iluhnuna

Rasakan Manfaat Dari Membaca Buku Bagi Kesehatan

Posting Komentar
manfaat dari membaca buku

Membaca buku boleh kan aku katakan adalah hobi yang agak mahal. Seperti yang kita tahu harga satu buku bisa dibilang lumayan menguras kantong bagi yang ekonominya pas-pasan. Maka wajar kalau kita sebut ilmu itu mahal.

Tapi bukan berarti kita harus mengubur hobi tersebut bukan?

Saat ini sumber bacaan sudah tersedia secara digital maupun cetak. Sudah tidak seperti dulu. Kalau ingin membaca harus beli buku atau meminjam. Seharusnya tidak ada alasan bagi kita untuk tidak membaca. 

Aku orang yang memang sudah jatuh cinta pada buku dari kecil. Sayang kebutuhan akan bisa membaca buku yang aku suka tidak bisa terpenuhi.

Sehingga saat aku sudah bekerja aku mulai membahagiakan diri dengan membeli buku-buku yang aku suka. Ketika aku jenuh atau bosan tempat terbaik untuk healing adalah toko buku.

Karena itu aku sendiri merasakan manfaat dari membaca buku tersebut. Apa saja itu??

Membaca Buku Adalah

Membaca adalah kegiatan yang bertujuan untuk menemukan berbagai informasi yang ada pada tulisan. Membaca melibatkan proses berfikir untuk memahami isi yang sedang dibaca. 

Jadi membaca bukan hanya sekedar melihat kumpulan huruf, kelompok kata, kalimat, paragraf dan wacana. Tapi lebih ke memahami dan menginterpretasikan tulisan yang penuh makna tersebut agar dapat dipahami dan diterima oleh pembaca.

Membaca merupakan kemampuan yang harus dimiliki oleh setiap orang karena memiliki peran yang sangat penting. Sebab semua proses belajar dimulai dari kemampuan membaca. 

Makin baik kemampuan membaca orang tersebut maka akan mempengaruhi pola pikir dan mengolah informasi yang diterima. 

Manfaat Dari Membaca Buku 

manfaat membaca bagi kesehatan

Membaca buku memiliki segudang manfaat yang ternyata baik bagi kesehatan dan juga pikiran. Berikut adalah manfaatnya:

1. Menyehatkan Otak

Membaca ibarat mengajak otak kita berolahraga. Karena saat kita membaca kita juga mengajak otak untuk berfikir. Menjelaskan maksud tulisan yang kita baca.

Ketika membaca novel kita juga mengajak otak untuk turut berimajinasi membayangkan latar dan kejadian yang ada dalam cerita tersebut. 

2. Melatih Memori

Membaca itu membuat kita fokus dan konsentrasi. Mustahil kita bisa membaca dan menangkap maksud tulisan itu saat kita tidak fokus. 

Belajar fokus dan konsentrasi inilah yang akhirnya juga melatih memori otak kita sehingga daya ingat kita bisa semakin tajam. 

3. Memberi Motivasi

Membaca itu tentu saja memberi kita motivasi dan inspirasi sebab ada banyak jenis bacaan yang bisa kita pilih. Bahkan cerita dalam kisah fiksi seperti novel pun bisa memberi kita motivasi dan kekuatan untuk menjalani hidup. 

4. Menjaga Kewarasan

Hidup ini penuh tekanan yang bisa membuat stress dan depresi makanya kamu butuh tempat pelampiasan. Pelarian baik yang bisa kamu lakukan adalah membaca dan menulis. 

Membaca buku dapat mengalihkan perhatianmu dari keseharian yang menyebalkan dan berat. Bahkan kamu bisa mendapat dukungan dari rangkaian kata yang ada di dalamnya. 

5. Meningkatkan Kemampuan Menulis

Memilih menjadi penulis tentu saja kita harus suka membaca agar kita bisa menyusun kata-kata yang indah dan menarik. Dengan membaca juga kita jadi memperkaya kumpulan ide agar tidak mengalami writer's block.

Kesimpulan

Hobi membaca termasuk hobi yang bisa dikatakan cukup mahal. Namun adanya kemudahan akses dan internet sekarang ini sudah memudahkan semua itu.

Manfaat dari membaca buku sangat baik bagi kesehatan pikiran kita. Aku merangkumnya menjadi lima manfaat yang harus kamu ketahui. 

Adakah manfaat lainnya dari teman nuna? Mari kita sharing di kolom komentar. 



Referensi:

repository.radenfatah.ac.id/16583/3/BAB%202.pdf


De Eka
프라나와 엄마. KDrama Lovers. Jung Yong Hwa fans. Bucinnya Suga & Jekey!

Related Posts

Posting Komentar