iluhnuna

Skincare Rutin Untuk Ramadan, Kulit Sehat Terhidrasi Selama Puasa

Posting Komentar

skincare rutin untuk ramadan

Selama puasa apakah rutinitas skincare juga ikutan puasa? Oh tentu saja tidak. Berbahaya jika kita berhenti melakukan perawatan di rumah. Apalagi sebentar lagi lebaran. Tentu saja kita tidak mau tampil kusam ketika momen lebaran tiba.

Iya melakukan perawatan wajah itu sangat penting. Karena kondisi kulit wajah dan kulit tubuh itu berbeda. Jelas perlakuannya berbeda pula. 

Bahkan menjelang lebaran seperti ini tak terkecuali ibu-ibu bersiap melakukan treatment ke klinik kecantikan agar bisa tampil paripurna dan glowing dong.

Meski melakukan treatment tentu saja kita tidak bisa melepaskan skincare rutin untuk ramadan. Basic skincare tetap kita lakukan di rumah apalagi cuaca saat ini teriknya sangat menyengat.

Kenali Kondisi Kulit

Sebelum memilih rangkaian produk skincare, langkah yang kita harus lakukan pertama kali adalah mengenali kondisi kulit wajah kita. 

Apakah kulit wajah kita termasuk kulit kering, kulit wajah berminyak, kulit sensitif atau bahkan kulit kombinasi.

Dengan mengenali jenis kulit setidaknya menghindari kita dari salah membeli produk skincare. Apalagi kalau belinya sepaket. Kan mubazir jika akhirnya tidak terpakai.

Kondisi kulit seseorang dipengaruhi oleh faktor genetik, lingkungan, kebiasaan, dan kondisi penyakit tertentu. 

Cara Mengetahui Jenis Kulit Wajah Kita

cara mengetahui jenis kulit wajah

Seperti yang aku katakan di atas kulit wajah kita terbagi dalam beberapa jenis. Tapi bagi beberapa orang mengenali jenis kulit wajah sendiri masih terbilang susah. 

Aku pun dulu seperti itu. Jaman ABG masih belum mengerti arti memilih skincare. Pokoknya asal pakai saja atau membeli berdasarkan apa yang banyak dipakai oleh teman-teman.

Tentu saja semakin kesini aku semakin belajar memilih skincare yang tepat untuk kulit. Bahkan aku juga mulai belajar mengenali jenis kulitku.

Uniknya adalah semakin bertambah usia jenis kulit wajah kita juga ikut berubah. Sebagai contoh ketika remaja kulit wajahku termasuk jenis kulit wajah berminyak dan berjerawat.

Ketika memasuki usia kerja kulit wajahku termasuk kulit kering kombinasi. Bahkan pernah yang sampai kering sekali rasanya. 

Untuk membantu memilih agar tidak salah menggunakan skincare, ada beberapa cara untuk mengetahui jenis kulit wajah kita yaitu

1. Merasakan Tekstur Kulit

Hal yang harus dilakukan adalah mencuci muka ketika di pagi hari dan keringkan menggunakan handuk. 

Diamkan kulit tanpa menggunakan produk apapun. Sebaiknya kita mencuci wajah menggunakan air saja tanpa sabun muka.

Hasilnya:

  • Kulit terasa lembut, kenyal. tidak teriritasi, tidak tertarik berarti kulit normal.
  • Jika terasa tertarik, kencang, kasar, bahkan terlihat kulit ari mengelupas itu tandanya kulit kering
  • Tampak bersinar dan terasa lengket bahkan meninggalkan bekas minyak di tangan sudah dipastikan itu tanda kulit berminyak.
  • Jika hanya berminyak pada area dahi, hidung dan dagu sementara area pipi terasa kering itu tanda kulit kombinasi
  • Jika gatal, kemerahan dan meradang itu termasuk kulit sensitif.

2. Gunakan Kertas Minyak 

Kertas minyak yang dimaksud ini khusus wajah ya teman. Bukan kertas minyak pembungkus makanan itu. Barangkali ada yang salah paham.

Face oil paper ada banyak mereknya bahkan bisa dibeli di toko indo april terdekat. Bentuknya kecil dengan tujuan mudah dibawa.

Cara melakukan tes nya adalah

cuci muka, keringkan dan diamkan tanpa menggunakan produk apapun 

Setelah 3 jam tempelkan kertas minyak pada wajah.

