iluhnuna

Dampak Negatif Mendengarkan Musik Dengan Earphone

Posting Komentar
dampak negatif mendengarkan musik

Di jaman sekarang ini mendengarkan musik menggunakan earphone maupun headphone adalah hal yang lumrah kita temui. Baik di tempat umum sekalipun.

Era gadget ini memang sangat memanjakan generasi muda saat ini. Mereka bisa melakukan aktivitas apa saja hanya dengan membawa gadget mereka. 

Disamping itu adanya perubahan gaya hidup yang sekarang ini lebih ke individualis. 

Hal itu mendorong anak muda jaman sekarang suka mendengarkan musik menggunakan earphone. Karena kita menikmati musiknya sendiri tanpa khawatir mengganggu orang lain di sekitar kita.

Namun yang harus kita perhatikan adalah ada dampak negatif mendengarkan musik dengan earphone ini. Maka sebaiknya kita menggunakan perangkat ini dengan bijak. 

Dampak Menggunakan Earphone Terlalu Lama

Mendengarkan musik itu memang menyenangkan. Apalagi pilihan lagu itu selalu bisa mewakili perasaan. Saat jenuh ataupun bosan kita juga cenderung mendengarkan musik. 

Terlebih mendengarkan musik menggunakan earphone itu lebih menyenangkan karena suara terdengar jelas dan jernih. Namun ada dampak negatif jika pengunaannya tidak dengan bijak.

1. Komplikasi Pendengaran

masalah pendengaran

Saat menggunakan earphone biasanya kita menyetel lagu dengan volume terlalu keras tanpa kita sadari. Terlebih pada lagu yang kita sukai. 

Meskipun manfaat mendengarkan musik sangat bagus untuk mood tapi jika kita mendengarkannya dengan berlebihan juga tidak baik. Ingatlah sesuatu yang berlebihan itu selalu tidak baik akhirnya.

Volume yang keras ini bisa menimbulkan gangguan pendengaran. Maka ketika mendengarkan musik dengan earphone atur volume suara maksimal 60% dari volume maksimal.

2. Infeksi telinga

Menggunakan earphone juga bisa membuat infeksi telinga. Sebab earphone menghalangi saluran udara masuk ke telinga jika digunakan dalam waktu yang lama. 

Selain itu jika earphone dipakai berganti-ganti dengan orang lain maka resiko transfer bakteri akan lebih mungkin terjadi. 

3. Rasa Sakit Pada Telinga

Terlalu lama menggunakan earphone juga bisa menyebabkan rasa sakit pada telinga luar maupun dalam. Bisa juga menimbulkan dengungan pada telinga. 

Jika telinga sudah mulai berdengung sebaiknya akhiri penggunaan earphone dan biarkan telinga beristirahat. 

4. Tuli Sementara

Saat  kita menggunakan earphone terlalu lama dengan volume suara yang keras bisa membuat telinga kita tuli sementara atau mati rasa untuk sesaat.

Namun telinga bisa kembali normal dalam beberapa waktu. Jika teman nuna ada yang pernah mengalami ini sebaiknya dikurangi penggunaan earphonenya. 

Meski hanya sesaat tapi dampaknya bisa saja jadi permanen jika kita mengabaikan sinyal awal ini. 

Cara Bijak Mendengarkan Musik Dengan Earphone

Mendengarkan musik dengan earphone bukan berarti harus dihindari apalagi harus dihentikan permanen. Hanya saja kita harus lebih bijak lagi dalam menggunakannya. Agar dampak negatifnya bisa kita minimalkan.

🌸Atur 

Atur volume 60% dari volume maksimal.

🌸Hindari 

Hindari penggunaan earphone lebih dari 1 jam. 

🌸Jangan 

Jangan mendengarkan musik dengan earphone saat akan tidur. Lebih baik gunakan speaker saja. 

Jangan gunakan earphone bergantian. 

🌸Jaga 

Jaga kebersihan telinga dengan rajin membersihkan telinga bagian luar dan juga bagian dalam.

Jaga kebersihan earphone dengan membersihkannya secara berkala. 

🌸Pilih

Pilih earphone yang tepat dan kualitasnya bagus. Maka suara yang dihasilkan juga baik. pertimbangkan earphone yang memiliki peredam bising atau noise limiter.

Kesimpulan

Mendengarkan musik menggunakan earphone memang menyenangkan dan lebih privasi. Apalagi kita sedang ada berada di tempat umum dan merasa bosan. Mendengarkan lagu favorit biasanya menjadi pilihan. 

Tapi ada dampak negatif mendengarkan musik menggunakan earphone jika terlalu lama dan berlebihan. Hal ini tentu saja tidak baik bagi pendengaran dan kesehatan telinga. Maka kita harus menggunakan earphone dengan cara yang bijak. 


De Eka
프라나와 엄마. KDrama Lovers. Jung Yong Hwa fans. Bucinnya Suga & Jekey!

Related Posts

Posting Komentar