iluhnuna

Usaha Digital Dengan Modal Kreatifitas

Posting Komentar

ide-bisnis-digital-modal-kreatifitas

Sebelum pandemi melanda kita sudah diarahkan menuju dunia digital. Sampai akhirnya pandemi korona melanda kehidupan digitalpun mau tak mau harus kita lakukan. Sebelumnya kita tidak pernah mengenal istilah Zoom meeting, atau pertemuan secara online. Mungkin taunya hanya sekedar video call. 

Sampai pada kita benar-benar dihadapkan pada dunia digital. Kita lebih banyak menggunakan internet. Menerima informasi atau memberikan informasi melalui internet. Membeli atau menjual barang pun bisa dilakukan menggunakan internet. Biasa kita sebut dengan belanja online.

Ingin membuka usaha di era digital pastinya tidak mudah. Semua ada tantangannya. Disinilah kita butuh sesuatu yang unik dengan menggunakan kreatifitas kita. 

Masih ingat dengan Ghozali everyday yang menjual NFT selfie dirinya?? Siapa yang mengira bahwa ide uniknya tersebut membawanya menjadi kaya dan terkenal. 

Lantas usaha apa saja yang bisa kita lakukan di era digital ini?? Oke langsung saja kita bahas.


Menjadi Youtuber

Profesi yang sedang digandrungi oleh anak muda kini. Banyak orang yang ingin menjadi youtuber atau mulai merambah dunia youtube karena konon penghasilan yang didapatkan lebih mudah daripada menjadi blogger. 

Menjadi youtuber atau content creator tentunya tidak mudah. Tidak juga lantas menghasilkan uang seperti kita jualan barang. Nyemplung di dunia ini jangan asal ikut-ikutan. Pastikan kalian punya ide unik untuk memproduksi konten. Kalian bisa melakukan video tutorial, review atau unboxing suatu produk, membahas kuliner dan masih banyak konten lainnya yang bisa kalian sesuaikan dengan kemampuan kalian.

Jasa Membuat Undangan Online

Membuat dan menyebar undangan juga sudah berubah ke arah digital. Tinggal kirim link maka undangan sudah diterima. Jangkauannya juga cukup jauh. Jadi tidak perlu lagi mengirim undangan via pos atau jasa kirim surat lainnya. Kalian yang berbakat di dunia desain bisa manfaatkan peluang ini.

Undangan bentuk digital juga lebih menarik daripada bentuk undangan kertas. Tinggal kalian mengeluarkan kreatifitas saja untuk membuat desain yang menarik. 

Jual Jasa Digital Art

Masih berkaitan dengan dunia desain. Kalian yang berbakat dibidang menggambar bisa juga nih mencoba menjual jasa ilustrasi, gambar kartun, logo dll. Apalagi sekarang sudah banyak aplikasi yang bisa digunakan bahkan menggunakan hp sekalipun.

Kalian bisa menjualnya melalui media sosial bahkan beriklan di ecommerce juga bisa.

Desain Custom Case HP

Smartphone kini hampir dimiliki semua orang. Apalagi dengan adanya belajar secara daring membuat anak-anak pun kini punya gadget masing-masing. Penggunaan gadget ini pasti dibarengi dengan penggunaan pelindung hp atau case untuk hp mereka. Mulai dari soft case biasa sampai hard case. 

Peluang ini bisa kalian manfaatkan dengan membuat custom case hp. Bisnis ini tentunya sangat menjanjikan. Apalagi pengguna smartphone sekarang mudah tertarik dengan case yang lucu-lucu atau case gambar ilustrasi idola mereka.

Jual Produk Digital

Bisnis ini juga masih berkaitan dengan jual jasa digital art diatas.  Jika kita menjual produk digital kita membuat sebuah produk atau karya kita baru kemudian dijual. Produk digital ini tidak memiliki bentuk fisik. produk ini dijual secara online dalam bentuk layanan digital. 

Produk ini bisa dibuat dari keahlian yang kalian punya. Adapun produk digital dapat berupa ebook, musik, atau font. Sampai saat ini produk e-book masih menjadi produk digital yang paling populer.

Karena siapa saja bisa membuat e-book. Tidak seperti membuat buku yang mengharuskan kita untuk ke penerbit lebih dahulu. Itu juga tidak semudah menerbitkan e-book kita sendiri. Saat membuat e-book yang dibutuhkan adalah konten yang tepat sesuai dengan kemampuan yang kita kuasai.

Buka Kursus Online

Kalian menguasai sebuah keterampilan?? Atau bisa berbahasa asing?

Coba deh buat kursus online. Kursus online kini makin menjamur. Apalagi sekarang juga dimudahkan dengan adanya layanan telekonferensi video. Ada yang menyediakan kelas melalui zoom, google meeting. 

Kursus online ini juga memiliki waktu yang fleksibel. Usahakan kalian membuat waktunya menjadi fleksibel. Bisa diakses kapanpun dan bisa melakukan sesi tanya jawab kapanpun. 

Kalian bisa membuat kursus online bahasa asing, kelas menulis baik itu menulis novel atau artikel. tentunya masih banyak kelas yang bisa kalian coba. Tetap sesuaikan dengan kemampuan yang kalian miliki. 


Nah itu adalah beberapa pilihan usaha berbasis digital yang dapat kalian lakukan dengan modal kemampuan dan kreatifitas. Tapi perlu diingat juga bahwa usaha digital perlu konsistensi dan pantang menyerah. 

Semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian. 

De Eka
프라나와 엄마. KDrama Lovers. Jung Yong Hwa fans.

Related Posts

Posting Komentar