Ini hasilnya

  • Jika ada minyak maka kulit wajah kalian kategori kulit berminyak
  • Jika tidak ada bekas minyak pada kertas maka kulit wajah termasuk kulit normal
  • Jika kertas minyak tidak mau menempel berarti kulit wajah kalian termsuk kulit kering sekali
  • Jika ditemukan bekas minyak pada area dahi, hidung dan dagu artinya kalian memilki kulit wajah kombinasi

Memilih Produk Yang Tepat

Setelah mengetahui jenis kulit kita, saatnya untuk memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan kulit. Ada beragam merek skincare yang dijual di pasaran. 

Meski begitu tetaplah untuk berhati-hati dalam memilih produk skincare. Perhatikan kualitas, tekstur dan keamanan produk. Periksa juga ijin edarnya yang dikeluarkan oleh BPOM. 

Pemilik kulit kering seperti aku rentan terlihat kusam dan tidak bercahaya. Apalagi kalau bertemu dengan cuaca dingin. Musuh bebuyutan banget. 

Penggunaan tabir surya, pelembab wajah bertekstur krim wajib selalu digunakan. Hindari juga jenis produk yang mengandung alkohol karena bisa menambah kekeringan kulit.

Kenalan Dengan Produk Theraskin

produk theraskin

Theraskin merupakan produk skincare lokal sejak tahun 2011 yang telah bersertifikat BPOM. Jadi produk ini tentunya aman dan halal digunakan baik dalam jangka waktu yang lama.

Theraskin merupakan skincare yang dikembangkan bersama dokter kulit dalam mengatasi masalah kulit kita. 

Fokusnya ada pada pengembangan produk yang dapat digunakan dalam jangka panjang sehingga aman dan efektif digunakan untuk perawatan sehari-hari. Serta dengan harga yang terjangkau.   

Memiliki kulit yang sehat tentunya dimulai dari pemilihan produk yang tepat. Sebagai produk medical skincare, Theraskin memiliki rangkaian produk yang sesuai dengan jenis kulit kita. 

Ada paket produk untuk kulit berminyak &jerawat, kulit kusam & flek, penuaan serta kulit kering & sensitif.

Selain dijual dalam bentuk paket, produk Theraskin ini bisa juga dibeli secara satuan. Tentu saja harga paket lebih murah jika dibandingkan dengan membeli satuan. 

Theraskin Perfect Glow Series

theraskin perfect glow series

Karena aku memiliki jenis kulit wajah kering jadi aku mau memperkenalkan Perfect Glow dari Theraskin ini. 

Produk ini mengandung bahan utama Niacinamide dan Licorice yang membantu mencerahkan dan melembabkan kulit. 

Dilengkapi juga dengan kandungan Alpha Arbutin untuk meratakan warna kulit dan menyamarkan dark spot. Phyllantus Emblica Friut Extract sebagai bahan antioksidan dan membantu mencerahkan kulit.

Perfect glow series ini telah mengantongi sertifikat halal MUI dan terdaftar BPOM RI No. NKIT220000779. Jadi tidak perlu diragukan lagi keamanan produknya.

cek produk bpom

Produk ini digunakan pada pagi dan malam hari. Hanya saja untuk produk Spotless Serum digunakan pada pagi hari sementara Brightening Serum digunakan pada malam hari. 

Digunakannya setelah pengaplikasian Toner Essence dan sebelum Face Cream.

Kesimpulan

Berpuasa bukan berarti aktifitas skincare kita juga berhenti. Justru kita harus tetap merawat kulit wajah kita agar tetap terhidrasi dan sehat.

Skincare rutin untuk ramadan dilakukan dengan tetap memperhatikan kebutuhan kulit kita. Ada beragam jenis kulit wajah yang juga harus disesuaikan dengan produk perawatan. 

Theraskin sebagai medical skincare berusaha mengatasi permasalahan kulit kita. Theraskin memiliki beragam produk yang sesuai dengan jenis kulit kita. Pilihlah produk yang sesuai dengan kebutuhan kulit masing-masing. 




Referensi:

https://www.halodoc.com/artikel/kenali-5-tes-sederhana-untuk-mengetahui-jenis-kulit 

https://theraskin.co.id/produk/


De Eka
프라나와 엄마. KDrama Lovers. Jung Yong Hwa fans. Bucinnya Suga & Jekey!

Related Posts

Posting Komentar