkadang pikiran kita kerap kali "liar"memikirkan sesuatu yang belum terjadi. Khawatir dengan sesuatu yang akhirnya dipikirkan berlebihan atau bisa kita sebut overthinking.

Menjadi overthinker itu sebenarnya tidak enak. Karena sangat mengganggu pikiran. Sehingga rentan stress.

Mendengarkan musik sambil beraktifitas ini bisa jadi sarana mengalihkan pikiran negatif ke hal yang lebih positif. Ini juga berkaitan dengan munculnya imajinasi dan ide pada akhirnya. 

Menghindari Gangguan

Dalam beraktifitas di luar rumah terkadang kita tidak ingin diganggu. Contohnya ketika olahraga di luar rumah. 

Memasang headphone sambil berolahraga selain memberi perasaan tenang juga menghindari diri dari gangguan berisik di sekitar. 

Atau sebagai introvert ada masa dimana kita hanya ingin sendiri tanpa gangguan dari siapapun. Mendengarkan musik ini bisa dibilang sebagai alibi untuk menghindari gangguan yang tidak kita inginkan tersebut. 

Adakah Waktu Yang Tepat Untuk Mendengarkan Musik?

Kalau teman nuna punyakah waktu tertentu untuk mendengarkan musik? Coba dengarkan musik di waktu-waktu ini.

Pagi Hari

Segala aktifitas bisanya dimulai dari pagi hari bahkan ibu-ibu ada yang memulainya dari sebelum waktu subuh. 

Coba deh mendengarkan musik di pagi hari. Hal ini akan memperbaiki mood kamu seharian. Dalam suasana rumah yang tenang sambil mengerjakan pekerjaan domestik. 

Mendengarkan musik K-pop adalah favoritku. Kita bisa gunakan headset agar tidak mengganggu tetangga sekitar dengan musik kita. 

Menggunkan headset juga seolah membawa musik jauh lebih masuk ke dalam hati dan pikiran lo. Tapi perhatikan durasi penggunaannya. Karena penggunaan yang terlalu lama juga tidak baik bagi kesehatan pendengaran. 

Dalam Perjalanan

Untuk durasi perjalanan lama aku biasanya ditemani lagu-lagu favoritku. Ketika pulang kampung yang membutuhkan waktu perjalanan panjang agar tidak jenuh saat mudik

Kesimpulan

Hobi mendengarkan musik adalah teman yang baik dalam melakukan berbagai aktifitas. Selain sebagai hiburan, manfaat mendengarkan musik juga baik bagi pikiran dan perasaan.

Dengan mendengarkan musik kita bisa mengurangi rasa stress, meningkatkan mood bahkan bisa sebagai pemicu munculnya ide atau imajinasi. Ide atau imajinasi ini sangat dibutuhkan oleh seorang blogger atau penulis. 



De Eka
프라나와 엄마. KDrama Lovers. Jung Yong Hwa fans. Bucinnya Suga & Jekey!

Related Posts

Posting Komentar