iluhnuna

Cara Memperbanyak Bunga Pentas Dengan Cara Mudah

7 komentar
cara memperbanyak bunga pentas

Berkebun merupakan hobi yang bisa dilakoni di rumah saja. Terlebih lagi ketika pandemi banyak orang yang tidak bisa keluar rumah dan memilih berkebun sebagai hobi baru mereka.

Ada yang fokus berkebun dengan mempercantik halaman rumah lewat tanaman hias ada pula yang asik berkebun dengan tanaman bermanfaat seperti buah-buahan. 

Aku sendiri lebih suka merawat tanaman hias karena halaman rumah yang terbatas tidak memungkinkan untuk melakukan olahraga diluar rumah apalagi menanam berbagai tanaman kaya manfaat seperi daun salam, ataupun berbagai buah-buahan.

Tanaman hias pun akhir-akhir ini mulai menjamur dan bersaing menjadi tanaman populer. Ada yang berburu aglonema mulai dari harga puluhan hingga ratusan ribu. Ada pula jenis keladi-keladian yang populer akhir-akhir ini. Harganya juga tidak main-main.

Aku menyukai tanaman hias yang berbunga tapi tidak mawar. Awal aku melihatnya dia sangat sederhana tapi memiliki bunga yang cantik. Iya tanaman kembang pentas namanya. 

Harganya juga tidak selangit dan cukup ramah dikantong. Seperti apa sih bunganya dan bagaimana cara memperbanyak bunga pentas akan aku bahas di artikel ini.

Apa Itu Bunga Pentas?

Nama latin bunga pentas adalah pentas lanceolata. Bunga ini merupakan bunga hias yang cukup populer karena mudah perawatannya dan memiliki jumlah bunga yang banyak, bergerombol sehingga tampak cantik diantara hijaunya daun.

Pentas lanceolata merupakan salah satu tanaman bunga yang berasal dari Afrika Timur sampai Arab Selatan dan salah satu ciri yaitu bunga yang rajin berbunga sepanjang waktu tanpa mengenal musim.

Penampilan bunga ini menawan sehingga kerap dipanggil dengan egyptian star (bintang Mesir) karena mirip dengan bunga soka dan mempunyai bentuk daun seperti daun kemangi. 

Ciri-Ciri Bunga Pentas

Buat yang pernah nonton drama Korea Move to Heaven bunga ini pernah muncul di salah satu episodenya dan ternyata memiliki arti yang mendalam. 

Bunga pentas jika dilihat sekilas mirip bunga soka. Memiliki bunga rimbun bergerombol dengan warna terang meski bunganya termasuk kecil-kecil.

Tanaman ini memiliki bunga dengan warna merah, ungu, krem dan putih berbentuk seperti bintang. Daunnya meruncing kecil berwarna hijau dengan permukaan daun yang sedikit berambut.

Tanaman ini bisa tumbuh mencapai tinggi 15 sampai 30 cm saja. Sangat cocok diletakkan di pot. Tapi jika ditanam langsung di tanah maka akan lebih bagus lagi. Karena sifatnya seperti semak. Jika berbunga akan tampak indah sekali memenuhi kebun.

Sayangnya bunga ini termasuk bunga yang tidak berumur panjang. Meski perawatannya mudah bunga ini harus rajin disiram. Jika berada di bawah terik matahari dia cepat layu.

Karena tidak berumur panjang kita harus memperbanyak tanaman ini jika ingin selalu memilikinya di rumah. cara memperbanyak bunga pentas bisa dibilang cukup gampang. Aku tau cara ini secara tidak sengaja karena sebuah keisengan saja.

Cara Merawat Bunga Pentas

Menanam tanaman ini dibutuhkan tanah yang gembur dan sehat. Dapat pula menggunakan campuran tanah subur dengan sekam dan pupuk organik. Jika tidak ingin repot di toko tanaman biasanya sudah ada yang jual tanah siap pakai.

nama latin bunga pentas

Selanjutnya lakukan perawatan dasar pada tanaman jika ingin tumbuh dengan bagus dan berbunga cantik.

1. Penyiraman

Tanaman ini membutuhkan cukup air karena bentuk batangnya bukan batang berongga yang dapat menyimpan air. Lakukan penyiraman di sore hari. Perhatikan kondisi cuaca. Jika panas terik bisa dilakukan penyiraman setiap hari. Tapi berhati-hati pula jika terlalu basah maka akar akan cepat busuk

2. Pemupukan

Rekomendasi pupuk yang dapat digunakan adalah Npk untuk memicu pertumbuhan tunas baru.

3. Pemangkasan

Hal ini dilakukan untuk menjaga bentuk tanaman tetap cantik dan berbunga dengan rata dan indah. Proses pemangkasan dapat dilakukan ketika tanaman tidak berbunga atau dalam masa istirahat. 

4. Perbanyakan

Seperti kataku di atas tanaman ini perlu diperbanyak mengingat usianya yang tidak lama. Tentunya juga untuk menjaga keberadaan tanaman ini di rumah kita. 

5. Repotting

Mengganti pot bunga ketika akar tanaman sudah mulai membesar agar tanaman bisa tumbuh maksimal. Tapi jika ingin memiliki tanaman ini dengan versi mini tentu repotting ini tidak perlu dilakukan.

Cara Memperbanyak Bunga Pentas Dengan Mudah

Ternyata selain perawatannya yang mudah, tanaman ini juga bisa diperbanyak dengan mudah yaitu dengan cara stek. Ada pula yang bilang bisa menggunkan biji. Tapi aku belum pernah menemukan biji bunga ini selama aku merawat tanaman ini. 

Cara memperbanyak dengan stek :

1. Potong batang yang hendak di stek 4 sd 5 cm di bawah tunas daun teratas

2. Potongan stek batang kemudian ditanam dalam pot yang sudah berisi media tanam subur

3. Tempatkan hasil stekan tersebut di area teduh selama kurang lebih satu minggu

4. Jangan dilakukan penyiraman setiap hari. Cukup disiram jika tanah terlihat kering. 

5. Jika tunas baru sudah muncul maka tanaman siap diletakkan di bawah sinar matahari dan diperlakukan seperti biasa

Awal aku tahu cara memperbanyak tanaman ini dengan stek batang adalah ketika tanamanku dirumah kala itu hanya ada satu yang berwarna merah. Saat aku melakukan penyiraman aku melihat tanamanku ini patah pada bagian cabang lainnya.

Sedih dong pas lagi berbunga malah patah. Jadi aku iseng aja menancapkan batang yang patah itu ke pot yang lain. Dan ternyata dia tumbuh.

Bunga pentas merupakan bunga yang kecil tapi cantik. Tanaman ini cocok untuk mempercantik rumah halaman rumah. Buat yang hobi berkebun seperti aku bolehlah dicoba menanam tanaman bunga hias ini. Perawatannya cukup gampang ditambah cara memperbanyak bunga pentas ini tidaklah susah. 

Gimana teman nuna tertarik memiliki bunga ini? Oh iya harga bunga pentas ini juga cukup murah hanya belasan ribu saja. 


De Eka
프라나와 엄마. KDrama Lovers. Jung Yong Hwa fans.

Related Posts

7 komentar

  1. Aku baru aja nanam bunga juga mbaa ditaburin bunga yg layunya tapi gak tau namanya apa, wkwk. Aku baru tau bunga ini. Ditoko tanaman gitu banyak yg jual mbak? Kalau deket mbak Eka aku mau minta aja bibitnya 🙈😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwk boleh... Boleh... Banyak mba kalo disini sih. Dipinggir jalan juga banyak yg jual

      Hapus
  2. Eonni. Eh nuna. Kok telaten sih ngerawat bunga? Aku tuh suka iri kalo liat orang berkebun, pengen tapi aku gak telaten. Hiks. Btw, ini bibitnya beli di mana mbak? Kayaknya ibuku suka deh, di platform oranye ada gak bibitnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beli di toko tanaman deket sini mba. Di platform oranye kayaknya ada aja sih. Coba mbak dirumah buat ijo ijoan

      Hapus
  3. itu Npknya bentuk cair atau butiran mba? beberapa kali berkebun tapi mati terus bunganya.huhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. sepertinya yang butiran mba. mungkin terlalu kepanasan mba

      Hapus
  4. Pentas itu nama, ya. Aku kira pas baca judul itu, bunga untuk pentas. 😅 Ibuku suka banget merawat tanaman, tetapi nggak nurun ke aku (ノ≧∇≦)ノ

    BalasHapus

Posting Komentar